Mengupas Habis Kinerja dari Perusahaan Jasa Pengiriman Barang

Lifestyle & Leisure

Jasa pengiriman barang menjadi satu-satunya pilihan untuk mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat yang dituju tanpa harus Anda melakukan perjalanan sendiri.

Semenjak maraknya pembelian barang-barang melalui situs online, semakin banyak juga bermunculan perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa untuk pengiriman barang-barang yang dijual di situs belanja online. Padahal, jasa ekspedisi sudah ada sejak dulu sebelum munculnya kegiatan belanja online. Perusahaan Jasa Pengiriman merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang layanan pengiriman, yang dalam hal ini adalah pengiriman barang. Telah kita ketahui, bahwa proses ini memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Barang-barang yang bisa dikirim melalui jasa ini sangat beragam, mulai dari dokumen, perabotan rumah tangga, dan lain-lainnya. Meskipun sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi, baik itu berupa CV ataupun PT, tetap Anda harus mengetahui kelegalitasan dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan yang “bodong” pasti memiliki surat izin untuk mendirikan dan menjalankan usaha sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Baca juga: Melihat Lebih Dalam Seputar Kategori Perusahaan Multifinance

Fakta Jasa Ekspedisi Barang

Jasa kirim barang dari tempat satu ke tempat berikutnya memang benar terjadi. Berikut ini fakta yang bisa terjadi dikarenakan beberapa hal sebagai berikut ini:

  1. Terdapat transaksi jual beli barang.
  2. Adanya kebutuhan barang di suatu tempat.
  3. Mengisi kebutuhan stok barang di lokasi yang lainnya.

Metode-metode Jasa Pengiriman Barang

Selain itu, dibutuhkan juga suatu metode untuk dapat memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Berikut ini metode-motode yang biasa digunakan:

  1. Melakukan pemindahan menggunakan tenaga manusia.
  2. Melakukan pemindahan menggunakan teknologi atau alat yang telah diciptakan oleh manusia, seperti mobil, gerobak, truk, kereta api, dan lain-lain.
  3. Alat yang digunakan untuk memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya dikenal sebagai alat transportasi. Sementara moda yang dipakai untuk memindahkan barangnya dapat melalui darat, laut, hingga udara. Baik itu pengiriman antar kota, hingga ke antar negara.

Memahami Asuransi Jasa Pengiriman Barang

Setiap jasa tersebut pasti sudah dilengkapi dengan asuransi untuk menjadi pelindung jika terjadi sesuatu pada barang tersebut. Asuransi pengangkutan barang adalah suatu upaya atau bentuk pertanggungan yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian maupun kerusakan atau kehilangan keuntungan yang terjadi atas barang-barang yang di kirim.

Baca juga: 4 Trik Menilai Kinerja Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan

Mengapa Asuransi Pengangkutan Barang Diperlukan?

Pada mulanya mungkin Anda berpendapat bahwa barang yang ingin dikirim melalui ekspedisi atau perusahaan transportasi, menjadi penanggung jawab jika barang yang dikirim mengalami kerusakan atau kehiilangan.

Namun, pada kenyataannya pihak ekspedisi kebal terhadap segala tuntutan kerugian yang disebabkan atau ditimbulkan karena adanya bahaya-bahaya yang bersifat accidental. Adapun aturan organda menyebutkan, biaya ganti rugi hanya 10 kali dari total biaya pengiriman.

Oleh karena itu pihak yang ingin mengirim baranglah yang harus mengurus mengenai jaminan terhadap barangnya. Adapun pengelompokan asuransi pengangkutan barang antara lain:

Asuransi Pengangkutan Laut

Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya laut yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui laut.

Asuransi Pengangkutan Udara

Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya udara yang bersifat accidental yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui udara.

Asuransi Pengangkutan Darat

Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya darat yang bersifat accidental yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui darat.

Selain dari jenis pengangkutan, perlu diperhatikan bahwa asuransi pengiriman barang memiliki tipe-tipe perlindungan ganti rugi yang berbeda. Biasanya hal ini berdasarkan oleh jenis barang dan juga lokasi yang dituju, contohnya Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan kota-kota lainnya.

Baca juga: Yuk Mengenal Bisnis Multi Level Marketing

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Apa Saja Jaminan Asuransi Pengiriman Barang?

ACC-A / Klausa A

Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang paling luas.

ACC-B / Klausa B

Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-A.

ACC-C / Klausa C

Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-B.

Pastikan ketika memilih asuransi barang untuk teliti melihat perbedaan klausa A, B dan C dari perusahaan asuransi kargo atau pengiriman.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Pengiriman Barang

Lalu, setelah Anda mengetahui lebih banyak mengenai jasa perusahaan ekspedisi dari berbagai informasi di atas apa lagi yang harus Anda lakukan? Sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang bisa Anda pilih, lantas bagaimana cara memilihnya? Kualitas apa saja yang harus Anda perhatikan? Beberapa tip di bawah ini bisa jadi acuan Anda:

Perhatikan Jangkauan Pengiriman

Sebelum mengirim barang, Anda tentu sudah punya lokasi yang ingin dituju. Apabila Anda memang sering sekali menggunakan jasa ini ada baiknya Anda mengetahui jangkauan dari penyedia jasa tersebut. Jangkauan pelayanan ini memang menjadi kunci utama dalam ketepatan pengiriman.

Perlu Anda ketahui, tidak semua penyedia jasa mampu menjangkau semua wilayah. Maka, cakupan yang luasa dan jangkauan pengiriman ini akan menjadi penting sebagai pertimbangan Anda.

Pilih yang Memberikan Asuransi dan Jaminan

Barang apa pun yang Anda kirimkan tentu saja memiliki nilai tersendiri bagi Anda dan juga penerima barang. Tidak menutup kemungkinan bila di dalam perjalanan pengiriman ini barang yang Anda kirim mengalami kerusakan atau hilang akibat kekeliruan yang dilakukan oleh penyedia jasa ekspedisi.

Maka, ketika hal ini terjadi. Bila sebelumnya Anda sudah mengecek perihal asuransi dan jaminan, penyedia jasa ekspedisi bisa mengganti barang tersebut sebagai bentuk tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak jasa ekspedisi tersebut.

Customer Service Mudah Dihubungi

Apa fungsi customer service? Bila pertama kali Anda menggunakan jasa ini, tentu saja Anda akan punya banyak pertanyaan. Kemudahan layanan untuk menghubungi customer service ini akan menjadi keuntungan bagi Anda. Pertama, Anda akan mudah mendapatkan berbagai informasi yang ingin langsung Anda tanyakan. Kedua, bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Anda bisa cepat melakukan komplain.

Oh ya, kualitas lain yang menandakan bahwa jasa pengiriman barang tersebut adalah bagus atau berkualitas adalah kemudahan untuk menguhubungi customer service. Sebab dengan begitu penyedia jasa membuktikan tanggung jawabnya dan membuka komunikasi dengan konsumennya.

Akses Tracking

Sekarang ini semua sistem diharapkan bisa berjalan secara digital. Akses tracking ini akan memudahkan Anda untuk memantau proses pengiriman barang. Anda sebagai pengirim atau rekan Anda sebagai penerima nantinya bisa langsung mengecek status barang.

Comments are closed.