Kue Kering Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Lifestyle & Leisure

Lebaran memang sudah lewat, tapi kalau Anda rindu dengan kue kering lebaran. Yuk, coba buat sendiri dengan resep di bawah!

Salah satu ciri khas yang lekat dengan suasana idulfitri adalah jajaran kue kering lebaran yang tersaji di meja utama. Ya, siapa yang tak suka kudapan manis, gurih dan renyah ini. Dan pasti, hampir semua anggota pasti memiliki satu atau lebih kue khas lebaran terfavorit. Begitu pula dengan Anda, bukan?

Meskipun ada banyak informasi seputar kesehatan, yang memperingatkan bahaya mengonsumsi aneka kue-kue manis secara berlebihan, rasanya hal ini tak lalu membuat kehadiran kue lebaran diabaikan. Malahan, rasanya suasana lebaran tak lengkap, jika tanpa ketupat, opor, dan kue-kue kering ini.

Meskipun banyak toko kue, baik skala rumahan atau sekelas bakery sekalipun selalu rutin membuat kue-kue lebaran dengan rasa yang istimewa. Namun, ternyata membuatnya sendiri bukan hal yang sulit, kok. Anda bahkan dapat memanfaatkan waktu senggang menjelang berbuka puasa, untuk membuat aneka kue dengan rasa yang lezat, tak kalah dengan bakery ternama.

Nah, kira-kira, kue kering lebaran apa saja yang bisa dibuat di rumah dan bahan apa saja yang wajib ditonjolkan, agar dapat memberikan rasa yang lezat?

Kue Kering Lebaran Buatan Sendiri

Kue Nastar dengan Selai

Siapa yang tak suka nastar? Kue dengan isian selai nanas ini, selalu menjadi bintang di meja utama. Lihat saja, hampir semua rumah selalu memiliki nastar sebagai sajian khas lebaran. Jika dulu, kue nastar identik dengan bentuk dan keranjang mini ini. Sekarang ada banyak bentuk dari kue nastar yang dibuat. Dan yang paling umum adalah bentuk bulat dengan atau tanpa topping.

Keistimewaan nastar, selain ada pada rasa yang renyah dan buttery, juga ada pada cita rasa selainya. Ya, bagi Anda yang terbiasa menikmati nastar buatan rumah, pasti tak akan merasa puas hanya dengan mengudap nastar hasil membeli di toko kue biasa. Apalagi, jika bukan karena rasa selainya yang kurang pas.

Untuk itu, jika Anda tertarik membuat kue kering lebaran jenis nastar ini, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk membuat selai nanas sendiri di rumah. Tak sulit kok, hanya saja dibutuhkan kesabaran ekstra. Bagaimana tidak, untuk membuat selai nanas yang legit nan lezat, Anda harus betah berlama-lama di depan kompor untuk mengaduk parutan nanas yang telah dicampur dengan gula dan sedikit kayu manis.

Nastar yang enak, memiliki rasa selai yang tak terlalu manis, dan masih menyisakan sedikit rasa khas buah nanas. Untuk itu, Anda harus menggunakan api kecil selama proses pembuatannya. Ini untuk menghindari selai yang gosong. Selain itu, perhatikan pula perbandingan antara jumlah buah nanas dan gula. Anda dapat menggunakan 100-150 gram gula, untuk 1 kilogram nanas segar. Jangan lupa menambahkan sedikit garam, sebagai penyeimbang rasa. Pilih nanas segar dengan kualitas terbaik.

Kastengel Sebagai Kue Kering Lebaran Rasa Keju yang Klasik

Tahukah Anda jika kastengel termasuk dalam warisan kuliner khas Belanda sejak zaman penjajahan dahulu kala? Ya, keju memang sangat identik dengan Negara Kincir Angin tersebut. Rasanya, berbagai kudapan yang dominan dengan turunan produk susu ini, selalu tak dapat dilepaskan dari Belanda, yang sempat menjajah Indonesia beberapa selama beberapa abad.

Namun, anehnya, meskipun ini adalah makanan yang dibawa oleh warga asing, namun dapat diadaptasi oleh warga pribumi. Bahkan, hampir semua usia suka dengan jenis kue kering yang memiliki sensasi rasa gurih keju yang kuat ini.

Jika ingin membuat kue kering lebaran kastengel, Anda harus siap dengan parutan keju cheddar berkualitas baik. Selain itu, jumlahnya juga harus royal. Sehingga kue yang Anda buat di rumah dapat menghadirkan rasa gurih yang ‘kejuuuu’ banget.

Kastengel termasuk ke dalam kue kering premium. Untuk rasa terbaik, biasanya toko kue sekelas bakery tak segan untuk memberikan label harga yang tinggi. Bisa jadi, lebih tinggi dari harga kue pada umumnya.

Dua jenis keju yang banyak digunakan dalam pembuatan kastengel dengan kualitas premium adalah keju cheddar dan keju edam parut. Sedangkan sensasi renyahnya, hadir dari perpaduan yang pas antara tepung terigu dan maizena. Meskipun penggunaan butter bukanlah hal yang dominan dalam pembuatan kastengel, namun kualitas butter juga dapat berpengaruh pada rasanya, lho. Jadi, pastikan Anda menggunakan butter kualitas baik ya.

Putri Salju Istimewa dengan Ekstra Kacang Mete

Kue kering lebaran terfavorit selanjutnya adalah putri salju. Ciri khasnya adalah taburan icing sugar atau gula halus di setiap permukaannya. Selain itu, putri salju juga memiliki rasa khas kacang, yang gurih. Perpaduan antara gurihnya kacang dan manisnya gula inilah yang membuatnya menarik.

Berbeda dengan kue kacang biasa, untuk membuat kue putri salju yang istimewa, Anda dapat menggunakan campuran antara kacang mete yang telah dihaluskan, kacang tanah, dan selai kacang. Ketiganya, selain akan memberikan rasa kacang yang gurih, kuat, juga lezat.

Janit Alias Janda Genit, Kue Kering Lebaran yang Manis dan Menarik

Mungkin, sebagian dari Anda belum begita akrab dengan nama kue yang satu ini. Janit yang merupakan singkatan dari janda genit ini, d ibeberapa daerah juga disebut dengan stro-chis atau strawberry cheese. Ya, ini karena janit merupakan kue kering yang memiliki rongga atau lubang kecil di bagian tengahnya, dan berisikan selai strawberry. Sedangkan sekelilingnya ditaburi dengan keju parut.

Janit tak hanya menggunakan selai strawberry saja. Ada juga yang menggunakan selai blueberry, bahkan chocochips. Sebagai bahan dasar adonannya, hampir sama dengan kue kering lainnya. Terdiri dari tepung terigu, butter, telur, gula, dan susu.

Berbagai kue kering lebaran tersebut selalu menghiasi gerai kue di seluruh penjuru negeri. Bahkan ada banyak industri kue rumahan dadakan yang turut meraup untung di hari raya. Nah, jika Anda ingin membuat hari raya Anda lebih istimewa, tak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah. lebih lezat, lebih istimewa!

Comments are closed.