Meskipun Sibuk Kerja, Jangan Lupakan Ini ya!

Lifestyle & Leisure

Tidak ada yang melarang untuk Anda sibuk kerja demi target yang ingin capai. Namun, perlu dingat bahwa kesibukan yang sedang dijalani saat ini jangan sampai mengabaikan hal-hal penting lainnya yang ada di dalam kehidupan Anda.

Bagi sebagian orang, karier merupakan prioritas utama yang harus dijalani. Meniti karier setinggi-tingginya menjadi suatu keharusan yang perlu dicapai. Demi mencapai itu semua, tidak heran jika mereka lebih memilih untuk sibuk kerja sampai lupa waktu. Tidak bisa dipungkiri memang dengan karier yang cemerlang, semua hal yang diinginkan bisa terwujud.

Sebenarnya, pernyataan dari “terwujud” itu hanya hal-hal yang bersifat materi saja. Seperti, Anda bisa membeli rumah dan mobil impian dari hasil karier yang dijalankan. Contoh lain, Anda bisa menghidupi keluarga dengan fasilitas yang enak, dan sebagainya. Di luar itu, apakah karier bisa tetap dijadikan sebagai pondasi untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia? Jawabannya tentu tidak. Bahkan karier bisa menjadi boomerang untuk kehidupan Anda sendiri.

Sibuk kerja untuk mencapai karir yang diinginkan memang suatu proses yang harus dilakukan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang memberikan seluruh waktunya untuk pekerjaan sampai lupa dengan dunianya yang lain. Tentu ini cara yang sangat salah dan secepatnya harus dihilangkan. Boleh saja sibuk bekerja, asalkan tidak melupakan hal-hal di bawah ini ya!

[quads id=7]

Menjaga Kesehatan

Anda pernah mengalami, saking asyiknya bekerja sampai lupa makan? Jika iya, kondisi tentu tidak boleh berlarut terlalu lama. Sebab, jika dilakukan terus menerus akan berakibat fatal pada kesehatan tubuh Anda. Jika sudah sakit, siapa yang dirugikan? Tentu diri Anda sendiri. Hanya karena tidak bisa menjaga kesehatan, pekerjaan Anda menjadi terganggu, karier yang selama ini diperjuangkan bisa saja terancam gagal. Perlu ditanamkan dalam benak Anda bahwa kesehatan adalah prioritas utama dalam hidup. Jika tubuh Anda sehat, apa pun yang ingin dilakukan pasti akan tercapai, tidak menutup kemungkinan karir yang gemilang.  Lalu, bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat meskipun sibuk kerja? Berikut ini ulasannya!

Tidur Minimal 6 Hingga 7 Jam Dalam Sehari

Memberikan tubuh untuk beristirahat yang cukup menjadi pilihan bijak untuk diri Anda sendiri. Meksipun Anda sibuk bekerja karena dikejar tenggat, tetapi jangan pernah lupa untuk membiasakan tidur minimal 6-7 jam per hari. Sebab, jika Anda kurang tidur, bisa menyebabkan banyak faktor, seperti kurangnya konsentrasi, tubuh dalam keadaan tidak fit, dan mudahnya bakteri masuk ke dalam tubuh. Pastikan setiap harinya tidur Anda cukup karena tidur akan membuat Anda lebih siap menghadapi pekerjaan.

Sarapan Sehat

Sesibuk apa pun Ada bekerja, tetap jangan pernah lupa untuk mengutamakan sarapan. Sarapan akan memberikan energi yang Anda butuhkan untuk berperang dengan pekerjaan. Namun, ingat sarapannya pun harus yang sehat ya, seperti mengonsumsi buah-buahan, oatmeal, susu, roti, dan lain sebagainya.

Mengatur Pola Makan

Cara yang ini termasuk sulit dilakukan bila Anda terlalu sibuk bekerja. Jangankan mengonsumsi makanan yang sehat, makan tepat waktu saja mungkin sulit menjadi rutinitas karena seringkali diabaikan. Tidak masalah sibuk bekerja asalkan Anda bisa mengatur pola makan yang benar. Contohnya, jangan menunda waktu makan, memilih menu makanan yang sehat dan juga segar. Jika pola makan Anda tetap teratur, percayalah kesehatan tetap terjaga meskipun sibuk bekerja.

Minum Banyak Air Mineral

Selain mengatur pola makan, jangan pernah lupa juga untuk mengonsumsi air mineral. Pastikan Anda mengonsumsi air mineral minimal delapan gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, tubuh yang terhidrasi akan menjaga konsentrasi Anda lebih baik.

Kebahagiaan Keluarga

Memiliki tuntutan untuk menghidupi keluarga, menjadi alasan seseorang untuk terus giat bekerja sehingga melupakan hal penting lainnya. Memang uang menjadi hal yang sangat penting, tetapi nyatanya kebahagian keluarga itu bukan hanya didasari dari uang saja, tetapi perhatian dan kasih sayang Anda sangat dibutuhkan. Sesuatu yang tidak bisa ditukar dan mutlak Anda butuhkan adalah keluarga. Oleh karena itu, jangan sampai kesibukan Anda, mengganggu waktu bersama keluarga. Sesibuk Anda bekerja, jangan sampai melupakan bahwa ada keluarga di rumah yang menanti dan menunggu Anda untuk pulang. Perlu diingat, Anda yang belum berkeluarga bukan berarti mengabaikan hal ini karena masih ada orangtua dan juga saudara yang menanti kehadiran Anda.

Memberikan kebahagian untuk keluarga sebenarnya tidak sulit. Berikan waktu Anda sedikit, baik itu hanya untuk sekadar sarapan dan makan malam bersama, pasti keluarga sudah sangat senang. Namun, jika Anda memiliki waktu yang lebih luang, tidak ada salahnya mengajak mereka untuk piknik dan berlibur agar keharmonisan keluarga tetap terjalin meskipun Anda sibuk kerja.

Me Time

Jangan hanya mencari uangnya saja, tetapi Anda juga harus menikmati hasil jerih payah yang selama ini dilakukan. Salah satu yang bisa lakukan adalah dengan mencari waktu yang pas untuk Anda gunakan sebagai hari bebas dari rutinitas sehari-hari. Misalnya, Anda bisa mengambil cuti dan berlibur ke destinasi yang sudah didambakan. Jika dirasa tidak bisa mengambil cuti, Anda gunakan hari libur untuk memanjakan diri ke salon atau sekadar nonton film favorit. Otak Anda juga butuh istirahat agar pikiran menjadi lebih fresh dan siap untuk melanjutkan segudang aktivitas. Tidak ada salahnya bukan membahagiakan diri sendiri dari hasil yang sudah diperjuangkan hingga saat ini?

Memiliki waktu 24 jam dan sebagian waktu yang dimiliki habis untuk mengurusi pekerjaan memang suatu hal yang harus diterima oleh Anda sebagai pekerja. Karier yang gemilang tentu saja dambaan, namun kesehatan diri tetap utama. Ada banyak orang terdekat yang tentunya akan khawatir bila Anda menderita gangguan kesehatan. Dan tentunya, ada banyak orang terdekat juga yang ingin menghabiskan waktunya bersama Anda di rumah. Namun, sebanyak dan sesibuk apa pun perkerjaan Anda tentu tidak boleh melupakan faktor yang lain ya. Sebab, karier Anda akan berjalan dengan lancar jika diimbangi dengan hal-hal di atas.

Comments are closed.