Booking dan Bayar KIR melalui KIR Online, Mudah!

Lifestyle & Leisure

Mempermudah urusan, KIR Online hadir dengan fitur booking dan pembayaran hanya melalui aplikasi di Android. Bagaimana tata caranya?

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat atau lebih, Anda memiliki kewajiban untuk melakukan pengujian terhadap kendaraan yang anda punya. KIR yang dalam Bahasa Belanda (KEUR) berarti pengujian kendaraan bermotor yakni serangkaian kegiatan menguji atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor. Bisa berupa kereta gandeng, tempel, maupun kendaraan khusus yang dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan.

Dilansir dari KIR Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pelaksanaan Pengujian kendaraan bermotor di Unit PKB dan pemeriksaan dilakukan oleh Penguji yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tanda uji akan diberikan kepada kendaraan yang memenuhi syarat kelayakan yang disahkan oleh pejabat. Belum lama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga meluncurkan aplikasi e-KIR Jakarta.

Baca juga: Hal-Hal yang Mempengaruhi PHK

Selain dimanfaatkan untuk booking, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pembayaran KIR Online, fitur ini diluncurkan oleh DKI Jakarta bersamaan dengan meluncurnya aplikasi e-KIR Jakarta. Aplikasi e-KIR Jakarta ini dapat Anda coba untuk merasakan kemudahan booking KIR di DKI Jakarta beserta pembayaran online-nya. Jadi Anda bisa mendapatkan antrean lebih dahulu ketimbang datang langsung ke kantor KIR. Anda yang sedang berencana melakukan Uji KIR, informasi di bawah ini akan membantu Anda supaya tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengantre offline. Kemudahan demikian seharusnya juga dibarengi dengan kesadaran pengendara berupa asuransi agar membebaskan kecemasan dari mahalnya perawatan aset kendaraan.

Tata Cara Booking Uji KIR Online

aplikasi kir online

Aplikasi untuk melakukan booking uji KIR secara online melalui smartphone. Pengendara tidak perlu repot lagi untuk datang ke tempat Pengujian Kendaraan Bermotor atau PKB demi mendapat nomor booking uji KIR. Cukup dengan aplikasi e-Kir yang telah terpasang di smartphone. Berikut adalah tata cara mendapatkan kode booking uji KIR melalui aplikasinya, yaitu:

Cara Daftar Aplikasi e-KIR DKI Jakarta

  • Silakan download dan instal aplikasi E-KIR Jakarta di Google Play Store (aplikasi ini belum tersedia bagi pengguna iOS)
  • Selanjutnya Anda klik menu register
  • Masukkan data sesuai yang dibutuhkan
  • Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Masukkan kode aktivasi yang dikirimkan melalui SMS
  • Maka pendaftaran sudah berhasil dan Anda bisa log in

Cara Log in Aplikasi e-KIR DKI Jakarta

  • Buka aplikasi E-KIR Jakarta
  • Masukkan email dan password
  • Masuk ke menu utama
  • Verifikasi Data
  • Log in sudah berhasil

Cara Proses Booking e-KIR Jakarta

  • Buka aplikasi e-KIR Jakarta
  • Masukkan nomor Uji atau No Kendaraan
  • Masukkan lokasi dan tanggal UJI KIR
  • Proses simpan data Booking pengujian KIR kendaraan Anda
  • Selanjutnya Anda tinggal bayar tagihan ke Bank DKI atau dengan cara bayar KIR melalui ATM.

Baca juga: Smart SIM: Modernisasi Informasi Korlantas Polri

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya yaitu:

  • Setelah melakukan booking, Anda akan mendapatkan No Virtual Account (VA) untuk pembayaran di Bank DKI.
  • Retribusi KIR dapat dibayarkan melalui No Virtual Account sebelum Jam 22.00 WIB di hari yang sama lewat beberapa bank : JakOne Mobile Bank DKI, ATM Bank DKI, kantor Bank DKI, ATM Bank lain.
  • Booking secara Online otomatis hangus apabila pembayaran tidak dilaksanakan sebelum jam 22.00 WIB dihari yang sama. Anda perlu menjadwalkan ulang untuk KIR lewat aplikasi yang sama.
  • Jika Wajib Uji tidak hadir sesuai jadwal yang ditentukan maka jadwal pengujian KIR dan pembayaran dianggap hangus (dana pembayaran tidak dapat dikembalikan).

Tata Cara Pembayaran KIR

membayar kir online

Pembayaran KIR secara Online kini sudah tersedia untuk wilayah DKI Jakarta. Dengan adanya metode bayar KIR ini diharapkan masyarakat bisa lebih mudah dan tidak perlu antre lama-lama di kantor KIR. Seperti yang Anda tahu bahwa membayar KIR secara offline lebih banyak memakan waktu karena antreannya cukup panjang.

Seperti yang Anda tahu, membayar KIR ini diwajibkan kepada masyarakat yang memiliki kendaraan roda empat. Tata cara bayar KIR ini bisa dilakukan melalui mobile banking, ATM, Internet Banking dan Teller Bank. Patut diketahui pula bahwa pembayaran dengan bank selain Bank DKI akan dikenakan biaya administrasi.

Penunjukan atas Bank DKI sebagai satu-satunya pembayaran KIR resmi membuat siapapun yang tidak memiliki bank tersebut wajib membayarkan administrasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bank lain tetap bisa melakukan pembayaran asal rela mengeluarkan Rp 6500 sebagai biaya transfer. Adapun di bawah ini dua cara pembayarannya:

Cara Bayar Via ATM Semua Bank

Membayar KIR bisa dilakukan di semua ATM Bank seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga dan bank lainnya. Jika Anda sudah tahu cara transfer antar bank lain, maka Anda akan mudah melakukan pembayaran via ATM bank lain. Hal tersebut tentu dapat dilakukan jika Anda terlebih dahulu sudah mengetahui kode bank DKI, maka Anda bisa melakukan transaksi bayar KIR Online di DKI Jakarta, dengan cara berikut ini:

  • Masukkan kartu ATM dan PIN
  • Lalu masuk ke menu transfer
  • Setelah itu masuk ke menu transfer ke bank lain
  • Masukkan kode bank DKI (111)
  • Setelah itu masukkan nomor KIR kendaraan Anda
  • Selanjutnya baru klik transfer
  • Terakhir simpan bukti transfer tersebut.

Cara Bayar KIR Secara Online Melalui Bank DKI

Bagi Anda yang sudah menjadi nasabah bank DKI maka proses pembayaran online ini akan lebih mudah dan tidak dikenakan biaya antar bank. Anda dapat mendownload secara gratis e-KIR di Google Play. Maka Anda sudah bisa booking KIR di DKI Jakarta secara online dan langsung melakukan pembayaran via akun bank DKI yang sudah Anda miliki.

apa itu kir online

Jika Anda mengalami kesulitan dalam pembayarannya atau ada pertanyaan mengenai pembayaran E-KIR secara Online, Anda bisa menghubungi nomor Bank DKI di 1500351.

Baca juga: Perbedaan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Meningkatkan kemudahan pada urusan-urusan yang krusial seperti pembayaran KIR ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa bagi kehidupan. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dibantu untuk bisa lebih produktif dan gesit dalam menyelesaikan urusan yang berhubungan dengan kewajibannya. Maka, tak ada alasan lagi bagi siapapun untuk menunda-nunda kewajiban termasuk melakukan uji KIR dan membayarnya. Selamat mencoba aplikasinya!

simak juga beragam artikel lainnya mengenai kendaraan bermotor di website Futuready Indonesia.

Comments are closed.