Musik Klasik, Jenis Musik dengan Segudang Manfaat

Lifestyle & Leisure

Banyaknya jenis musik baru tak membuat musik klasik ditinggalkan oleh banyak orang. Sebab, banyak sekali manfaat dari mendengarkan musik satu ini.

Setiap orang pasti suka atau setidaknya pernah mendengarkan musik, termasuk Anda, kan? Memang, bisa dibilang, musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Sebab, musik bisa jadi penyemangat orang dalam memulai aktivitas. Musik juga dapat mewakilkan isi hati seseorang, baik itu bahagia, sedih, dan juga marah. Tak jarang orang-orang meluapkan perasaannya dengan mendengarkan musik sesuai kondisi yang dirasakan saat itu. Tak heran jika musik memiliki beragam jenis.

Bahkan, seiring berjalannya waktu, jenis musik pun semakin bertambah, contohnya adalah aliran electronic dance music atau biasa disingkat EDM yang merupakan perkembangan dari musik disko atau musik yang digunakan untuk bergerak bebas meluapkan penat di atas lantai dansa. Meskipun jenis musik semakin banyak, nyatanya tak sedikit orang yang lebih memilih untuk mendengarkan musik-musik lawas. Bahkan, lebih jauh lagi, banyak orang yang sampai saat ini tak bisa lepas dari musik klasik.

Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21. Umumnya, musik ini tak memiliki lirik seperti lagu-lagu yang ada di era sekarang ini. Musik satu ini lebih mengedepankan instrumental piano serta orkestra untuk menyampaikan pesan dan rasa dari lagu tersebut.

Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik, tentu Anda pernah mendengarkan sebagian dari sekian banyak lagu-lagu dari era musik klasik.

Musik klasik merupakan cikal bakal lahirnya maestro musik di era terdahulu. Banyak sekali musisi yang namanya melegenda karena membawakan atau menciptakan musik tersebut. Hebatnya, musik yang mereka bawakan jauh sebelum lahirnya berbagai jenis musik ini masih bertahan dan memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat musik di era modern.

Mari kita segarkan pikiran kita sejenak dengan melihat maestro musik klasik yang karyanya masih sangat bermanfaat dan didengarkan oleh orang-orang modern berikut ini!

Maestro Musik Klasik

Ludwig van Beethoven

Bisa dibilang, Ludwig van Beethoven adalah tokoh paling menonjol dalam masa transisi antara periode Klasik dan Romantis. Ia merupakan salah satu komposer sekaligus pianis musik klasik paling berpengaruh di dunia sepanjang masa. Satu hal yang paling melekat di benak setiap orang tentang dirinya tak lain adalah ia memiliki kekurangan pada bagian pendengaran alias tuli. Meskipun begitu, ia tetap bisa melahirkan karya-karya hebat dan melegenda serta sering kali didengarkan bahkan dibawakan ulang oleh musisi di era modern. Karya terkenal yang lahir dari tangan seorang Ludwig van Beethoven di antaranya adalah Sonata No. 14 (Moonlight Sonata), Symphony ke 5, Symphony 6, Bagatelle No. 25 (Für Elise), dan Piano Concerto No. 5 di E-flat major, Op.73.

Johann Sebastian Bach

Jerman memang dikaruniai banyak musisi hebat di era musik klasik. Tak hanya Ludwig van Beethoven, negara satu ini juga punya maestro musik lainnya, ia adalah Johann Sebastian Bach. Bach merupakan pria yang multitalenta di dunia musik. Ia menguasai berbagai instrumen, seperti piano dan biola. Lewat tangan dinginnya, Bach tercatat memiliki 1100 komposisi. Dari sekian banyak karya hebatnya, beberapa yang jadi legenda antara lain Toccata dan Fugue in D Minor dan Arioso.

Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart adalah komposer dan musisi asal Austria. Kemampuan bermusiknya sudah terlihat sejak Mozart berusia lima tahun. Di umur tersebut, ia sudah menguasai dua instrumen musik klasik paling istimewa, piano dan biola. Hebatnya lagi, Mozart sudah tampil di depan para elit dengan memainkan jemarinya di atas tuts piano klasik. Mozart menyuguhkan lebih dari 600 karya. Beberapa karya Mozart yang paling terkenal dan paling banyak ditampilkan hingga saat ini adalah Requiem, Symphony No. 40, The Magic Flute dan The Marriage of Figaro, Piano Sonata No 16 in C Major, Symphony No. 25, Piano Concerto No. 21, dan Piano Sonata No 11 (MOV 3 – Turkish March). Musik klasik jauh berbeda dengan aliran musik lainnya.

Tak hanya nikmat dan nyaman di dengar telinga. Faktanya, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika rutin mendengarkannya. Bahkan, musik ini dianggap dapat memberikan energi positif baik untuk fisik maupun mental pendengarnya. Berikut ini adalah manfaat mendengarkan musik klasik secara rutin!

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Meningkatkan Respons Fisiologis

Pada saat mendengarkan musik klasik, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke daerah otak, mengaktifkan pusat otonom, kognitif, dan emosional. Selain itu, otak melepaskan dopamin yang merupakan zat kimia yang memengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa manfaat mendengarkan musik klasik memiliki implikasi bagi pemahaman kita tentang gangguan seperti depresi, bipolaritas, dan skizofrenia.

Peningkatan IQ

Sebuah penelitian di era modern menunjukan hasil yang menakjubkan terkait musik klasik. Anak-anak yang rutin mendengarkan dan mempelajarinya menunjukkan kenaikan umum dalam bidang IQ. Hal ini tak terlepas dari kompleksitas musik tersebut yang memaksa otak untuk berpikir lebih dalam untuk dapat mencernanya.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Meningkatkan Daya Ingat

Banyak peneliti mempelajari hubungan antara musik klasik dengan daya ingat manusia. Hasil yang didapat sangatlah mengagumkan, yaitu memiliki efek yang pasti pada perkembangan daya ingat. Musik tersebut dianggap membantu dalam retensi dan belajar keterampilan pendengar. Ketika mendengarkannya, terjadi rangsangan pada jalur otak yang memproses penalaran spasial. Jadi, bisa dibilang, rutin mendengarkan dapat membuat daya ingat seseorang menjadi awet muda atau tidak mudah terserang pikun.

Sejatinya, semua jenis musik itu baik. Namun, musik ini memiliki tempat tersendiri jika dilihat dari segi manfaatnya bagi manusia. Siapa yang rutin mendengar musik klasik hingga saat ini?

Comments are closed.