Harga Fantastis Ikan Koi, Si Perlambang Keberuntungan

Lifestyle & Leisure

Pencinta ikan koi sejati tak segan mengeluarkan uang banyak demi memiliki ikan idamannya, tak heran sebab corak ikan ini yang unik dan langka.

Anda salah satu pencinta ikan? Anda pasti tahu salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Jepang, yaitu ikan koi. Ikan ini menjadi ikan hias yang cukup banyak diminati orang sebab coraknya yang unik dan indah.

Ikan unik ini sendiri dipercaya oleh sebagian orang sebagai ikan pembawa keberuntungan. Untuk habitatnya, ikan ini mampu hidup baik di perairan air tawar. Maka tak heran, jika pembudidayaan ikan ini semakin meluas dan keberadaannya menjadi bahan rebutan untuk mendapatkan jenis ikan koi yang lain dari biasanya. Dengan begitu, ikan yang punya ciri khas ini kemudian akan dijual dengan harga yang tinggi karena dianggap punya corak yang cantik dan unik. Ingin tahu 10 jenis ikan ini termahal dengan corak yang cantik dan unik? Berikut ulasannya untuk Anda.

Baca juga: Ayam Cemani, Salah Satu Spesies Langka di Indonesia

Beberapa Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

Black Dragon

Jenis koi satu ini sudah sangat jarang di dunia alias langka. Black Dragon, begitulah sebutannya, seekor ikan yang hadir pada ajang pelelangan koi di Momotaro Farm, Okayama, Jepang. Peternakan ikan satu ini digadang-gadang sebagai salah satu peternakan ikan terbaik di dunia dengan pengalaman yang sangat profesional. Maka tak heran jika Momotaro Farm ini punya Black Dragon yang dibudidayakan sangat baik oleh sang pemiliknya.

Pada saat Momotaro Farm mengadakan lelang Black Dragon, harga fantastis pun ditawar oleh seseorang yang mengikuti lelang ikan, yaitu dengan harga mencapai hampir 2.9 milyar, Harga yang sangat tinggi untuk sebuah koi. Disinyalir bahwa Black Dragon ini punya indukan yang sangat berkualitas dengan tubuh yang sempurna tanpa cacat. Belum lagi coraknya yang unik dan lain dari koi biasanya.

Dainichi Showa

ragam ikan koi

Ikan yang satu ini juga sangat mahal mengingat tubuhnya memiliki corak yang sangat unik membuat para pencinta koi ingin memilikinya. Dalam sebuah event pelelangan koi pada tanggal 27 November tahun 2013 silam, seseorang keluar sebagai pemenang sekaligus pemilik baru dari Dainichi Showa dengan menrogoh kocek sampai 2.15 milyar.

Meski tidak dalam ajang pelelangan, koi Dainichi Showa ini masih bisa dibeli dengan harga yang standar di pasaran koi, yakni di harga kisaran 100 juta rupiah per-ekor. Ikan Dainichi Showa di pelelangan tersebut dinyatakan punya kualitas sempurna tanpa cacat serta punya corak yang lebih unik dari yang lain.

Blue Showa

Belum genap menginjak umur 1 tahun, Blue Showa sudah mencapai panjang 40 cm. Seorang peternak koi terkenal asal Narita Koi Farms, Jepang, ini berhasil membudidayakan salah satu koi termahal ini. Tepat tanggal 22 April tahun 2014 ada sebuah pelelangan koi di Farm Dainchi Koi. Ini adalah acara lelang yang diadakan keenam kalinya dan salah satu acara yang sangat populer di Jepang.

Anda tak usah heran kalau banyak pelanggan koi di ajang ini berani mengeluarkan harga yang sangat mahal untuk koi yang memang unik dan langka. Dalam pelelangannya, seekor Blue Showa pun dikeluarkan dan berhasil ditawar mencapai harga 7 juta yen yang setara 700 juta pada saat itu.

