Langkah-Langkah Merencanakan Biaya Kuliah Kelas Karyawan

Lifestyle & Leisure

Menjalankan kuliah kelas karyawan itu tidak mudah. Anda harus tetap fokus dalam bekerja sambil menjalankan perkuliahan. Sleain waktu, biaya juga menjadi hal penting yang harus disiapkan. Namun, semua itu bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini.

Melanjutkan kuliah dengan mengikuti kelas karyawan merupakan salah satu solusi yang tepat bagi Anda yang ingin berkuliah sambil bekerja. Adanya program kuliah kelas karyawan ini tentu sangat memudahkan mereka yang ingin menambah ilmu demi masa depan yang lebih cerah. Pasalnya, menuntut ilmu tidak ada batasannya. Oleh karena itu, apapun caranya akan dilakukan.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan yang mencolok dari kuliah kelas karyawan dengan regular. Mungkin perbedaan itu hanya terdapat dari jam kuliah dan juga biaya. Berbicara mengenai biaya, tentu tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kuliah kelas karyawan ini. Nah, jika biaya menjadi salah satu hambatan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah, berikut ini langkah-langkah perencanaan biaya kuliah kelas karyawan yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Perencanaan Biaya Kuliah Kelas Karyawan

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan menentukan universitas yang memberikan keringanan dalam membayar uang semester dan juga bangunan. Di Jakarta, terdapat beberapa universitas swasta yang menyediakan program pembayaran uang semester dan bagunan dengan cara dicicil perbulannya. Tentu dengan adanya program ini, sangat membantu mahasiswa yang membiayai kuliahnya dari penghasilan setiap bulan.
  2. Selanjutnya, Anda juga bisa membandingkan biaya kuliah yang ditawarkan beberapa universitas berserta jurusan yang Anda minati. Jika akreditasi masing-masing universitas tidak jauh berbeda, Anda bisa memilih universitas yang menawarkan biaya paling murah. Pasalnya, menuntut ilmu itu tidak perlu mahal asalkan semua ilmu yang disampaikan bisa diserap dan diterapkan dengan benar.
  3. Langkah ketiga, Anda bisa mengikuti beberapa program beasiswa yang ditawarkan dari beberapa perusahaan. Tentu cara ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
  4. Giat bekerja adalah kunci sukses Anda dalam menjalankan kuliah kelas karyawan. Hal ini dikarenakan sumber biaya untuk bayar kuliah berasal dari pekerjaan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah malas bekerja dan menjadikan kuliah sebagai alasan atau beban. Kuliah kelas karyawan adalah pilihan Anda yang harus dijalani.

Nah, setelah Anda mengetahui langkah-langkah dalam merencanakan biaya kuliah kelas karyawan, berikut ini trik jitu yang harus Anda lakukan agar sukses menjalankan perkuliahan ini.

Menentukan Universitas yang Tepat

Meksipun kuliah kelas karyawan menjadi solusi yang tepat, tetapi tidak semua universitas di Indonesia yang menyediakan program kelas karyawan. Sejauh ini di Jkarta baru ada 14 – 15 universitas yang memiliki program kelas karyawan. Namun, meksipun terbilang sedikit, tetapi universitas tersebut, termasuk ke dalam universitas yang diunggulkan dan memiliki akreditasi A. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas pengajar di dalamnya.

Baca juga: Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia

Satu hal yang harus Anda ketahui ketika mencari universitas, Anda harus menggali informasi lebih dalam mengenai sistem pendidikan di salah satu universitas, tersebut.  Perhatikan apakah universitas tersebut membuka kelas sore atau kelas ekstension pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, perhatikan juga jurusan yang memiliki kelas karyawannya. Apakah jurusan yang Anda minati ada di dalam universitas tersebut atau tidak. Jangan salah pilih ya. Pilihlah universitas dengan kualitas yang lebih bagus jika ada beberapa kampus yang membuka waktu kuliah dan jurusan seperti yang Anda inginkan.

