Ingin Kerja Kantoran? Perhatikan Tipe-tipe Pekerjanya Yuk!

EntrepreneurshipLifestyle & Leisure

Memilih kerja kantoran, Anda mungkin akan menemukan banyak tipe rekan kerja. Tipe-tipe pekerja seperti di bawah ini yang kemungkinan akan sering Anda temui di area perkantoran.

Begitu luasnya ranah dalam mencari rezeki, salah satunya adalah dengan kerja kantoran. Tak dipungkiri, banyak dari kita menuntut pendidikan tinggi untuk bisa bekerja di perusahaan yang diimpikan. Namun, dikarenakan keberagaman karakter yang dimiliki oleh setiap manusia, maka di setiap tempat mungkin Anda bisa saja menemukan hal-hal yang kurang nyaman, termasuk di lingkungan kantor Anda.

Beberapa karakter teman kantor mungkin saja membuat lingkungan menjadi kurang mengasyikan. Namun, sebelum memastikan hal tersebut, alangkah lebih baiknya lagi kita bisa juga melakukan introspeksi diri. Menelaah sejauh mana sikap dan sifat kita bisa diterima oleh lingkungan itupun amat sangat penting.

Pada akhirnya, kedua hal yang negatif tadi bisa kita simpulkan dan buat solusi untuk menciptakan lingkungan kantor yang lebih sehat. Karena sejatinya, lingkungan kerja yang sehat akan mempengaruhi kesehatan jiwa dan raga kita sebagai karyawan. Saat kerja kantoran banyak sekali risiko yang mungkin bisa saja terjadi,  Ikut serta program asuransi jiwa bisa jadi cara mengendalikan kekhawatiran. Di Futuready Anda bisa menemukan berbagai merek asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ayo cek sekarang!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Memulai untuk menyadari beberapa kekurangan yang ada dalam diri, mungkin bisa jadi cara untuk menghindari adanya masalah di lingkungan kerja. Tipe-tipe pekerja kantoran memang beragam, hal itu tentu berpengaruh pada lingkungan kantor yang nyaman. Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai tipe-tipe pekerja yang perlu Anda ketahui.

Tipe Pekerja Kantoran yang Berpengaruh Baik

Tak semua karakter manusia bisa menciptakan kenyamanan bagi lingkungannya, tapi berusaha untuk menjadi tipe pekerja yang baik di lingkungan kantor dapat memberi energi positif bagi diri Anda maupun teman Anda. Berikut ini beberapa tipe pekerja yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, mungkinkah Anda termasuk di dalamnya?

Pemimpin

rekan kerja jiwa pemimpin

Seseorang dengan jiwa kepemimpinan biasanya merupakan tipe yang  mampu menunjukkan rasa tanggung jawabnya. Selain itu, seseorang dengan tipe ini selalu bisa menjadi pemimpin bahkan untuk rekan yang posisinya sama dengannya.  Pribadi yang biasanya muncul dari pekerja tipe ini adalah ia seringkali mendengarkan, mengagumi, memercayai, dan mengormati.

Tipe Pemimpin selalu bekerja dengan tanggung jawab serta menganggap setiap pekerjaan harus dikerjakan dengan serius dan tekun. Pada akhirnya, sikap antusiasme yang ia tunjukkan dalam bekerja bisa menjadi inspirasi bagi orang lain serta menimbulkan suasana kantor yang positif.

Bersemangat Tinggi

Tipe pekerja ini biasa memiliki semangat yang mengebu-gebu karenanya tipe ini akan lebih menyukai bekerja dalam sebuah tim dibandingkan bekerja seorang diri. Karakternya yang penuh semangat biasanya mencirikan individu yang banyak mengeluarkan pendapat. Mereka yang termasuk tipe ini biasanya akan dengan mudah memulai suatu pekerjaan karena memiliki motivasi dan semangat yang tinggi.

Hal menarik lainnya, tipe pekerja satu ini sering melakukan berbagai kegiatan yang tak diduga atau secara spontan. Meja kerja yang seringkali terlihat berantakan juga merupakan salah satu cirinya. Satu lagi yang tak kalah penting orang yang bersemangat tinggi biasanya akan mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan alias multitasking.

Humoris

rekan kerja berjiwa humoris

Tipe pekerja yang satu ini paling tahu caranya untuk dapat menghidupkan suasana. Tipe ini selalu memiliki hal apa saja yang bisa dijadikan guyonan untuk mencairkan suasana atau selalu bisa membuat candaan dari setiap hal ditemuinya. Pribadi yang menyenangkan merupakan tipe pekerja humoris.

