Manfaat dan Efek Samping Facial Wajah

Lifestyle & Leisure

Facial wajah dianggap sebagai salah satu cara untuk membuat wajah lebih cantik. Namun, bagi sebagian orang, hal ini justru membuat kulit menjadi bermasalah.

Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang cantik. Tak heran berbagai cara dilakukan untuk menunjang penampilannya agar terlihat lebih menawan. Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para wanita untuk mendapatkan wajah yang cantik tak lain adalah dengan facial wajah.

Facial wajah merupakan perawatan kulit multi langkah yang merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat kulit. Bisa dibilang, facial wajah adalah cara yang paling populer dilakukan perempuan. Umumnya, facial wajah dilakukan di berbagai salon, baik yang kecil maupun besar.

Meskipun dianggap dapat membuat kulit wajah lebih cantik dan kencang, nyatanya tak sedikit wanita yang enggan melakukan facial wajah karena rasa sakit yang ditimbulkan selama proses berlangsung. Belum lagi muka menjadi bengkak-bengkak setelahnya, bila kulit tergolong sensitif.

Namun, facial wajah memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung oleh kaum wanita jika dilakukan secara rutin. Apa saja manfaatnya? Ini dia!

Manfaat Facial Wajah

Pori-pori Kulit Wajah Menjadi Lebih Kecil

Seiring dengan aktivitas harian, kotoran dan debu dapat masuk dan menyumbat pori-pori di kulit wajah. Kotoran yang menyumbat ini menyebabkan pori-pori tampak besar, terasa kasar dan berminyak. Jika dibiarkan terus menerus, kotoran tersebut dapat menjadi komedo dan jerawat.

Komedo dan jerawat sudah pasti mengganggu penampilan dan membuat wanita jadi kurang percaya diri. Untuk itulah facial wajah dibutuhkan. Facial wajah berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang menumpuk di pori-pori secara tuntas sehingga tampak lebih kecil dan bersih. Alhasil, kulit wajah terbebas dari komedo dan jerawat yang sangat mengganggu penampilan.

Kulit Wajah Lebih Lembap

Menggunakan pelembap kimia atau kosmetik dengan alkohol tinggi dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering dan kusam. Saat melakukan facial wajah, kulit mendapatkan pijatan lembut yang mampu mengembalikan kelembapan alami kulit. Kelembapan alami yang tepat membuat kulit sehat dan tampak bercahaya. Jadi, tak ada lagi kulit wajah kering yang membuat wajah terlihat tidak bercahaya.

Terbebas dari Kulit Wajah Berminyak

Wajah berminyak merupakan salah satu musuh utama kaum hawa. Sebab, kulit yang berminyak membuat make up jadi tidak menempel dengan baik dan wajah tampak tak terawat. Wajah berminyak juga berpotensi menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya jerawat.

Facial wajah merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat kulit terbebas dari minyak. Bahkan, tak hanya minyak, berbagai sisa kotoran di wajah pun dapat diangkat dengan facial wajah.

Kulit Wajah Lebih Mudah Menyerap Nutrisi

Dengan facial wajah, kulit akan bersih dari penumpukan sel kulit mati. Proses scrubbing dan peeling saat facial wajah dapat melepaskan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat. Selain itu, ekstraksi komedo membuat pori-pori juga terbebas dari kotoran yang bersarang.

Keadaan kulit ini optimal untuk menyerap nutrisi tambahan dari masker atau krim kecantikan. Nutrisi tambahan yang diserap optimal tentunya bisa memberikan manfaat yang lebih nyata pada kulit wajah.

Membantu Regenerasi Kulit Wajah

Proses peeling dan scrubbing saat facial wajah mengangkat sel kulit mati agar kulit siap beregenerasi dengan baik. Pemijatan pada saat facial wajah dianggap mampu merangsang pembentukan sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan prima untuk menggantikan sel kulit mati yang kusam dan gelap. Regenerasi kulit yang baik akan membuat wajah tampak cerah dan lembut. Dengan begitu, wajah terlihat lebih awet muda dan cantik.

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya facial wajah juga memiliki risiko yang cukup banyak bagi sebagian orang. Jika facial wajah tidak dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau mungkin kulit pasien yang sangat sensitif, bukan tak mungkin facial wajah menimbulkan beberapa efek samping pada kulit wajah. Berikut adalah efek samping facial wajah yang seringkali dirasakan oleh para wanita!

Efek Samping Facial Wajah

Iritasi

Pemakaian produk perawatan kecantikan yang kurang tepat mengakibatkan iritasi dan kulit kemerahan. Beberapa produk perawatan kecantikan wajah umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit wajah terkelupas. Membersihkan wajah dengan bahan kasar tidak hanya membuat kulit terkelupas. Namun, juga membuat kulit menjadi kering dan gatal. Pada kondisi ini, hindari terpapar sinar ultraviolet dari matahari terlalu lama, karena dapat memperburuk kondisi kulit. Untuk mengatasinya, oleskan produk pelembap untuk kulit kering yang tidak mengandung pewangi. Bila perlu gunakan tabir surya sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan.

Eritema dan Edema

Penelitian menunjukkan facial wajah dapat menyebabkan efek samping langsung pada wajah seperti eritema dan edema. Eritema wajah ditandai dengan gejala berupa kulit wajah yang kemerahan, disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah kulit serta meningkatnya aliran darah menuju kulit wajah. Sementara edema merupakan pembengkakan akibat penumpukan cairan pada jaringan tubuh, dalam hal ini adalah wajah. Kedua kondisi ini menyebabkan wajah menjadi terlihat merah dan bengkak.

Dermatitis dan Erupsi Akneiformis

Dermatitis disebut juga eksim yaitu kondisi peradangan kulit yang ditandai ruam yang gatal dan berwarna kemerahan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh iritasi maupun reaksi alergi terhadap bahan perawatan yang digunakan. Sementara acneiform eruption atau erupsi akneiformis merupakan kelainan kulit yang menyerupai jerawat yang dapat disebabkan oleh infeksi dan reaksi terhadap obat-obatan. Untuk keluhan seperti ini, Anda mungkin memerlukan bantuan obat atau perawatan lanjutan oleh dokter, guna memperbaiki keluhan pada wajah secara efektif.

Agar terhindar dari risiko di atas, alangkah baiknya untuk konsultasikan terlebih dulu dengan dokter spesialis kulit sebelum melakukan facial wajah. Mungkin Anda pernah merasakan manfaat atau mungkin efek samping dari facial wajah?

Comments are closed.