7 Langkah Mudah Menambah Penghasilan Bulanan

Lifestyle & Leisure

Jika membicarakan pengeluaran tidak akan ada habisnya. Selalu saja ada pengeluaran baru setiap bulannya. Oleh karena itu, tidak sedikit dari Anda yang mencari cara supaya bisa menambah penghasilan bulanan secara cepat.

Sering kali, kita merasa bahwa penghasilan yang diperoleh setiap bulannya ini masih saja kurang untuk memenuhi kebutuhan. Padahal, kebutuhan yang harus dipenuhi semakin banyak setiap bulannya, sedangkan penghasilan yang diperoleh tetap segitu. Bahkan pengeluaran bisa lebih besar dibandingkan penghasilan yang diperoleh. Hal ini tidak boleh terjadi. Anda harus berputar otak supaya kondisi tersebut tidak terus menurus menghantui Anda.

cara menambah penghasilan

Cara utama yang harus Anda lakukan supaya pengeluaran bisa stabil adalah menyortir kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan. Jangan terlalu mengikuti keinginan Anda, karena belum tentu keinginan tersebut merupakan sesuatu yang sedang Anda butuhkan. Jika cara ini tidak berhasil dan pengeluaran tetap besar, cara lainnya, yaitu harus menambah penghasilan bulanan Anda. Apa saja sih tipnya supaya bisa menambah penghasilan bulanan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Merencanakan Bisnis Sampingan? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Cara Jitu Menambah Penghasilan

Mencari Pekerjaan Tambahan

Cara cepat supaya bisa menambah penghasilan bulanan adalah dengan mencari pekerjaan tambahan. Namun, untuk hal ini Anda kondisikan terlebih dahulu dengan pekerjaan yang sekarang. Apakah pekerjaan Anda bisa menunjang untuk mencari pekerjaan tambahan atau tidak. Anda juga harus mengetahui kemampuan yang dimiliki. Misalnya Anda suka menulis, bisa saja Anda pilih pekerjaan tambahan sebagai freelance content writer di perusahaan media atau sejenisnya. Biasanya selain itu, jika Anda tertarik dengan dunia event, Anda bisa lho freelance ke perusahaan event organizer atau wedding organizer. Biasanya untuk pekerjaan ini hanya dilakukan ketika ada event saja dan seringnya di akhir pekan. Namun, meskipun begitu penghasilan yang bisa Anda peroleh lumayan untuk menambah penghasilan bulanan.

Membuka Bisnis

Jika Anda memiliki tabungan, tidak ada salahnya tabungan tersebut digunakan sebagai modal untuk membuka bisnis. Tidak perlu bisnis yang besar. Anda bisa memulai dengan jualan kecil-kecilan melalui media sosial (online) atau ikut berbagai macam bazaar. Namun, sebelum memulai bisnis ada baiknya Anda survei pasar terlebih dahulu. Maksudnya survei pasar ini, Anda harus tahu barang atau produk apa yang sedang banyak dicari oleh masyarakat atau sesuatu yang unik dan belum banyak dijual oleh orang lain. Berjualan secara online ini juga tidak membutuhkan modal banyak lho.

cara menambah penghasilan

Melalu media sosial, Anda bisa leluasa dan gratis menawarkan barang dagangan. Anda juga bisa melakukan sistem PO (pre-order) dengan membayar terlebih dahulu baru barang tersebut diantar. Dengan begitu, uang tersebut bisa Anda gunakan sebagai modal tambahan. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti bazaar-bazaar dari suatu acara. Penghasilan yang dapat dari bazaar ini cukup menjanjikan juga, lho. Tidak perlu malu untuk berjualan, karena tidak sedikit orang yang sukses melakukan cara ini dan bisa menambah penghasilan bulanan. Bahkan pendapatan dari jualan ini melebihi penghasilan yang diperoleh di perusahaan. Apakah Anda tidak tergiur dengan ini?

Minta Kenaikkan Gaji

Cara selanjutnya supaya bisa menambah penghasilan bulanan dengan nego kepada perusahaan Anda sekarang untuk dinaikan gajinya. Untuk cara ini dibutuhkan pemikiran dan proses yang matang. Maksudnya, jangan sesuka hati meminta naik gaji tanpa ada perhitungan yang jelas. Jika Anda langsung meminta naikkan gaji tanpa ada unsur-unsur penunjangnya, tentu perusahaan tidak akan mengabulkan permohonann tersebut. Anda harus memikirkan hal-hal yang bisa membantu Anda supaya gaji bisa naik. Contohnya, kontribusi apa saja yang sudah Anda berikan untuk perusahaan sehingga gaji Anda harus dinaikkan. Jika alasan Anda masuk akal, tentunya perusahaan juga akan mempertimbangkan pemohonan Anda tersebut.

Mengurangi Pengeluaran Tidak Penting

Pengeluaran yang tidak penting atau tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan oleh Anda dalam kehidupan sehari-hari. Kalau Anda sering menghamburkan uang untuk makan, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan Anda, bukan?

Baca juga: Daftar GO-JEK Bisa Via SMS, Bagaimana Caranya?

Menabung Sisa Uang Receh

Saat Anda membayar untuk makan siang di kantin atau belanja kudapan di supermarket, sering kali Anda mendapat kembalian dalam bentuk receh. Mungkin dahulu Anda mengabaikan uang receh tersebut dan menyimpannya di sembarang tempat. Namun, jika Anda pikirkan kembali, uang receh ini sangat berguna jika Anda merasa tidak memiliki uang. Uang receh ini bisa dipakai untuk membiayai kebutuhan Anda sehari-hari. Jadi, mulai saat ini, kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol stoples. Anda akan terkejut sendiri berapa jumlah yang berhasil Anda kumpulkan dalam satu tahun.

Jual Barang yang Tidak Dipakai

cara menambah penghasilan

Mulailah memilah barang-barang Anda ke dalam tiga kategori, yakni terpakai, mungkin terpakai, dan tidak terpakai. Barang-barang tersebut bisa berupa alat rias, jam tangan, ataupun gawai yang sudah lama tak digunakan. Daripada menumpuk di rumah, lebih baik dijual kembali dan menghasilkan uang. Anda bisa menyimpan barang terpakai dan mungkin terpakai.

Baca juga: PNS Tetap Menjadi Daya Tarik Generasi Milenial

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Menjadi Pelatih Kebugaran Pribadi

Jika Anda mengerti kebugaran, Anda bisa menjadi pelatih pribadi. Orang-orang rela membayar pelatih pribadi untuk menjaga kesehatan mereka. Anda bisa menjadi pendamping untuk menjaga nutrisi makanan dan juga untuk olah tubuh seperti yoga dan gym.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda mendapatkan dana tambahan dan bisa memberikan kehidupan yang lebih layak lagi. Semangat mencoba!

Comments are closed.