10 Fakta Mr Bean yang Mungkin Belum Banyak Orang Tahu

Lifestyle & Leisure

Walau hanya digarap sebanyak 18 episode, serial komedi Mr Bean sukses mendunia. Tak ayal serial ini terus melekat dalam ingatan penggemar beratnya hingga kini.

Siapa yang tidak tahu dengan karakter serial barat satu ini, Mr Bean yang sudah tayang semenjak 1 Januari 1990 menjadi film komedi terkenal di dunia. Diperankan oleh Rowan Atkinson, ide serial komedi ini pertama kali tercetus oleh Rowan sejak dirinya masih kuliah di Oxford University. Siapa sangka ternyata serial ini baru terealisasi setelah satu dekade hanya dalam bentuk konsep.

Baca juga: Prestasi BJ Habibie Hingga Mobil Mewahnya

Fakta-fakta Menarik Karakter Unik Mr Bean

Karakter pemerannya yang divisualisasikan dengan jas dan celana cokelat serta dasi yang berwarna merah, secara pas melekat pada gaya yang diusung karakter ini. Karakter lucu ini digambarkan berteman dengan boneka beruang yang bernama Teddy dan sangat sayang pada mobil hijaunya. Selain fakta yang tadi disebutkan, berikut ini fakta menarik lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Berkebalikan dengan Karakter yang Ia Perankan, Atkinson Adalah Orang Berpendidikan

Lahir pada 6 Januari 1955, Rowan Atkinson lulus dari Newcastle University sebagai sarjana teknik elektro. Ia kemudian lanjut ke Oxford University untuk menempuh jenjang master dari studi yang sama. Dari Oxford juga, ia menjadi anggota kehormatan tahun 2006.

Atkinson Sudah Terkenal Sebelumnya

profil mr bean

Sebelum berperan menjadi Bean, Atkinson sudah membintangi beberapa film dan serial televisi. Ia tampil di film James Bond, Never Say Never Again (1983) dan tampil di film pendek pemenang Oscar The Appointments of Dennis Jennings (1988).

Namun perannya dalam sitkom Not the Nine O’Clock News (1979-1982) yang membuatnya menjadi terkenal. Sitkom ini bertema komedi satir tentang berita teraktual, kultur pop, hingga memparodikan video dan lagu-lagu.

Hanya 18 Serial yang Pernah Diproduksi

Walaupun serialnya terkenal di seluruh dunia, hanya 18 episode yang pernah diproduksi. Fakta inilah yang sulit untuk diterima, bahkan untuk fans beratnya sekalipun. Episode pertama mengudara pada 1 Januari 1990 dengan judul Mr Bean, salah satu adegan dalam episode ini adalah saat ia berusaha untuk tetap terjaga di gereja dan mengganggu bapak-bapak di sebelahnya.

Sementara episode terakhirnya mengudara pada 15 Desember 1995 dengan judul The Best Bits of Mr Bean. Dalam episode ini, karakter lucu ini mengingat-ngingat kembali petualangan masa lalunya, dari mulai janji bertemu dengan dokter gigi sampai mobilnya yang hancur dilindas tank.

Serialnya Diputar di Lebih dari 200 Negara

Serial ini terkenal dengan humornya yang mengandalkan lelucon bersifat fisik, bukan narasi. Ini membuatnya sangat universal sehingga orang-orang dari berbagai negara masih bisa ikut tertawa.

“Kayaknya enggak ada negara di seluruh dunia ini, setidaknya yang pernah aku kunjungi atau yang pernah aku dengar, yang tidak mengerti dan tidak menikmati karakter ini,” kata Atkinson pada BBC. “Kupikir itu karena karakter ini pada dasarnya adalah seorang anak yang terjebak dalam tubuh pria dewasa.”

Atkinson Mengandalkan Wajahnya

sejarah mr bean

Walaupun mengudara pada tahun 1990, Atkinson sudah mengembangkan karakter ini jauh sebelum itu. Saat ia sedang menempuh pascasarjana teknik elektro di Oxford, Atkinson disuruh menulis naskah pertunjukan untuk Oxford Playhouse.

“Basisku awalnya bukan menulis, jadi pada waktu itu aku hanya berdiri di depan cermin dan mulai menggila dengan wajahku. Lalu karakter aneh, surealis, yang tidak berbicara ini pun lahir,” ujar Atkinson dalam The Story of Mr Bean, salah satu bagian dari DVD The Whole Bean. DVD ini dirilis sebagai perayaan 25 tahun serial ini.

