Pilih Jurusan Kuliah Ini untuk Masa Depan Gemilang

Lifestyle & Leisure

Sebenarnya semua jurusan kuliah memiliki prospek bagus untuk masa depan Anda. Tentu saja tergantung bakat dan minat Anda. Dari sekian banyak jurusan, ada beberapa yang paling banyak diminati. Apa saja itu?

Langkah berikutnya setelah lulus Sekolah Menangah Atas (SMA) dan sederajatnya adalah melanjutkan pendidikan ke jejang perkuliahan. Mungkin dulu Anda pernah merasakan di masa itu. Di mana Anda sedang bingung dan belum tahu ingin mengambil jurusan apa yang memiliki prospek bagus untuk karier. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jurusan kuliah bisa Anda pilih, mulai dari jurusan yang bergerak di bidang perekonomian hingga jurusan memasak pun ada, lho.

Pada dasarnya dalam memilih jurusan itu harus didasari minat dan juga keinginan Anda. Jangan pernah mengambil jurusan kuliah karena paksaan dari orang lain yang hanya memberikan dampak negatif dalam belajar nantinya.

Sebenarnya, kebingungan dalam pemilihan jurusan bukan hanya dirasakan oleh anak SMA yang baru lulus saja. Anda yang sudah memiliki karier dan berniat untuk meneruskan pendidikan pun akan dihinggapi perasaan seperti ini. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan yang mana dan memiliki dampak baik untuk masa depan, pastikan Anda cari informasi terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Jika Anda masih belum memiliki informasi tersebut, berikut ini beberapa referensi jurusan kuliah yang bisa memberikan masa depan gemilang.

Referensi Daftar Jurusan Kuliah

Akuntansi

Akuntansi disebut sebagai salah satu jurusan yang memiliki prospek bagus untuk karier Anda. Hal ini disebabkan, setiap perusahaan membutuhkan ahli akuntansi untuk mengatur sistem keuangan mereka. Lulusan akuntansi bisa berprofesi sebagai akuntan, manajer, pegawai bank, audit, hingga konsultan. Jika Anda memang memiliki minat dalam dunia angka dan hitung-hitungan, jurusan ini cukup cocok untuk Anda pilih.

Teknik Informatika

Semenjak berkembangnya dunia digital, hampir seluruh perusahaan membutuhkan tenaga di bidang ahli informatika. Pasalnya, dengan zaman yang semakin modern ini, informasi menjadi sesuatu yang sangat penting khususnya jika menggunakan sistem komputer yang semakin canggih. Jurusan ini akan mengajarkan Anda untuk bisa membuat aplikasi dan perangkat lunak, programmer, dan beberapa hal lainnya. Jurusan kuliah ini memberikan prospek kerja yang cukup tinggi, karena lapangan kerjanya sangat luas.

Teknik Sipil

Di negara berkembang seperti Indonesia, ilmu teknik sangat dibutuhkan untuk pembangunan dan perkembangan daerah. Jurusan ini mempelajari cara berpikir kritis dan praktis. Tidak hanya bekerja untuk pembangunan negara dan perusahaan, lulusan teknik mesin juga bisa berwirausaha sebagai developer dan kontraktor.

Jurusan Kedokteran

Dahulu, pernahkah Anda bercita-cita menjadi dokter? Jika memang iya, profesi seorang dokter ini adalah profesi yang sangat menjanjikan dengan penghasilan yang terbilang besar. Tak heran jika biaya untuk kuliah di jurusan kedokteran ini cukup mahal.

Persaingan dalam jurusan kedokteran ini terbilang sangat ketat, dan Anda harus memiliki kemampuan yang sangat andal di bidang kedokteran ini. Tenaga medis memang sangat dibutuhkan di mana-mana. Jika Anda tertarik untuk masuk jurusan kedokteran, sebaiknya pilih juga universitas yang bagus dan berkualitas di bidang kedokterannya.

Jurusan Hukum

Salah satu jurusan yang cukup keren dan menjanjikan dalam hal prospek kerjanya adalah hukum. Lihat saja profesi pengacara di Indonesia yang bisa menjadi orang terkenal dan penghasilan yang berlimpah. Menurut penelitian jurusan hukum ini merupakan jurusan yang paling cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.

Pemasaran

Setiap produk dan jasa pasti membutuhkan strategi dan teknik pemasaran agar bisa laku terjual. Untuk membuat orang-orang tertarik untuk membeli, kemampuan lulusan manajemen pemasaran sangat bermanfaat. Sangat banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang terampil dan kreatif di bidang pemasaran. Bahkan, lulusan pemasaran bisa membuka bisnisnya sendiri.

Sastra Inggris

Mungkin jurusan ini kurang banyak diminati. Padahal jika Anda melihat prospeknya, jurusan ini akan memberikan masa depan yang cerah, lho. Jurusan yang satu ini termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan di Indonesia, karena bisa membawa Anda ke suatu pekerjaan yang bagus. Selain ilmunya bisa diterapkan sebagai guru ataupun dosen bahasa Inggris. Sebenarnya, jurusan ini juga memiliki nilai yang tinggi dalam beberapa jenis pekerjaan, seperti menjadi penerjemah, atau menjadi tenaga kerja di kursus pendidikan bahasa Inggris. Dunia pariwisata juga memerlukan orang yang mahir berbahasa Inggris, misalnya sebagai pemandu wisata untuk para turis yang berasal dari luar negeri.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Jurusan Pertanian

Pertanian tentu menjadi salah satu bidang yang bisa Anda pilih, bagi Anda yang senang dengan bercocok tanam atau dengan lahan sawah, padi, dan ladang. Jurusan pertanian ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda, dengan beberapa prospek kerja yang juga mendukung. Jurusan pertanian juga memiliki prospek yang menjanjikan untuk masa depan Anda.

Jurusan Kimia

Meskipun kimia termasuk salah satu pelajaran cukup memusingkan, tetapi jika Anda kuliah di jurusan ini bisa menghasilkan masa depan yang gemilang. Pelajaran di jurusan kimia biasanya berkaitan dengan hafalan teori-teori, rumus-rumus, simbol-simbol, dan melakukan uji praktik. Jurusan ini membutuhkan pengaturan waktu yang disiplin dan konsentrasi. Sebab keterampilannya, lapangan kerja untuk lulusan kimia sangat luas dan tawaran gajinya pun cenderung tinggi.

Kewirausahaan

Banyaknya orang-orang yang berallih profesi menjadi pebisnis, membuat jurusan yang satu banyak dilirik dan diminati oleh masyarakat. Jurusan kuliah ini tak bisa Anda anggap sebelah mata, karena saat ini ada banyak anak-anak muda yang sudah sukses membangun bisnis startup-nya.

Pesatnya perkembangan startup ini memang diiringi dengan semakin majunya dunia teknologi. Jika dihitung, jumlah startup lokal yang ada di Indonesia bisa mencapai lebih dari 1.000 dan kebanyakan pendirinya adalah lulusan dari universitas dalam negeri.

Keuntungan dari jurusan kewirausahaan ini adalah Anda bisa langsung uji coba membuat usaha sendiri ketika masih duduk di bangku kuliah, karena jurusan ini lebih banyak praktiknya dibanding teori. Jadi Anda akan lebih diuntungkan dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Comments are closed.