Sekarang, Kartu Ucapan Lebaran Anda Bisa Buat Sendiri

Lifestyle & Leisure

Biar Idulfitri ini makin terlihat berbeda dan lebih fun, yuk buat kartu ucapan lebaran sendiri! Caranya dijamin mudah.

Sudah menjadi hal yang biasa di saat Idulfitri tiba, setiap orang saling memberikan kartu ucapan lebaran. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk meminta maaf kepada orang-orang tertentu.

Namun, bentuk kartunya sekarang yang berbeda. Jika dulu berbentuk kartu yang terbuat dari kertas, sekarang kartu ucapan Idulfitri bisa Anda buat berupa digital.

Meskipun demikian, tidak berarti kartu ucapan berupa kartu kertas sudah ditinggalkan. Memang penggunanya semakin tidak ada. Hanya saja, masih ada orang yang menerapkan tradisi mengirimkan kartu lebaran dengan kartu kertas.

Bagaimana dengan Anda? Tentu saja itu terserah Anda. Tergantung mana yang menurut Anda paling baik. Toh keduanya sama. Tujuannya sama-sama ingin menyampaikan selamat dan juga meminta maaf di hari lebaran.

Terlepas dari hal tersebut, Anda bisa membuat kartu ucapan Idulfitri secara khas buatan sendiri. Jadi, Anda tidak perlu membeli kartu ucapan selamat lebaran di toko buku. Atau Anda tidak perlu pula meniru lalu memberikan kartu lebaran digital yang bertebaran di dunia maya.

Agar terlihat benar-benar beda, yuk buat kartu ucapan lebaran sendiri.

Langkah yang Perlu Anda Lakukan Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Tidak yakin bisa membuat kartu lebaran sendiri? Coba saja. Jika Anda tahu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan, Anda tidak akan merasa kesulitan.

Ada empat langkah yang perlu Anda ketahui ketika ingin membuat kartu ucapan selamat Idulfitri sendiri. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pilih Konsep atau Desain Kartu Ucapan Lebaran

Hal paling awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan desain dan konsep kartu ucapan lebaran. Apakah kartu tersebut Anda tujukan untuk perorangan? Ataukah Anda mengirimkan kartu atas nama perusahaan atau organisasi? Anda perlu menjawab pertanyaan tersebut. Itu akan membantu Anda menentukan desain atau konsep kartu lebaran seperti apa yang Anda harus pilih.

Tentu saja desain kartu ucapan selamat lebaran untuk perorangan beda dengan yang diperuntukkan untuk organisasi. Perorangan pun berbeda antara untuk orang terdekat, saudara, teman, atau pasangan. Jadi, hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah konsep atau desain kartu yang ingin Anda gunakan.

Tidak punya ide? Coba saja Anda gunakan aplikasi Canva. Ini merupakan aplikasi pembuat desain banner, desain leaflet, dan juga desain kartu-kartu, termasuk untuk membuat kartu ucapan lebaran. Dalam hal ini, akan ada subbab tersendiri untuk membahas bagaimana cara membuat kartu ucapan selamat lebaran dengan menggunakan aplikasi Canva ini.

Yang pasti, di aplikasi ini, Anda akan menemukan berbagai desain kartu yang sangat banyak. Anda bebas memilih sesuai dengan konsep kartu yang Anda inginkan.

Cari Kalimat Ucapan

Pada intinya, di kartu kartu ucapan lebaran yang ingin dibuat, Anda hanya ingin mengucapkan selamat dan saling memaafkan. Namun, tentu bukan kalimat secara harfiyah begitu saja yang Anda harus tulis. Anda harus memilih kalimat yang tepat.

Anda bisa membuat kalimat puitis sendiri. Atau Anda bisa mencuplik kalimat dari Kitab Suci Alquran. Alternatif lain, Anda bisa buat pantun yang lucu namun intinya sama, yaitu meminta maaf dan mengucapkan kalimat selamat lebaran.

Kira-kira, kelimat ucapan seperti apa yang akan Anda pilih? Apakah berbentuk kalimat putis, potongan ayat suci Alquran, atau berupa pantun?

Customize

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat desain kartu ucapan lebaran. Ada banyak sekali desain kartu yang bisa Anda gunakan.

Akan tetapi, tentu Anda tidak bisa menggunakan desain begitu saja. Sebisa mungkin Anda perlu customize sendiri. Ubah bagian tertentu dari desain kartu yang sudah disediakan agar hasilnya tidak akan sama dengan buatan orang lain. Bisa jadi, jika Anda menggunakan desain dari Canva tanpa mengedit, kemungkinan orang lain akan menggunakan desain kartu yang sama.

Pilih untuk Dicetak atau Berbentuk Soft File Saja

Setelah membuat desain kartu ucapan lebaran, silakan Anda pilih. Apakah Anda ingin dicetak? Atau Anda tetap gunakan soft file agar Anda bisa mengirimkan kartu digital tersebut melalui media online, entah itu e-mail, WhastApp, Instagram, Facebook, atau media online lainnya? Ini terserah Anda.

Manfaatkan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Seperti penjelasan sebelumnya, ada aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kartu selamat lebaran. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang bahkan tidak memiliki skill desain menggunakan software.

Apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, Anda masuk ke situs Canva. Setelah itu, lakukan registrasi. Dalam hal ini, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jika Anda ingin lebih leluasa memilih desain kartu, pilih yang berbayar. Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba lebih dulu, gunakan yang gratis.

Setelah Anda melakukan registrasi, masuk ke Canva. Pilih desain kartu. Di sana, ada banyak sekali desain kartu ucapan yang bisa Anda pilih. Tentukan desain mana yang Anda inginkan.

Selanjutnya, lakukan editing. Anda bisa mengedit beberapa elemen dari desain kartu tersebut seperti warna, frame, gambar, serta kalimat ucapan selamat Idulfitri.

Setelah selesai, simpan dengan format file yang Anda inginkan, entah itu PNG, JPEG, atau format lainnya. Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan.

Kartu ucapan selamat lebaran sudah jadi. Anda bisa cetak atau biarkan dalam bentuk soft file jika Anda ingin mengirimkan kartu ini melalui media online.

Nah, kapan Anda akan membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri? Mumpung Idulfitri masih beberapa hari lagi, masih ada waktu untuk membuat kartu lebaran. Buat kartu ucapan yang paling menarik. Selamat berkarya!

Comments are closed.