Maksimalkan Fungsi Kartu Kredit yang Anda Miliki

Lifestyle & Leisure

Fungsi kartu kredit itu sangat banyak dan bisa mendatangkan manfaat berlimpah untuk Anda. Manfaatkan dengan maksimal kartu kredit yang Anda miliki.

Berikut ini 5 fungsi kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan manfaat dan keuntungan dari setiap transaksi:

Satu Kartu Kredit untuk Bayar Semua Tagihan

Setiap bulannya, Anda pasti punya biaya-biaya yang harus dibayarkan. Mulai dari tagihan listrik, cicilan rumah, tagihan telepon, tv kabel, cicilan kendaraan, hingga cicilan air. Nah, dengan fungsi kartu kredit Anda jadi bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membayar berbagai tagihan. Manfaatnya, Anda tak perlu lagi antre buat bayar semua tagihan itu atau repot bayar online satu persatu.

Berbagai Promo Diskon

Sering lihat kan penawaran diskon yang diberikan hanya untuk pengguna kartu kredit tertentu dari bank? Inilah fungsi kartu kredit yang harus Anda manfaatkan. Saat makan di suatu restoran, belanja bulanan di supermarket, atau belanja di fashion store sebaiknya Anda tanyakan promo diskon dari kartu kredit yang Anda miliki. Asal jangan sampai kehilangan kontrol dan malah gila belanja ya!

Memanfaatkan Cicilan 0 Persen

Saat ingin memiliki sesuatu tapi dananya belum cukup untuk membeli secara tunai, cara yang paling praktis adalah memilih pembayaran secara cicilan. Bank biasanya memberikan fasilitas cicilan 0 persen untuk berbagai program pembelian. Seperti laptop, smartphone, mobil, dan kebutuhan lainnya. Dengan fasilitas cicilan 0 persen ini, Anda cukup membayar dengan cicilan tetap dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan. Daripada Anda mengeluarkan dana besar, mengapa tidak membayar dengan cicilan sehingga keuangan bulanan lebih terjaga.

Pengganti Uang Tunai

Fungsi terakhir kartu kredit yang perlu Anda ketahui ialah sebagai pengganti uang tunai. Jika Anda sedang membutuhkan uang tunai yang cukup, namun Anda tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar kartu kredit tetap bisa membantu Anda melakukan transaksi.

Jangan lupa untuk melunasinya secara penuh sebelum jatuh tempo. Sebagai alat transaksi, fungsi kartu kredit sangat bergantung pada kedisiplinan dan kebijaksanaan Anda untuk menggunakannya. Jika Anda disiplin dan bijak, tidak mengikuti nafsu belanja, Anda bisa menerima banyak manfaat dari kepemilikan kartu kredit.

Apa Itu Kartu Kredit?

Sebelum memaksimalkan semua fungsi kartu kredit, ada baiknya pahami informasi dasar mengenai apa itu kartu kredit. Menurut definisi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, kartu kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Pada bank-bank di Indonesia, kartu kredit diciptakan untuk kemudahan dan cara kerjanya diatur oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini terdapat berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, termasuk di antaranya yaitu VISA, MasterCard, dan American Express.

Kepemilikan kartu kredit juga sekarang menjadi salah satu syarat penting untuk mengajukan berbagai produk pinjaman seperti KTA atau KPR. Jika Anda memiliki histori pembayaran yang sehat, maka peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman KTA dan KPR tentu akan lebih besar. Sebaliknya jika histori kredit Anda jelek karena sering menunggak pembayaran kartu kredit, Anda akan dimasukkann daftar hitam bank sehingga sulit mendapatkan pinjaman.

Informasi Perizinan Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran, Daftar Penyelenggara Kartu Kredit yang Telah Memperoleh Izin dari Bank Indonesia Per 3 Agustus 2018 sebanyak 33 penyelenggara.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Menggunakan Berbagai Fungsi Kartu Kredit

Bank Indonesia memberikan beragam tip untuk Anda untuk menggunakan berbagai fungsi kartu kredit dengan bijak. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila memiliki kartu kredit, yaitu:

  1. Manfaatkan penarikan tunai melalui ATM dengan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat saja.
  2. Hindari kebiasaan membayar sejumlah minimum, karena dapat dikenakan bunga lebih besar atau waktu lebih panjang sampai tagihan lunas.
  3. Segera hubungi perusahaan penerbit kartu kredit bila Anda memiliki pertanyaan, komentar, ataupun mulai mengalami kesulitan pembayaran.
  4. Kumpulkan sales draft Anda, ini perlu untuk pembuktian jika jumlah di lembar tagihan berbeda dengan nilai pembelanjaan Anda.
  5. Bayar penuh tagihan sebelum jatuh tempo, agar Anda terhindar dari biaya keterlambatan dan biaya-biaya lain yang tidak Anda inginkan.

Sudah tahu berbagai fungsi kartu kredit Anda, kan? Juga sudah memiliki opsi untuk memaksimalkan fungsi kartu kredit Anda. Selalu jaga kondisi keuangan Anda dan bijaklah saat melakukan pembelian atau pembayaran.

Comments are closed.