Lulus Kuliah, Ini Pilihan Terbaik yang Akan Mengubah Hidup

Lifestyle & Leisure

Setelah lulus kuliah, bekerja bukanlah pilihan satu-satunya. Beberapa hal ini juga bisa bikin Anda berkembang dan menghasilkan.

Apakah Anda baru saja lulus kuliah? Pasti tengah bimbang menentukan langkah selanjutnya yang diambil. Melihat teman yang sudah bekerja sementara Anda belum mendapatkan perkejaan tentu menjadi beban tersendiri. Pasalnya, mencari pekerjaan tersebut cukup sulit apalagi jika disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Tenang, Anda tidak sendiri. Sebab rata rata mereka yang baru lulus kuliah juga mengalami hal ini. Pasalnya, Anda jangan salah langkah karena langkah yang akan diambil selanjutnya akan memengaruhi perkembangan karir Anda hingga bertahun-tahun mendatang. Jadi, Anda perlu memikirkan dengan seksama apa yang paling baik untuk diri sendiri, bukan hanya mengekor pencapaian orang lain.

Dua pertimbangan yang sering jadi beban adalah “mendapatkan kerja dulu” atau “membuka lapangan kerja” saja? Untuk membantu menemukan jawabannya, mungkin beberapa saran ini bisa menjadi kompas yang tepat untuk Anda memilih jalan setelah lulus kuliah.

Hal-Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan Pekerjaan

Mungkin mimpi hampir semua lulusan universitas adalah bekerja di perusahaan multinasional. Ya, selain karena mereka bisa memberikan gaji besar juga Anda dapat merasakan sistem kerja yang memacu diri untuk lebih berkembang. Agar bisa menembus perusahaan skala nasional butuh resume yang bagus.

Setelah lulus cobalah buat resume terbaik dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang kuliah Anda. Jangan buat awal karir Anda buruk karena merasa terjebak dalam pekerjaan yang salah. Bukan masalah yang besar jika harus bergabung dengan perusahaan kecil lebih dulu, terpenting dapatkan pengalaman bekerja.

Soal gaji? Sebaiknya tidak berharap muluk soal ini. Biarpun Anda seorang lulusan perguruan tinggi ternama, gaji yang akan diterima sama saja  seperti para fresh graduate dari universitas lainnya, yakni sesuai Upah Minimum Regional (UMR). Seiring berjalannya waktu Anda punya kesempatan untuk mendapatkan gaji besar, tentunya jika Anda punya kompetensi yang lebih baik dari orang lain.

Gap Year

Jika Anda merasa sudah mencapai goal sendiri dengan lulus kuliah saja, mungkin gap year bisa jadi pilihan. Gap year adalah istilah yang biasa dipakai para lulusan sekolah atau universitas untuk tidak melanjutkan study maupun bekerja. Mungkin hanya beristirahat di rumah saja.

Gap year terlihat seperti istilah lain untuk pengangguran, tapi beberapa menganggap gap year ini adalah pilihan baik, khususnya bagi mereka yang merasa sudah berjuang atau menghadapi masa-masa berat selama perkuliahan. Mereka membutuhkan waktu untuk mengembalikan semangat dan memikirkan rencana masa depan.

Saat gap year Anda bisa melakukan kegiatan pengembangan diri, seperti belajar bahasa baru dan budaya baru. Banyak, lho perusahaan yang memerlukan karyawan yang cakap berbicara bahasa asing.

Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Selanjutnya

Jika pekerjaan tidak masuk dalam daftar tujuan dan kondisi finansial keluarga aman, boleh saja Anda memutuskan melanjutkan pendidikan setelah lulus kuliah. Tidak harus sesuai dengan gelar pertama, mencoba sesuatu yang baru juga hal yang baik, misalnya ingin mengambil jurusan sesuai minat? Saha-sah saja.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan lamanya proses menimba ilmu. Hal ini dikaarenakan pengalaman Anda dalam dunia kerja yang nyata akan tersita. Akibatnya setelah lulus kuliah nanti tetap saja Anda termasuk kategori fresh graduate, artinya gaji yang akan diterima sama dengan mereka yang punya gelar di bawah Anda.

