Rute Jalan Tol Gratis Selama Libur Panjang

Lifestyle & Leisure

Fasilitas Jalan tol gratis memang sudah habis, namun tetap menarik membahas rute atau jalan tol mana saja yang kemungkinan dibuka gratis selama menghadapi liburan panjang.

Liburan akhir tahun 2019 silam memberikan pengalaman berharga bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan ruas jalan tol. Lantaran kala itu pemerintah memberikan layanan jalan tol gratis untuk beberapa ruas tol selama liburan Panjang. Kebijakan ini diambil untuk mencegah terjadinya kemacetan yang mengular.

Daftar Jalan Tol Gratis yang Dibuka Selama Libur Panjang

rute jalan tol gratis

Saat libur Panjang banyak orang berlalu Lalang menggunakan ruas jalan tol, terutama mereka yang bepergian menggunakan mobil pribadi. Akibatnya kepadatan jalan tak terhindarkan yang berpotensi membuat kemacetan mengular hingga keluar ruas jalan tol. Pemerintah harus berupaya mencegah hal ini terjadi dengan mengoperasikan sebanyak mungkin jalan tol.

Beruntung saat liburan Natal dan tahun baru 2020 lalu, jalan tol gratis diberlakukan dengan beberapa penambahan ruas baru. Kemungkinan kebijakan serupa juga akan kembali dilakukan saat menghadapi liburan Panjang yang akan datang. Jadi bagi Anda yang berencana mudik atau bepergian menggunakan jalan tol antar kota, tenang saja karena tarif tol tidak akan naik.

Baca juga: Mudik dengan Kendaraan Pribadi? Ini Tip Amannya!

Sebagai pertimbangan berikut adalah ruas jalan tol gratis yang dibuka selama periode liburan Natal dan tahun baru 2020:

  • Ruas Tol Balikpapan-Samarinda (66 km)
  • Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa, Seksi 3 ruas Muara Jawa-Palaran, dan Seksi 4 rute Palaran-Samarinda
  • Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (33 km)
  • Ruas Tol Manado-Bitung (26 km)
  • Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur dan Seksi 1B rute Sukur-Air Madidi
  • Ruas Tol Pekanbaru-Dumai (9,5 km).

Tol Layang Jakarta-Cikampek II dan Kunciran-Serpong Juga Dibuka Gratis

Baru menyelesaikan pembangunan tol laying baru yang menghubungkan rute tol gratis Jakarta-Cikampek juga siap dioperasikan untuk mengurai kemacetan akibat padatnya kendaraan yang melintas dari Jakarta ke area Cikampel. Ada dua gerbang tol yang dibuka dengan tarif gratis yakni:

Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II

alternatif jalan tol gratis

Jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang sepanjang 36,4 km ini dibuka gratis demi mendukung kelancaran arus kendaraan pada perayaan libur Natal dan Tahun Baru. Namun hanya beberapa tipe kendaraan yang mendapat layanan ini yakni kendaraan golongan I (non bus dan non truk). Kecepatan kendaraan yang melintaspun dibatasi, yakni maksimal 60 km per jam. Plus ada penempatan CCTV dan pertugas yang berjaga di setiap 4 km. Setiap pelanggaran yang terjadi akan langsung diproses ditempat.

Tol Kunciran-Serpong

Jalan tol yang masuk dalam bagian tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) ini juga masuk dalam fasilitas jalan tol bebas biaya selama musim liburan Natal dan tahun baru 2020.Tol Kunciran-Serpong terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1 ruas Kunciran-Parigi (6,72 km) dan Parigi-Serpong (4,42 km).

Pembukaan jalan laying tol Jakarta-Cikampek terbukti mengurangi kemacetan, dengan tidak adanya penumpukan kendaraan yang biasanya terjadi digerbang tol Cikampek dan Cikarang Utama.

