Karakteristik untuk Menjadi Generasi Milenial

Lifestyle & Leisure

Bisa dikatakan menjadi generasi milenial memiliki banyak banyak perbedaan dari orang-orang zaman terdahulu. Lalu, apa saja yang membedakan hal itu?

Bagi Anda lahir di `tahun 90-an hingga saat ini termasuk ke dalam generasi milenial di mana gaya hidup sudah memasuki era kekinian. Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem-sistem kehidupan bertransformasi, salah satunya adalah kecanggihan teknologi yang melesat sangat cepat. Bisa dikatakan bahwa teknologi menjadi kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Contohnya, smartphone yang sudah melakat dengan kehidupan seseorang dan juga kecangihan teknologi lainnya. Bisa dikatakan semua yang diinginkan oleh generasi milenial bisa didapatkan dengan mudah, Lalu, apa saja karakteristik dasar yang melekat pada kehidupan generasi milenial?

Baca juga: Ingin Hidup Mapan di Usia Muda? Mudah Sekali!

Karakteristik Dasar Generasi Milenial

Mudah Mendapatkan Apa pun yang Diinginkan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa semua yang diinginkan oleh generasi milenial biasa didapatkan dengan mudah. Contohnya, mereka ingin membeli suatu barang, hanya pergi ke mal, tentu barang tersebut bisa didapatkannya dengan mudah dan cepat. Begitupun dengan hal lainnya.

Gampang Bosan pada Barang yang Dibeli

Biasanya, para generasi milenial itu mudah sekali bosan dengan barang yang baru saja dibeli. Hal ini dikarenakan hampir setiap saat ada saja barang baru yang lebih canggih. Misalnya, smartphone yang setiap saat berubah dengan fitur-fitur yang lebih canggih.

Tidak Bisa Hidup Tanpa Smartphone

Pernyataan ‘No Gadget No Life’ memang benar adanya apalagi untuk generasi milenial. Mereka menjadikan smartphone sebagai salah satu kebutuhan yang harus selalu ada di sampingnya. Hal ini dikarenakan, smartphone memberikan banyak sekali kemudahan. Apalagi jika ditambah dengan akses internet yang semakin memudahkan untuk mereka mencari apa pun yang diinginkan. Bukan itu saja, dalam pendidikan dan dunia kerja saat ini pun rasanya tak lengkap jika tak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tidak heran, kalau masyarakat khususnya kaum milenium tidak bisa melepas gadget dari genggaman.

Baca juga: Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua: Sudahkah Anda Merencanakan?

Hobi Melakukan Pembayaran Non-Cash

Kecanggihan teknologi tidak hanya pada smartphone dan internet saja, tetapi hal ini juga berpengaruh dalam melakukan transaksi yang semakin modern. Berkembangnya model non-tunai dalam bertransaksi ternyata tidak disia-siakan oleh generasi milenial. Contohnya, dalam berbelanja, mereka lebih senang dengan membayar menggunakan kartu dibandingkan uang tunai. Praktis dong, milenial sekali, ya!

Inginnya Serba Instan

Generasi milenial biasanya senang sekali dengan yang cepat, mudah, dan instan. Semua itu dikarenakan perkembangan teknologi yang telah mempengaruhi para milenial untuk mendapatkan hal yang diingin tanpa menunggu lama. Selain itu, mobilitas yang padat semakin membuat mereka memilih yang serba instan dan tidak merepotkan. Contohnya, mau makan enak tapi malas keluar rumah? Tinggal pesan menggunakan aplikasi yang saat ini hampir semua orang menggunakannya.

Memilih Pengalaman daripada Aset

Ciri yang menggambarkan generasi milenial selanjutnya adalah mereka lebih suka menghabiskan uang untuk mendapat pengalaman tertentu dibanding menabung untuk menambah aset. Tentu saja, umumnya milenial lebih memilih jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia daripada menabung untuk berinvestasi.

Baca juga: Kenapa Zona Nyaman Akan Membuat Seseorang Tidak Berkembang

Memiliki Grup Tertentu

Kaum milenial biasanya memiliki grup tertentu yang biasanya dijadikan sebagai teman untuk melakukan aktivitas. Grup tersebut terdiri dari beberapa orang yang memiliki visi misi sama atau kebiasaan yang serupa sehingga sangat klop sekali untuk diajak berbicang ataupun hangout. Bahkan ada grup yang ditentukan dari segi eikonomi, lho. Misalnya, grup sosialita atau anak gaul.

Jago Multitasking

Milenial ternyata sangat jago kalau disuruh melakukan beberapa tugas bersamaan. Mobilitas serta aktivitas yang tinggi membuat mereka terbiasa melakukan banyak hal dengan cepat.

Kritis Terhadap Fenomena Sosial

Kemajuan teknologi yang canggih tidak hanya berdampak negatif saja, lho. Ada juga dampak positif jika digunakan untuk hal benar, contohnya seperti mengikuti perkembangan terbaru tentang dunia atau fenomena yang sedang hits. Bagaimana tidak, generasi muda menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Dari situlah mereka dihujani banyak informasi di seluruh dunia. Nah, tak heran kalau milenials sekarang lebih aktif untuk beropini di media sosial mengenai berita yang sedang hangat dibicarakan.

Senang Memamerkan Aktivitas

Untuk ciri yang satu ini pasti sudah tidak heran lagi. Pasalnya, semua aktivitas yang dilakukan oleh seseorang sudah bukan privasi lagi dikarenakan mereka gemar sekali memamerkan aktivitas tersebut di sosial media.

Comments are closed.