Memilih Waktu Kuliah

Ketika memutuskan untuk kuliah di kelas karyawan, Anda juga harus memperhatikan waktu kuliah yang ditawarkan dari universitas tersebut. Pasalnya, kewajiban Anda bukan hanya rajin masuk di jam kuliah saja, tetapi juga harus tetap menjadi seorang karyawan biasa yang bekerja dan mengabdi kepada perusahaan tersebut. Pasalnya, keputusan kuliah sambil bekerja ini murni keputusan yang Anda ambil berdasarkan keinginan sendiri bukan program dari perusahaan. Memang, tidak sedikit perusahaan yang mendukung karyawannya untuk kuliah, tetapi Anda pun harus tetap bisa mempertanggungjawabkan tugas di perusahaan tersebut.

Jadi, memilih waktu kuliah yang tepat menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan. Misalnya, universitas tersebut menyediakan waktu belajar di weekend dan juga jam pulang kantor (19.00-21.00 WIB). Nah, jika jam kuliah yang ditawarkan kiranya tidak mengganggu jam kerja Anda, tidak ada salahnya Anda memilih universitas yang bisa memenuhi jadwal aktivitas Anda.

Memilih Jurusan yang Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan dipoin nomor satu, dalam memilih universitas kelas karyawan, Anda juga harus memperhatikan jurusan yang ditawarkan. Pasalnya, tidak semua jurusan membuka program kelas karyawan dikarenakan berbagai alasan. Jadi, jika Anda ingin jurusan yang sesuai dengan minat, Anda harus benar-benar selektif memilih univiersitas yang terbaik dan tepat.

Baca juga: Homeschooling, Opsi Belajar untuk Anak yang Dapat Dipilih Orangtua

Namun, beda halnya jika ada tuntutan dari pekerjaan bahwa Anda harus mempunyai kualifikasi tertentu untuk mendapatkan posisi karir yang sedang dipromosikan. Jika keadaannya seperti ini, tentu Anda tidak bisa mengambil jurusan yang Anda inginkan. Contohnya, Anda suka sekali dengan dunia kominukasi, tetapi karena perusahaan menuntut Anda untuk menajdi seorang atasan yang mengerti segala macam management, berarti Anda harus siap untuk belajar mengenai ilmu baru. Tidak ada ilmu yang tidak berguna. Semua ilmu pasti memiliki sisi positif dan berguna bagi kehidupan kita di masa depan.

Memperhatikan Biaya Kuliahnya

Setelah jurusan dan waktu kuliah, hal lain yang harus menjadi pertimbangan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk perkuliahan tersebut. Sempat disinggung bahwa kuliah kelas karyawan akan memakan biaya yang cukup besar, tentu Anda juga harus selektif memilih universitas yang kiranya masuk ke dalam bujet Anda. Biaya kuliah sangatlah penting. Salah satu bumerang yang banyak dialami karyawan tidak bisa meneruskan kuliahnya hingga tuntas di universitas karena terkendala dengan biaya. Pasalnya, gaji yang didapatkan setiap bulannya bukan hanya untuk membiayai semesteran kuliah saja, tetapi juga ada beban lain yang harus ditanggung dari gaji tersebut. Jadi, agar hal ini tidak terjadi, dari awal Anda harus benar-benar memastikan biaya kuliah yang harus dikeluarkan hingga lulus nanti.

Memang menuntut ilmu itu tidak ada batasnya. Namun, Anda jangan mengambil keputusan dalam keadaan emosional. Pasalnya, memutuskan untuk melanjutkan kuliah itu merupakan keputusan yang besar dan harus didasari dengan pemikiran yang matang. Mulai dari segi waktu, biaya, dan penunjang lainnya agar kegiatan yang Anda jalankan ini berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

Oleh karena itu, penting sekali memikirkan aspek-aspek yang sudah dijelaskan di atas kedalam pertimbangan Anda untuk melanjutkan kuliah. Jika dirasa Anda tidak bisa memutuskan sendiri, Anda bisa konsultasikan masalah ini kepada orang terdekat, baik itu orang tua, kerabatan, ataupun pasangan jika sudah memiliki pasangan.

Comments are closed.