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Ketika fasilitas jalan tol bebas biaya dibuka, volume kendaraan pasti meningkat yang artinya resiko kecelakaan juga ikut meningkat. Berhati-hati dan selalu mengikuti rambu lalu lintas menjadi kunci aman berkendara di jalan tol. Bagi Anda pemula, berkendara di ruas jalan bebas hambatan mungkin jadi tantangan tersendiri, terutama karena kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas disini tinggi.

Karena itu penting menyadari bagaimana tips aman berkendara di jalan tol. Begini tipsnya:

Baca juga: Mudik ke Daerah Jawa? Ikuti Jalur Mudik Alternatif Ini!

Menjaga Kecepatan Kendaraan

Meski jalanan yang Anda lalui bebas hambatan bukan berarti pengemudi bisa bebas mengemudikan kendaraanya. Tetap ada batasan kecepatan dan rambu-rambu yang berlaku. Batasan dan rambu ini dibuat untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan membuat setiap pengendara nyaman dijalan. Sementara untuk batas rata-rata maksimal pengendara di jalan tol adalah 80 kilometer per jam dan batas kecepatan minimal mencapai 60 kilometer per jam. Jangan abaikan aturan ini karena terbukti banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi yang menjalankan mobilnya dengan kecepatan diatas batas maksimal.

Sesuaikan Lajur

Saat berkendara di jalan tol jika Anda perhatikan ada rambu pemberitahuan berwarna biru. Rambu tersebut adalah tanda bahwa lajur kanan hanya untuk mendahului. Bagi Anda yang tidak berani mengemudi dengan kecepatan maksimal sebaiknya gunakan lajur kiri dan hindari mendahului dari lajur kiri karena berpotensi mengalami tubrukan atau kecelakaan. Jika ingin menambah kecepatan pindahlah ke lajur kanan, namun jangan pindah secara tiba-tiba.

Jaga Jarak

Saat berkendara dijalan bebas hambatam sebaiknya jarak antar kendaraan maksimal adalah 2 meter, ini untuk menghindari adanya kemungkinan tabrakan atau tumbukan. Jangan memaksakan diri memperpendek jarak dengan kendaraan baik dari arah depan, belakang mauapun samping bahkan saat kondisi macet. Jaga jarak yang cukup terutama dengan kendaraan besar bermuatan banyak seperti bis dan truk pengangkut barang.

Siapkan Saldo e-money

Karena kini semua gerbang tol sudah menggunakan e-money, sebaiknya persiapkan saldo lebih dari cukup. Banyak pengendara yang lupa mengisi saldo e-money dan akhirnya harus mundur kembali atau meminta bantuan pada kendaraan dibelakangnya untuk membayarkan tagihan tol. Tentu hal ini akan menyebabkan kemacetan jika terjadi pada lebih dari satu kendaraan. Mari persingkat waktu dengan mempersiapkan segala yang dibutuhkan sebelum memasuki ruas tol.

Cek Mesin Mobil

daftar jalan tol gratis

Tidak semua mobil selalu dalam kondisi prima, karena Panjang jalan tol ini begitu tinggi sebaiknya lakukan pengecekan mesin mobil sebelum berkendara. Pengecekan penting dilakukan untuk mencegah kerusakan atau kecelakaan yang mungkin terjadi akibat kerusakan bagian dalam mobil

Proteksi Diri

Jalan tol merupakan salah satu ruas yang sering jadi lokasi kecelakaan, tidak sedikit yang meninggal di tempat. Jalan tol juga sering membuat kendaraan mogok karena jalurnya yang panjang hingga membuat mesin mobil cepat panas. Disinilah pentingnya asuransi baik asuransi jiwa, kesehatan maupun kendaraan. Asuransi jiwa dan kesehatan dapat melindungi Anda dari kerugian besar akibat kecelakaan, sementara asuransi kendaraan dapat menekan biaya pengeluaran akibat perbaikan kendaraan karena kecelakaan.

Baca juga: Sebelum Pergi Mudik Lebaran, Lakukan Persiapan Ini!

Comments are closed.