Bermimpi Kerja di Jepang? Ini Kemampuan yang Wajib Dikuasai

Lifestyle & Leisure

Jika ingin kerja di Jepang wajib menguasai bahasa Jepang dan etiketnya. Disiplin menjadi kunci diterima atau tidaknya Anda bekerja di Negeri Sakura itu.

Siapa yang tak ingin tinggal di Jepang? Merasakan empat musimnya dengan pemandangan bunga Sakura tengah berguguran? Semua ini bisa diwujudkan jika Anda punya kesempatan kerja di Jepang. Kesempatan bekerja di Negeri Matahari Terbit ini sangat besar mengingat menurut pemerintah Jepang memerlukan setidakya 340ribu pekerja dari Indonesia untuk mengisi 14 industri kerja.

Tapi Mendapatakan pekerjaan ini tidak mudah. Karena pesaing Anda bukan hanya warga Jepang asli melainkan pekerja dari seluruh dunia. Agar tidak kalah saing, inilah kemampuan yang wajib Anda miliki jika ingin bekerja di negeri matahari terbit ini:

Baca juga: Membuat Visa ke Jepang untuk Pemegang Paspor Biasa

3 Kemampuan Dasar Kerja di Jepang

persiapan kerja di Jepang

Disiplin dan Kuasai Etiket Jepang

Warga Jepang sangat menjunjung etiketnya. Karena itu Anda wajib menguasi etiket dasar seperti mengucapkan frasa “shitsurei shimasu,” saat memasuki ruangan atau tidak duduk sebelum disuruh oleh sang empunya rumah. Bahkan diberbagai universitas Jepang, etiket ini menjadi bagian dari materi kuliah karena seringkali menjadi titik penting diterima atau tidaknya seseorang untuk bekerja.

Kalau di Amerika Serikat, perusahaan mencari orang dengan keterampilan dan pengalaman terbaik. Di Jepang perusahaan lebih menyukai orang denga etiket dan kedisiplinan yang baik. Budaya bisnis Jepang telah menganut konsep “rekan kerja seperti keluarga” , so etiket bekerja bagi mereka adalah hal utama.

Persiapkan Bahasa Jepang

Mayoritas warga Jepang tidak berbicara bahasa asing, pemerintahnya-pun tidak mewajibkan masyarakatnya untuk menguasai bahasa Asing. Di negeri Samurai para pendatanglah yang mesti mempelajari bahasa asli disana kendati mereka berasal dari ngera-negara maju seperti Amerika dan Eropa.

Sebaiknya, sebelum mulai melamar pekerjaan Anda sudah mengikuti kursus bahasa Jepang di Indonesia. Jika perlu ikutilah JLPT alias Japan Language Proficiency Test, ini semacam TOEFL-nya Jepang. Agar bisa bercakap-cakap dan memahami obrolan orang Jepang setidaknya Anda harus mencapai level JLPT N2 yaitu level mengerti percakapan atau berita dalam kecepatan normal.

Persiapkan Bahasa Inggris

Setelah Anda menguasai bahasa Jepang mengapa penguasaan bahasa Inggris juga perlu? Sebab kemampuang berbahasa Inggris Anda akan menjadi penyelamat ketika pekerjaan sulit didapat. Di Jepang banyak sekali pekerjaan yang mengharusnya pekerjanya berbahasa Inggris, namun biasanya hanya tersedia untuk pekerja lepas.So, sebelum terbang ke Jepang pastikan TOEFL sudah mencapai minimal 600. Atau ketika Anda merasa siap dan pantas menjadi guru atau pelatih bahasa Inggris.

Cara Kerja di Jepang

Setelah merasa telah menguasai tiga kemampuan dasar yang wajib dimiliki pekerja asing di Jepang, barulah Anda melangkah ke tahap selanjutnya yakni mencari pekerjaan di Jepang. Perlu diingat tidak semua bidang pekerjaan di Jepang terbuka untuk pekerja asing. Inilah beberapa indutri yang bisa Anda coba lamar:

  • Pekerja magang atau kenshusei
  • Tenaga perawat (kangoshi) dan caregiver (kaigofukushishi)
  • Tenaga profesional atau ber-skill khusus, misalnya pengajar bahasa Inggris, koki , karyawan yang bekerja di anak perusahaan Jepang, dan lainnya.

Sementara itu ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa bekerja di negeri Jepang, berikut diantaranya:

3 Cara dan Tips Kerja di Jepang

persiapan kerja di Jepang

Menjadi Kenshusei

Kenshusei dalam bahasa Indonesia artinya peserta magang, peserta pelatihan di Jepang. Peserta magang ini datang ke Jepang untuk belajar teknologi, keterampilan, pengetahuan kerja, industri dan belajar tentang budaya serta kehidupan di Jepang. kenshusei ini merupakan program kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Jepang di bidang tenaga kerja.