Lalu pada hari pertunjukan, Atkinson bermain dengan ekspresi wajahnya. “Aku enggak yakin aku sedang bercerita apa pada waktu itu, atau pun masuk logika atau enggak, tapi aku melakukan yang terbaik dan tentunya ada yang tertawa.”

Baca juga: Ini Mobil Presiden Indonesia dari Era Soekarno Hingga Joko Widodo

Terinspirasi dari Film Bisu

Sifat film bisu sebenarnya memang bisa dilihat dari karakter ini. Keterbatasan suara membuatnya mengerahkan sebagian besar ide untuk memaksimalkan faktor visual, terutama yang bersifat fisik.

Atkinson beberapa kali merujuk pada Jacques Tati, komedian Prancis sebagai inspirasi utamanya. “Ketertarikanku untuk komedi yang bersifat fisik dimulai saat aku menemukan film Jacques Tati yang berjudul Mr. Hulot’s Holiday,” kata Atkinson. “Aku terpesona karena karakternya yang lucu dan keras kepala.”

Awalnya Memiliki Nama yang berbeda

Karakter ini sebenarnya baru ditentukan sesaat sebelum serial ini mengudara. Awalnya ia dinamakan Mr White, lalu para penanggung jawab acara mulai mengusulkan secara acak nama-nama sayuran sebelum hampir memutuskan Mr Cauliflower atau kembang kol sebagai nama. Untung saja pada akhirnya dinamakan Bean yang dipakai sebagai nama karakternya. Tak terbayangkan jika sampai hari ini kita memanggilnya dengan sebutan Mr Cauliflower.

Karakter yang Anarkis

Anarkis di sini bukan berarti vandalis atau rusuh seperti yang sudah sering kita dengar. Tapi, anarkis menolak segala bentuk otoritas atau institusi yang bersifat hierarki.

Dalam wawancaranya dengan IGN tahun 2003, Atkinson menyebut karakter ini “secara alamiah seorang anarkis. Tetapi di waktu yang sama, ia adalah karakter yang sangat-sangat mandiri karena dia mawas diri dan begitu egois serta memiliki sifat ke-aku-an yang tinggi sehingga enggak ada kebutuhan khusus untuk menempatkan orang lain agar suatu adegan menjadi lucu.”

Atkinson Sempat Ingin Pensiun

mr bean pensiun

Atkinson sudah membintangi puluhan judul film dan serial televisi sepanjang hidupnya, namun tak ada yang membuatnya begitu populer selain perannya sebagai Bean.

Dalam wawancaranya dengan The Telegraph pada November 2012 lalu, Atkinson mengakui bahwa peran teranyarnya tersebut akan berakhir. “Karakter Bean sudah menjadi kesuksesan untukku. Semakin sekarang aku semakin berpikir bahwa aku akan mulai untuk menguranginya,” ujarnya. “Terlepas dari fakta bahwa kondisi fisikku yang mulai menurun, kupikir juga fakta bahwa berperilaku kekanak-kanakan saat usiamu sudah menginjak umur 50-an terlihat menyedihkan.”

Namun dalam wawancaranya pada Radio Times pada 21 Maret 2016 lalu, ia membantah kabar tersebut. “Aku enggak akan pernah mengucapkan selamat tinggal pada karakter apapun yang kuperankan—aku pikir aku masih bisa memerankan Bean, hanya mungkin ada beberapa perbedaan,” ujarnya.

Baca  juga: Deddy Corbuzier: Disleksia Hingga Koleksi Mobil Mewah

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Atkinson Penggila Mobil

Selain Teddy, boneka beruang teman setianya, karakter ini juga sangat mencintai mobil hijau British Leyland Mini 1000 Mark 3 keluaran 1976-nya. Ternyata Atkinson memang di dunia nyata juga seorang penggila mobil.

Ia punya banyak koleksi mobil, di antaranya McLaren F1 (yang sudah ia lelang), Renault 5 GT Turbo, Austin Metro, Skoda Superb, Audi A8, dan Honda Civic Hybrid. Atkinson sangat menggemari balapan. Dia pernah ikut lomba balap dengan mengendarai mobil Aston Martin V8 Zagato dan mengalami kecelakaan, tapi syukurnya tidak ada luka.

Karakternya yang lucu membuat siapa saja tertarik untuk menonton serial komedi ini hingga usai, 18 episode sepertinya bisa habis ditonton hanya dalam sehari saja. Apakah Anda salah satu penggemar berat serial ini?

Comments are closed.