Maruten Kohaku

ragam ikan koi

Tidak kalah mahalnya, Maruten Kohaku juga dinobatkan sebagai salah satu koi yang berhasil dijual dengan harga yang luar biasa mahal mencapai 11 juta yen setara dengan 1.1 milyar rupiah. Salah satu koi termahal ini didapatkan oleh seseorang dalam acara pelelangan koi di Niigata Jepang pada 9 November tahun 2010 silam.

Ini adalah koi yang dibudidayakan dengan sangat baik dan sempurna dari jenis koi Kohaku Danichi dengan kelamin betina. Tercatat, bahwa ikan ini juga cukup besar dengan panjang mencapai 63 cm.

Sansai Sanke

Seekor koi mahal terdapat di sebuah acara pelelangan di Jepang, lebih tepatnya di Sakai Fish Farm. Sebuah tempat yang membudidayakan ikan-ikan, termasuk koi, ini mengadakan pelelangan seekor koi yang dinamakan Sansai Sanke.

Ikan tersebut dilansir punya corak yang bagus dan sangat menarik perhatian. Pada saat dilelang, Sansai Sanke menginjak umur 3 tahun dengan panjang 71cm, lebih panjang jika dibandingkan koi yang paling mahal sebelumnya. Dengan keunikannya tadi, Sansai Sake pun berhasil dilelang dengan harga 100 juta rupiah.

Baca juga: 5 Kebun Binatang Terbaik di Dunia

Ginrin Showa

Masih ada koi yang punya harga sangat mahal, yakni Ginrin Showa. Ikan Girin Showa ini selalu mengikuti kompetisi Supreme Championship nasional dan keluar sebagai pemenang pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Sudah dipastikan, dengan banyaknya prestasi yang diraih, Girin Showa punya keunikan corak dengan panjang 76 cm pada saat umurnya 15 tahun.

Kemudian, di tahun 1986 pun pemilik Ginrin Showa memutuskan untuk menjual ikan ini dengan harga 50.000 poundsterling, waktu itu setara dengan 17 juta yen alias 425 juta rupiah. Tentu sangat mahal untuk sebuah koi yang dibeli oleh pemilik Kent Koi Center di Inggris. Sayangnya, baru 5 bulan dipindahkan ke Inggris, ikan ini pun mati.

Kohaku

Beda dengan ikan Maruten Kohaku, kalau jenis Kohaku yang satu ini lebih umum dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal meski tidak mencapai bermilyaran rupiah. Kohaku ini sangat populer di kalangan pencinta koi di Indonesia sebab coraknya cukup cantik dan unik. Untuk membelinya, Anda bisa mendapatkan  koi Kohaku dengan kisaran harga 60 juta rupiah per-ekornya. Harga yang dipatok tentu berdasarkan keunikan corak, besarnya ikan, dan kualitas indukannya.

Bekko

ragam ikan koi

Jika ingin memiliki sebuah koi bercorak putih yang elegan maka Anda bisa membeli koi berjenis Bekko ini. Bagi Anda yang tidak ingin Bekko berwarna dominan putih, maka Anda bisa mencari koi berwarna dominan merah atau hitam.

Selain corak yang sangat bervariasi, Bekko juga punya ukuran yang cukup besar bisa mencapai 80 cm ketika menginjak umur dewasa. Untuk memiliki ikan Bekko ini, nampaknya Anda harus menguras dompet cukup dalam karena Bekko ini dijual 10 juta rupiah per-kilogramnya.

Ternyata jenis-jenis ikan koi yang dijual mahal ini sangat bervariasi dengan keunikannya masing-masing. Walau ikan jenis ini lebih banyak diternakan di Negara Jepang, namun Anda juga bisa memeliharanya di rumah. Bagaimana siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki salah satu jenis ikan di atas?

Baca juga: 10 Satwa Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Comments are closed.