Waktu magang para pesertanya sendiri biasanya satu tahun. Anda tidak bisa serta merta mendaftar menjadi kenshusei. Sebab program ini berada dibawah tanggung jawab DEPNAKERTRAS. Pemerintah Jepang lah yang akan mengajukan permintaan tenaga kerja biasanya di bidang industri yang bergaji rendah.

Sebelum terbang ke Jepang, peserta magang akan mendapatkan pelatihan dasar serta bahasa dan etiket dasar. So, jangan berharap memiliki kehidupan nyaman di Jepang ya jika cara yang Anda pilih adalah dengan menjadi kenshusei.

Menjadi Guru Privat Bahasa Inggris

Warga Jepang dikenal jarang berbahasa Inggris, namun perusahaan besar disana sudah mulai merasakan pentingnya penggunaan bahasa Internasional tersebut. Karena itu lowongan guru les bahasa Inggris di Jepang semakin banyak. Anda bisa menjadikan ini sebagai opsi untuk bisa kerja di negeri Sakura. Tentunya dengan syarat kemampuan bahasa Inggris Anda sudah diatas rata-rata dan telah mengantongi sertifikat sebagai pengajar kompeten.

Ada banyak website lowongan kerja yang membubuhkan informasi ini, sebut saja GaijinPot, Jobs in Japan, dan Daijob. Ketiganya adalah website yang paling populer digunakan oleh pencari kerja, dan beberapa memungkinkan Anda mengunggah resume Anda dan mengatur peringatan pencarian pekerjaan.

Baca juga: Kebiasaan Baik Orang Jepang yang Patut Ditiru

Menjadi Pelajar dan Mahasiswa

Mengapa menjadi pelajar dan mahasiswa masuk dalam kategori cara ini? Karena keduanya memang bisa menjadi jalan Anda untuk tinggal di negeri Sakura secara gratis, apalagi kalau bukan melalui beasiswa. Nah pemerintah Jepang sendiri banyak sekali memberikan beasiswa sarjana dan pasca sarjana untuk Indonesia.

Cobalah ikutilah seleksinya, ketika Anda lulus semua kebutuhan hidup akan dipenuhi seperti uang buku, semester, uang pangkal bahkan biaya makan dan uang saku. Selepas sampai disanapun Anda masih diperbolehkan untuk bekerja part time bagi beberapa perusahaan besar. Jika mendapat tawaran bekerja ataupun magang di perusahaan besar, manfaatkanlah dengan baik.

Jepang dikenal sering meng-hire karyawan yang telah lama magang di tempatnya. Bukan tidak mungkin kan selepas lulus kuliah Anda langsung bisa bekerja disana?

Dokumen yang Harus Disiapkan

persiapan kerja di Jepang

Jika kerja di Jepang sudah lama menjadi tujuan hidup Anda, ada baiknya menyiapkan segala sesuatunya sejak awal. Khususnya untuk urusan dokumen. Nah inilah beberapa dokumen penting yang mesti Anda jika ingin bekerja di Negeri Matahari Terbit:

Untuk lulusan sarjana:

  • Visa Bekerja
  • Foto ukuran 4cm x 3cm
  • Transkrip catatan akademik dalam bahasa Inggris
  • CV dalam Bahasa Inggris
  • Salinan paspor: sampul paspor luar, halaman identifikasi dan, jika ada, entri / visa sebelumnya di Jepang
  • Salinan diploma universitas dalam bahasa Inggris
  • Kontrak ditandatangani dengan perusahaan yang mempekerjakan dalam bahasa Inggris atau Jepang

Untuk peserta magang:

  • Visa kegiatan khusus (magang berbayar)
  • Salinan sertifikat pendaftaran di universitas dalam bahasa Inggris
  • CV  dalam Bahasa Inggris
  • Foto 4x3cm
  • Salinan paspor: sampul paspor luar, halaman identifikasi dan, jika ada, entri / visa sebelumnya di Jepang
  • Kontrak ditandatangani dengan perusahaan yang mempekerjakan dalam bahasa Inggris atau Jepang
  • Salinan surat rekomendasi dari universitas dalam bahasa Inggris
  • Dokumen dari Universitas yang menyatakan bahwa magang akan diakui dengan kredit akademik dalam bahasa Inggris
  • Dokumen yang mengklarifikasi periode pendaftaran siswa di jurusannya

Baca juga: Apa Saja Syarat Pembuatan Visa ke Jepang

Comments are closed.