Mungkin bagi Anda yang memilih keputusan ini, berkarir sebagai peneliti atau pengajar lebih cocok. Anda tidak dituntut memiliki pengalaman di dunia nyata, bermodal karya-karya tulis terbaik justru akan mengantarkan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Menjadi Pekerja Lepas

Jika belum ingin menghabiskan waktu untuk bekerja, tapi enggan jadi pengangguran, pekerja lepas menjadi alternatif yang bisa Anda coba. Setelah lulus kuliah Anda punya lebih banyak waktu di rumah. Coba pikirkan apa kemampuan yang Anda miliki dan bisa dijual kepada orang lain?

Banyak para lulusan baru yang bekerja sebagai fotografer atau desainer lepas, baik untuk usaha besar, menengah maupun kecil. Selain mendapatkan pengalaman kerja, Anda juga punya kesempatan untuk memperluas jejaring sosial dalam dunia kerja. Anda dapat membentuk “nama” dan “kredibilitas” selama bekerja sebagai pekerja lepas.

Namun, ada resiko yang mesti diterima jika memilih ini, yakni jam kerja yang tidak tentu (tergantung permintaan klien) serta tiadanya berbagai tunjangan dan bonus. Itulah kelemahan dari pekerjan lepas dan sangat tidak disarankan menjadi pekerjaan utama, terlebih bagi mereka yang punya tanggung jawab menafkahi keluarga besar.

Menjadi Pengusaha

Orientasi Anda yang baru lulus kuliah pastilah bekerja. Namun, apa harus menunggu begitu lama jika tidak ada perusahaan yang memanggil Anda? Daripada terus berjuang mendapatkan tempat di perusahaan lain, mengapa tidak berjuang untuk perusahaan yang dibangun sendiri?

Jika Anda adalah tipe orang yang kreatif, percaya diri, dan suka melakukan hal yang berbeda sebaiknya berbisnis saja. Menjadi pebisnis adalah impian para millenials masa kini. Jika Anda punya ide bisnis segera wujudkan, jangan hanya dijadikan impian.

Takut gagal? Semua pengusaha juga pernah mengalami kegagalan dan tugas Anda adalah terus bangkit setelah gagal. Berlandasan keterampilan kewirausahaan yang tepat dan pengalaman gagal yang matang, Anda pasti bisa membangun usaha impian walaupun baru lulus kuliah.

Lulus Kuliah, Bangun Bisnis Startup Sesuai Impian

Di era 4.0 seperti sekarang hampir semua bisnis sudah terkoneksi ke digital. Para generasi millenials pun sudah mulai meninggalkan gaya dan produk bisnis masa lalu. Jika Anda juga punya gagasan bisnis yang cukup millenials cobalah wujudkan dengan mengikuti trik ini:

Buat Website

Jika Anda sudah punya produk yang akan dijual baik barang maupun jasa, segera buat website yang menarik dan mudah diakses. Kemudahan dan kenyamanan pengguna adalah kunci mendapatkan pelanggan.

Buat Pelanggan Tertarik

Manfaatkan media  sosial untuk menerapkan strategi marketing. Carilah influencer yang bisa diajak bekerja sama. Tidak harus mereka yang sudah punya nama besar. Lebih banyak influencer yang mempromosikan produk Anda justru lebih baik.

Ciptakan Komunitas

Komunitas ini penting untuk menciptakan branding produk. Ajaklah beberapa orang untuk membangun komunitas yang isinya tentu saja membicarakan produk Anda dan mengajak orang lain untuk ikut menggunakan.

Bisnis Plan yang Baik

Sebuah bisnis tidak akan jalan dan menguntungkan tanpa ada rancangan yang baik dan tepat. Jika masih merintis Anda bisa meniru bisnis plan para pengusaha sukses. Namun, nantinya harus menemukan sendiri rancangan yang sesuai.

Comments are closed.