Manfaat Kesehatan Lari Maraton untuk Anda

Lifestyle & Leisure

Lari maraton merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat. Meskipun terlihat mudah, rupanya untuk melakukan olahraga yang satu ini dibutuhkan stamina, fisik, dan juga kondisi tubuh yang optimal dan sehat.

Di balik kata maraton ternyata ada kisah yang cukup mencengangkan. Nama maraton itu sendiri berasal dari legenda pheidippides yang merupakan seorang prajurit Yunani dikirim dari kota Marathon, Yunani ke Athena untuk mengumumkan bahwa bangsa Persia telah dikalahkan pada Pertempuran Marathon. Dikisahkan bahwa ia berlari tanpa berhenti, tetapi meninggal begitu berhasil menyampaikan pesannya tersebut. Hingga saat ini, lari maraton menjadi ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya (offroad).

Dikarenakan menggerakan seluruh anggota tubuh, maraton merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan usaha luar biasa sehingga sangat praktis dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan bahwa lari maraton termasuk lari jarak jauh, maka saat ingin melakukan lari maraton ini dibutuhkan ketahanan fisik yang baik agar bisa menuntaskan perlombaan ini.

Manfaat Lari Maraton

Sama seperti olahraga lainnya, lari maraton juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Apa saja ya kira-kira? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Membakar Kalori

Ada banyak olahraga yang bermanfaat untuk membakar kalori dan salah satunya adalah lari maraton. Selama ini, lari memang sudah dikenal sebagai olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang sangat efektif. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk melakukan salah satu cabang lari ini sebab bisa membakar kalori sangat cepat sehingga bisa menurunkan berat badan Anda dengan efektif.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bukan hanya untuk membakar kalori saja, maraton juga sangat baik untuk melatih jantung dan peredaran darah bisa bekerja lebih baik. Jantung yang selalu terlatih ini nantinya juga akan meningkatkan kekuatan jantung sehingga terhindar dari berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung.

Menguatkan Otot dan Tulang Kaki

Seseorang yang rajin berlari biasanya memiliki otot dan tulang kaki yang kuat. Hal ini dikarenakan pada saat seseorang sedang berlari, maka kaki akan menjadi tumpuan beban sekaligus pusat dari semua gerakan yang dilakukan tubuh. Gerakan-gerakan yang terjadi pada kaki tersebut secara konstan nantinya bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot sekaligus juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Meningkatkan Kinerja Pernapasan

Pada saat sedang berlari, biasanya pernapasan menjadi semakin terasa berat. Namun, sebenarnya hal tersebut sangat berguna untuk meningkatkan pernapasan agar semakin baik. Sebab, berlari mengharuskan Anda untuk bisa mengatur pernapasan apalagi lari maraton dengan jarak yang cukup jauh yang membutuhkan waktu serta napas yang lebih lama. Manfaatnya cukup simpel, tetapi sangat penting, yaitu untuk memberikan kekuatan pada paru-paru dan mengatur tempo nafpas lebih baik sekaligus membuat sistem pernapasan semakin optimal.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari lari maraton adalah meningkatkan metabolisme. Ketika berlari, secara tidak langsung tubuh akan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda. Sekaligus meningkatkan produksi zat baik yang bisa melindungi tubuh dari segala macam jenis virus penyebab penyakit. Jika Anda teratur melakukan olahraga ini, maka sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dan tentunya meminimalisir risiko terserang penyakit.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika Anda sulit untuk tidur pada malam hari, olahraga lari khususnya maraton bisa menyembuhkan Anda dari insomnia. Pasalnya setelah melakukan maraton, maka tubuh akan merasa lelah sehingga membutuhkan istirahat lebih banyak. Kebutuhan biologis tubuh tersebut nantinya akan membuat seluruh organ tubuh bisa beristirahat lebih baik sekaligus meningkatkan kualitas tidur menjadi jadi lebih nyenyak.

Baca juga: Dampak Buruk dari Susah Tidur yang Harus Dihilangkan!

Menurunkan Risiko Diabetes

Gula merupakan salah satu sumber energi yang ada dalam tubuh. Namun jika terlalu banyak bahkan hingga menumpuk bukan lagi menjadi sumber energi melainkan berubah menjadi penyakit, yaitu risiko diabetes. Lari maraton sangat membutuhkan banyak energi sehingga tubuh nantinya akan membakar gula sekaligus lemak sebagai sumber kalori saat berlari. Dengan begitu, secara tidak langsung kadar gula akan menurun dan risiko terkena diabetes juga bisa diturunkan.

Menurunkan Risiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga menjadi musuh yang harus dibasmi oleh semua orang. Meskipun sudah melakukan pengobatan, tetapi olahraga khususnya lari bisa menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung dan juga sirkulasi darah sehingga tekanan darah akan kembali normal serta terjaga dengan baik.

Meningkatkan Suasana Hati

Saat Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang menyebabkan perasaan bahagia. Setelah lari maraton usai, stres yang Anda rasakan pun bisa menguap, berganti dengan perasaan senang dan bahkan percaya diri.

Baca juga: 5 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh Anda

Di balik banyaknya manfaat dari lari marathon, tentu Anda termotivasi untuk melakukannya agar tubuh menjadi lebih sehat. Namun, kenyataannya tidak semua orang memiliki fisik yang kuat untuk bisa melakukan olahraga berat tersebut. Hal ini dikarenakan maraton memerlukan paru-paru dan juga jantung yang optimal untuk mengambil dan juga menghembuskan oksigen dan tidak semua orang memiliki kapasitas yang sama.

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan olahraga ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah paru-paru dan jantung Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukannya. Pasalnya, jika Anda melakukan tanpa anjuran dokter, akan berakibat fatal untuk tubuh dan kesehatan Anda.

Comments are closed.