Tipe humoris sangat bisa membuat lingkungan kerjanya menjadi nyaman, bahkan biasanya tipe ini bisa masuk untuk berkomunikasi pada beberapa elemen yang berbeda di kantor. Namun, perlu diingat bahwa tak semua keadaan bisa dengan mudah disisipkan sebuah candaan. Jika Anda termasuk dalam tipe humoris, Anda perlu memilah-milah situasi kapan Anda bisa bercanda dan kapan Anda diharuskan untuk serius.

Sistematis

Konteksnya memang berbeda, tetapi tipe pekerja sistematis kurang lebih memiliki ciri-ciri yang berlawanan dengan pekerja kantoran tipe penuh semangat. Tipe pekerja sistematis biasanya memiliki meja kerja yang rapi dan lebih suka terfokus pada satu pekerjaan saja sebelum melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya.

Baca juga: Fresh Graduate, Begini Cara Mudah Mencari Pekerjaan!

Tipe pekerja kantoran sistematis juga cenderung lebih menyukai obrolan yang berfokus dan juga lebih suka untuk bekerja secara individu. Cara kerja seorang pekerja yang sistematis biasanya terlihat lebih rapih, tapi dalam hal pergaulan, seorang yang terlalu sistematis justru akan terlihat kaku.

Tipe Pekerja Kantoran yang Berpengaruh Buruk

Kalau di atas tadi sudah dipaparkan beberapa tipe pekerja kantoran yang membawa pengaruh baik bagi lingkungan, tak bisa dipungkiri bahwa terdapat beberapa tipe yang justru sebaliknya. Berikut beberapa tipe pekerja yang seringkali membuat lingkungan kantor manjadi tidak nyaman, diantaranya:

Mikromanajer

Jika Anda seorang pemimpin yang memililki beberapa pekerja? Tipe satu ini sering ditemui, namun biasanya pekerja kantoran dengan gaya mikromanajer ini tidak menyadari sikapnya. Mikromanajer merupakan sebutan bagi pemimpin yang melakukan pengawasan terhadap bawahannya dengan sangat ketat. Seseorang yang sangat idealis dan detail biasanya tanpa sangat berpotensi menjadi seorang mikromananjer.

Tipe pekerja ini biasanya kurang disukai oleh teman-teman di sekitarnya sebab seringkali menekan. Jika Anda seorang atasan, sesekali cobalah bertanya kepada bawahan Anda tentang bagaimana pendapat mereka tentang diri Anda.

Pemalas

rekan kerja pemalas

Walau cara masuk sebuah perusahaan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur namun terkadang masih sering ditemukan para pekerja yang bisa dikategorikan sebagai pemalas. Tentu, tipe yang satu ini dirasa banyak merugikan perusahaan atau bahkan timnya. Sejatinya, seseorang yang dapat digolongkan pada tipe pemalas yaitu orang-orang sering mengerjakan pekerjaanya hingga tuntas tapi dengan hasil yang seadanya. Orang tipe ini juga sering diasumsikan tidak banyak berperan dalam kerja tim, serta tidak ingin terlibat pada persiapan berbagai  acara atau pekerjaan besar apapun yang diadakan di kantor.

Bagi tipe yang satu ini, mengisi waktu untul mengobrol yang kurang penting dengan teman kerja menjadi lebih penting daripada menyelesaikan pekerjaannya. Tentu tipe yang satu ini harus Anda hindari jika Anda seorang pekerja kantoran, sebab bukan tidak mungkin lingkungan Anda akan merasa tidak nyaman satu tim dengan Anda.

Anti Sosial

Tipe yang satu ini bisa dikategorikan dengan pribadi yang tertutup. Tipe pekerja satu ini memang lebih merasa bahagia menghabiskan waktu menyendiri. Anda akan sulit menemui tipe pekerja anti sosial ini di acara-acara luar kantor.

Walau pekerja yang anti sosial juga masih memiliki kemungkinan untuk bekerja dengan baik, namun biasanya tipe pekerja satu ini akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya dan cenderung lebih senang bekerja sendirian ketimbang dalam tim.

Baca juga: 9 Motivasi Sukses Biar Anda Makin Semangat Kerja

Kini Anda tak perlu khawatir untuk kerja kantoran, sebab Anda sudah mengenal beberapa tipe pekerja yang harus Anda hindari. Sedangkan, cobalah untuk bisa menjadi tipe pekerja kantoran yang membawa pengaruh baik pada lingkungan ya!

Comments are closed.