Jangan Boros! Trik Mengeluarkan Uang untuk Si Doyan Belanja

Lifestyle & Leisure

Diskon barang-barang branded memang tidak dapat dihindari untuk Anda yang doyan belanja. Rasanya semua itu ingin Anda borong padahal tidak semua barang diperlukan.

Siapa yang tidak suka belanja? Untuk urusan satu ini, meski seringkali kalap dan melaju lebih jauh dari batasan bujet yang sudah Anda buat, namun tetap tak bisa dihindari. Entah itu belanja bulanan untuk keperluan sehari-hari atau membeli barang-barang keluaran terbaru dari bran kesayangan Anda, seperti pakaian, sepatu, makeup, dan lain sebagainya yang tentunya sangat menggiurkan dengan berbagai promo menarik.

Untuk Anda yang doyan belanja, tentunya kegiatan ini sangat mengasyikkan. Anda berkeliling memutari mal dan memasuki satu persatu toko untuk melihat koleksi terbaru yang ditawarkan. Pastinya kegiatan ini menguras tenaga Anda, tetapi jika Anda melakukannya dengan senang, tentunya rasa lelah itu tidak akan terasa. Lagipula, shopping bisa Anda jadikan sebagai salah satu obat penyembuh stres dan suntuk akibat kelelahan bekerja, lho. Anda bisa melakukan window shopping dengan melihat-lihat barang baru di waktu weekend.

Namun, selain memberikan dampak positif, kegiatan belanja ini juga bisa memberikan dampak yang merugikan. Jika Anda tidak bisa mengontrol diri, akan berdampak fatal bagi diri Anda dan khususnya kestabilan keuangan Anda. Uang Anda bisa terkuras habis terlebih bila gaya berbelanja Anda “tipe lapar mata” dengan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa trik mengeluarkan uang untuk Anda yang doyan belanja.

Pastikan Gaji atau Uang yang Didapatkan Setiap Bulannya

Berbelanja kebutuhan atau hal yang sedang Anda inginkan sebaiknya harus didasari dari penghasilan yang didapatkan. Sebab dari penghasilan yang Anda terima setiap bulan inilah pondasi Anda dalam berbelanja. Misalnya jika uang Anda hanya cukup untuk berbelanja keperluan bulanan dan menopang kehidupan Anda selama satu bulan, sebaiknya Anda harus mulai mengontrol hasrat doyan belanja Anda dan jangan memaksakan untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Hal ini tentunya akan membuat pusing dan keuangan Anda menjadi berantakan.

Baca Juga: Berburu Barang Branded? Ini Strateginya

Harus Buat Daftar Belanja

Cara cerdas kedua, yaitu Anda harus membuat daftar belanja. Biasanya cara ini ampuh untuk Anda yang doyan belanja. Anda buat daftar dulu barang apa saja yang sudah habis dan tentunya yang memang sangat dibutuhkan. Misalnya seperti sabun, pas gigi, shampo, dan keperluan lainnya. Jika memang semua barang yang penting sudah masuk dalam daftar belanja, setelah itu barulah Anda mencatat barang yang sedang diinginkan. Hal ini dilakukan supaya Anda memprioritas barang-barang yang penting terlebih dahulu, baru yang di luar dari kebutuhan.

Membawa Uang Secukupnya

Jangan memaksakan untuk membawa uang lebih jika memang tidak memungkinkan. Pastikan Anda membawa uang sesuai yang diperlukan saja. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak tergiur oleh barang-barang lain di luar daftar belanjaan. Bila Anda tergiur pun, tetap saja tidak bisa membeli barang yang dinginkan karena uang yang Anda bawa tidak cukup. Ayo, mulai belajar hemat dan jangan jadi pribadi yang doyan belanja!

Fokus Menuju Toko Tujuan

Tidak sedikit orang tergiur dengan barang yang ditawarkan dari berbagai toko. Hal ini lah yang menyebabkan kegiatan belanja Anda tidak terkontrol. Oleh karena itu, setiap kali Anda ingin berbelanja bulanan atau barang-barang lain, usahakan langsung fokus kepada toko yang dituju. Jangan pernah menoleh atau berani masuk ke toko yang tidak sama sekali Anda tuju. Ini dilakukan agar Anda tidak tergiur dengan barang-barang yang ada di toko tersebut. Boleh saja Anda masuk ke sebuah toko yang bukan tujuan hanya untuk melihat-melihat dan usahakan Anda bisa mengendalikan diri untuk tidak berbelanja sesuai dengan daftar belanja yang dibuat.

Baja Juga: Penyesalan yang Datang belakangan Jika Anda Gila Belanja

Leave a Reply