Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Car Free Day

Lifestyle & Leisure

Car free day merupakan salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Apa saja itu?

Hari bebas kendaraan bermotor atau yang sering disebut car free day merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di setiap minggunya, yaitu setiap hari minggu selama empat jam, mulai dari pikul 06.00-11.00 WIB. Hari bebas kendaraan bermotor sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Di Indonesia, hari bebas kendaraan bermotor pertama kali diselenggarakan pada 2000 di Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan kualitas udara kota yang bernama “Segar Suroboyoku Rek”.

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Surabaya dipusatkan di kawasan Jl. Raya Bungur dan Jl. Kertajaya. Setelah menetapkan Jl. Raya Darmo dan Jl. Kertajaya, mulai 5 Februari 2012, car free day juga digelar di sepanjang Jl. Tunjungan

Setelah Surabaya, car free day juga dilakukan di Jakarta pertama kali digelar pada 23 Mei 2002. kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah. Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta awalnya diselenggarakan pada hari minggu terakhir di setiap bulan di Jakarta.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas di Indonesia

Kegiatan ini berlangsung selama delapan jam dari 06:00 WIB sampai 14:00 WIB, namun karena banyak keluhan dari masyarakat, akhirnya pada hari Minggu, 26 April 2009 dipersingkat menjadi dua jam. Pada 2011, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor meningkat, yaitu menjadi dua kali dalam sebulan. Lalu, pada 13 Mei 2012 Hari Bebas Kendaraan Bermotor dilaksanakan empat kali dalam sebulan dari pukul 06:00 sampai 11:00 WIB

Berikut ini daftar ruas jalan di Jakarta yang melayani HBKB (setiap hari Minggu dari pukul 06.00 sampai 11.00 WIB):

  1. Seluruh kota administratif (ward)/tingkat provinsi: Jl. Jenderal Sudirman sampai dengan Jl. M.H. Thamrin (dari persimpangan Thamrin-Medan Merdeka Barat sampai dengan Bundaran Senayan)
  2. Jakarta Barat: Kota Tua Jakarta
  3. Jakarta Pusat: Jl. Suryopranoto
  4. Jakarta Timur: Jl. Pemuda (dari persimpangan Arion sampai dengan persimpangan Pemuda-Bekasi Raya), Jl. R.A. Fadillah
  5. Jakarta Selatan: Jl. Dr. Saharjo dan Jl. Minangkabau dan Jalan layang non-tol Antasari
  6. Jakarta Utara: Jl. Danau Sunter Selatan (dari persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Permai Timur sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Sunter Utara)

Setiap kegiatan pasti ada maksud dan tujuannya. Hal ini berlaku untuk car free day. Awalnya, kegiatan ini dibuat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi. Tema penting dalam Hari Bebas Kendaraan Bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Lari Maraton untuk Anda

Kegiatan di Car Free Day

Tentu saja, ada banyak kegiatan yang kerap dilakukan demi memanfaatkan kegiatan car free day. Namun, seiring berjalannya waktu ada banyak kegiatan lain yang sering dilakukan di car free day ini. Apa saja itu?

Upaya dalam Menyelamatkan Bumi

Dalam kegiatan ini, sering juga dilakukan kampaye untuk menyelamatkan bumi. Kegiatan ini pertama kali dilakukan pada 2002 pada setiap hari Minggu di akhir bulan. Setelah melihat dampak positifnya, masyarakat semakin tertarik untuk berolahraga di saat car free day. Beberapa contoh nyata yang bisa dirasakan yaitu meningkatnya kualitas udara, kurangnya polusi suara kendaraan, hingga peningkatan aktivitas fisik. Tanpa disadari, menciptakan perubahan persepsi bagi setiap masyarakat terhadap kota tempat tinggal mereka yang gersang ternyata masih bisa dinikmati. Seperti bersepeda, senam kebugaran jasmani, duduk santai dan lain-lain. Anda juga pasti ikut merasakan udara kota menjadi lebih segar di pagi hari dan bumi ikut beristirahat menikmatinya. Langkah kecil ini harus selalu didukung, dipromosikan karena kita bisa membuktikan bersama-sama bentuk rasa peduli untuk bumi melalui cara ini.

Bebas untuk Menyuarakan Opini

Harapan dalam menjaga bumi ada pada setiap masing-masing individu, tetapi mungkin Anda atau bahkan orang lain tidak mengetahui apa cara yang harus dilakukan. Car free day sebuah upaya kecil untuk memberikan opini dalam mewujudkan perubahan terhadap masalah lingkungan. Banyak suara yang akhirnya didengar oleh sebagian masyarakat yang belum “terbangun” dari rasa peduli kepada lingkungannya sendiri. Kegiatan ini menggabungkan mereka yang memiliki visi dan misi yang sama agar pemerintah ikut ambil alih dalam menanganinya.

Langkah dalam Melakukan Perubahan

Perubahan itu perlu, hanya bagaimana manusia bergerak dan berusaha meraih perubahan tersebut. Jika ingin lingkungan tetap dalam kondisi sehat, bersih dan nyaman tentu harus ada usaha yang dilakukan secara maksimal. Bumi sudah menyediakan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia, lalu tugas kita adalah menjaganya. Pada saat car free day, ada segelintir orang bergerak mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Dengan demikian, kebiasaan ini juga akan tumbuh pada generasi selanjutnya dengan pola pikir baru yang lebih positif. Sehingga menyadarkan mereka bahwa lari pagi dengan konsep car free day bukan tempat untuk terlihat keren, justru membantu lingkungan menjadi lebih hidup.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mempromosikan Kegiatan Sosial

Momen car free day juga diisi bagi para penjual yang ingin meraih untung cukup banyak. Beberapa brand juga sering mengadakan kampanye promosi maupun CSR melalui kegiatan ini. Mereka biasanya mengadakan acara fun running, games, sampai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dari sebuah brand atau komunitas biasanya akan memberikan sebuah edukasi, ajakan hingga menyediakan merchandise. Hal tersebut dilakukan agar banyak orang tertarik dan ikut mendukung kegiatan sosial mereka.

Comments are closed.