Rencana Kuliah Online? Pertimbangkan Ini!

Lifestyle & Leisure

Kuliah online memang sedang diminati banyak orang, terlebih para pekerja yang tetap ingin menuntut ilmu. Apa saja keuntungan memilih perkuliahan ini? Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan?

Teknologi yang semakin berkembang pesat memang memberikan keuntungan berlimpah bagi semua orang. Salah satunya adalah mendapatkan ilmu tanpa harus bertatap muka dengan dosen, tetapi sudah ada sistem kuliah online yang bisa dipilih. Kuliah online kini populer di kalangan karyawan. Cara belajar ini menjadi pilihan yang pas untuk karyawan yang ingin menambah pengetahuan dan membutuhkan waktu belajar yang fleksibel di tengah kesibukan dalam bekerja. Bukan hanya itu, berkuliah online juga memungkinkan karyawan mendapatkan pendidikan di mana pun dan kapan pun, tanpa terkendala oleh jarak dan waktu. Namun, perlu ditekankan juga untuk pemilihan jurusan. Jika Anda tidak selektif dalam memilih jurusan atau program studi, yang ada akan memberikan kebosanan dan bisa saja Anda berhenti di tengah jalan. Kalau begitu, apa saja yang harus dipertimbangkan dalam mengikuti perkuliahan online ini?

Baca juga: Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Lima Tip Memilih Kuliah Online

Latar Belakang Pendidikan Anda Sebelumnya

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan latar belakang pendidikan Anda sebelumnya. Misalnya, Anda sekolah di Sekolah Menengah Kejurusan program Akuntansi dan alangkah baiknya untuk melanjutkan perkuliahan ke jurusan yang sama. Atau jurusan yang bekelanjutan dengan latar belakang pendidikan Anda. Hal ini dilakukan agar Anda tidak semata-mata belajar dari nol lagi mengingat waktu yang Anda miliki begitu singkat, karena jadwal kerja yang padat.

Pahami Diri dan Passion Anda

Jika hingga saat ini Anda masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang ingin dipilih, jangan khwatir karena Anda bisa mengikuti passion dan pemahaman diri Anda. Hal ini dikarenakan, minat atau passion Anda bisa menjadi motivasi yang kuat saat menemui kesulitan dan hampir putus asa dalam menjalankan dunia perkuliahan.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Dalam proses memilih kuliah online yang tepat, pastikan Anda sudah memiliki tujuan yang jelas. Apakah perkuliahan ini diambil hanya semata-mata untuk mendapatkan gelar saja, ingin mendapatkan promosi jabatan, atau apakah hendak meningkatkan keahlian atau keterampilan di bidang tertentu agar bisa bersaing secara kompetensi di tempat kerja? Menentukan tujuan yang jelas memberi titik terang tentang program kuliah online yang hendak Anda pilih. Setelah mengetahui tujuan dengan jelas, Anda dapat menentukan program studi yang tepat, merencanakan target dan masa studi yang cepat. Selain minat dan passion, tujuan juga bisa menjadi motivasi untuk menyelesaikan studi dengan cepat.

Cek Biaya Kuliah Online

Semakin mudah Anda mendapatkan ilmu, biasanya juga semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Hal yang tidak boleh tertinggal dari perhatian Anda adalah biaya kuliah online. Satu program studi di sebuah universitas biasanya memerlukan biaya kuliah yang berbeda dengan program studi lain. Caranya, Anda cari perbandingan ke beberapa universitas terbaik yang membuka kuliah online dengan jurusan yang Anda minati. Jika memang biaya menjadi salah satu beban yang berat, pilih universitas yang menawarkan biaya murah tetapi memiliki akreditasi yang baik.

Ketahui Penyampaian Materi Kuliah

Anda perlu ketahui bahwa tidak semua pertemuan dalam kuliah online dilakukan secara online. Materi kuliah memang akan disampaikan secara teleconference di mana semua mahasiswa bertemu dengan dosen secara online, tetapi di tempat masing-masing atau dengan memberikan materi kuliah berupa rekaman audio. Akan tetapi, dalam setiap program mata kuliah online biasanya ada suatu program (di awal pertemuan atau saat ujian akhir) yang mengharuskan mahasiswa datang ke pertemuan kelas (class meeting). Hal ini tentu tidak akan menjadi sebuah masalah jika Anda tinggal di kota yang sama tempat pertemuan kelas diselenggarakan. Akan sulit untuk dipenuhi apabila Anda berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda. Untuk itu, tanyakanlah apakah ada pertemuan fisik yang diwajibkan atau semua proses belajar mengajar melalui online.

Baca juga: Langkah-Langkah Merencanakan Biaya Kuliah Kelas Karyawan

Keuntungan Mengambil Kuliah Online

Seperti yang sudah disampaikan bahwa kuliah online ini memang sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih perkuliahan ini.

Fleksibilitas

Dengan menggunakan jaringan internet, metode perkuliahan online atau yang sering disebut e-Learning memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan di mana saja dan kapan saja tanpa terikat jadwal seperti kuliah tatap muka (reguler). Hal ini sangat membantu bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan pendidikannya sambil tetap bekerja, karena terbentur dengan jadiwal pekerjaan.

Daya Serap yang Lebih Baik

Waktu kuliah yang fleksibel memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar pada saat mereka benar-benar siap dan dalam kondisi yang fit, yang pada akhirnya akan menghasilkan daya serap dan prestasi belajar yang lebih baik.

Akses ke Pengajar Berkualitas

Dosen-dosen terbaik dan terkemuka, baik dari latar belakang akademis maupun industri, kini dapat mengajar secara online berdasarkan jadwal yang disesuaikan dengan kesibukan mereka. Hal ini juga bermanfaat bagi siswa, terutama yang berdomisili di luar kota besar, untuk mendapat kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan berkualitas dan diajar oleh tenaga pengajar berkualitas.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Beasiswa Pendidikan di Indonesia!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kualitas Pembelajaran yang Konsisten

Dalam kuliah tatap muka (reguler), satu mata kuliah dapat diajarkan oleh dua atau lebih dosen yang berbeda dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda pula. Hal ini dapat menyebabkan kualitas pembelajaran yang berbeda untuk mata kuliah yang sama. Namun, berbeda dengan perkuliahan online, proses belajar dan materi kuliah digital dibuat oleh dosen terbaik dan terpilih mengikuti standar kualitas yang sama baik. Dengan demikian, setiap mahasiswa akan mendapatkan kualitas pembelajaran yang konsisten, karena menggunakan materi kuliah online yang diberikan berdasarkan proses pembelajaran yang sama.

Mengurangi Carbon Footprint

Dengan dukungan teknologi, berbagai aktivitas perkuliahan dilakukan tanpa perlu membuang-buang kertas, misalnya pendaftaran online, perkuliahan online, dan ujian menggunakan perangkat digital. Selain itu, dengan tidak adanya mobilitas ke kampus tentu saja akan mengurangi konsumsi bahan bakar yang pada akhirnya mengurangi polusi dan turut membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Comments are closed.