Nonton Bola Sambil Traveling, Cek Cara Hematnya!

Lifestyle & Leisure

Liburan ke luar negeri sambil nonton bola club kesayangan? Sudah bukan mimpi lagi asalkan Anda mengikuti tip-tip berikut ini.

Nonton bola ke luar negeri itu butuh modal luar biasa banyak. Pengeluaran bisa membuat kantung jebol. Tapi hal ini bisa disiasati supaya pembiayaan tidak begitu berat.

Rencana itu penting. Apalagi jika merencanakan untuk pergi ke luar negeri. Sudah pasti, kematangan dalam membuat rencana sangat diperlukan.

Rencananya ini mencakup seluruh komponen dalam dunia traveling. Komponen ini meliputi transportasi, penginapan, sampai makanan di tempat asing. Kesemuanya wajib direncanakan dan dikalkulasikan tentang berapa besar biayanya.

Apalagi kalau Anda berencana untuk menonton pertandingan sepak bola sambil jalan-jalan. Sudah pasti Anda harus mempertimbangkan biaya pembelian tiket, makanan, camilan, souvenir, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara menghemat biaya?

Baca juga: Pemain Bola Dunia dan Koleksi Kendaraan Mewahnya

Keseruan Nonton Bola di Luar Negeri Secara Langsung

nonton sepak bola

Sepakbola telah menjadi olahraga terpopuler di dunia. Hampir setiap negara memiliki klub-klub besar yang menjadi ikon kebanggaan. Di antaranya menjadi yang terbaik di dunia.

Beberapa klub yang tenar di dunia berasal dari Eropa. Klub-klub Eropa ini telah menancapkan taringnya ke seluruh penjuru dunia. Tentunya dengan memiliki basis pendukung fanatik di hampir setiap negara.

Anda pecinta sepakbola dunia? Jika benar, tentu saja Anda memiliki klub kebanggaan yang datang dari luar negeri. Khususnya klub yang berasal dari Eropa.

Sebagai penggemar setia, kurang lengkap rasanya jika hanya menonton klub kesayangan dari layar kaca. Anda bisa dikatakan sebagai penggemar berat jika pernah datang langsung untuk nonton bola tim kebanggaan. Dan ini sudah banyak dilakukan oleh penggila bola.

Ada keseruan sendiri jika datang langsung ke stadion. Keseruannya jelas bisa bertemu para penggemar sepak bola dari berbagai negara di tempat yang sama. Apalagi jika memiliki ketertarikan yang sama dalam mendukung klub kebanggaan.

Suasana akan haru biru ketika melantunkan yel-yel ataupun lagu di tribun penonton. Suasana tambah syahdu ketika berteriak bersama lantaran pemain bisa mencetak gol. Tentunya, keseruan ini bisa dibagi bersama dengan ribuan pendukung di samping Anda.

Baca juga: Traveling ke Inggris dari London ke Manchester

Cara Terbaik untuk Mendapatkan Tiket Pertandingan

Beberapa penggemar sepakbola dunia rela untuk pergi ribuan kilometer untuk mendukung tim kebanggaan. Baik itu di level domestik, Eropa, maupun dunia. Para penggemar dengan setianya datang untuk memberikan dukungan bagi timnya.

tiket nonton bola

Ketika memutuskan untuk nonton bola di luar negeri, ada baiknya melakukan pembelian tiket terlebih dahulu. Pembelian tiket masuk secara online sangatlah berperan. Setidaknya, Anda telah mendapatkan konfirmasi dari pihak penyelenggara.

Anda pun bisa membelinya saat sampai di stadion. Harga tiketnya memang lebih murah. Namun Anda harus menunggu waktu cukup lama lantaran harus antre dengan pendukung lainnya.

Tetapi, cara terbaik adalah memesannya secara online. Alasannya adalah Anda tidak perlu antre di stadion. Anda pun lebih banyak memiliki kesempatan untuk mendapatkan jatah satu tiket memasuki stadion.

Berbeda jika memutuskan untuk membeli di stadion. Bisa-bisa, Anda kehabisan tiket. Akhirnya, rasanya kecewa ketika tidak kebagian tiket. Padahal, Anda sudah habis-habisan untuk pergi dari rumah sejauh ratusan kilometer.

Baca juga: Tour Eropa Timur: Ini 5 Tempat Wisatanya!

Tip Hemat Ketika Jalan-jalan ke Luar Negeri Sambil Nonton Bola

nonton bola di luar negeri
Normalnya, penggemar sepakbola tidak hanya datang untuk menonton pertandingan saja. Tetapi juga berencana untuk jalan-jalan di sekitar area stadion. Khususnya tempat-tempa wisata yang keren.

Kalau seperti ini, Anda perlu membuat rencana yang matang. Anda bisa mengikuti tip ini sebagai bagian dari rencana untuk melakukan penghematan biaya. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Buat Daftar Tempat yang Akan Dikunjungi

Rencana utama tentu saja datang ke stadion di mana pertandingan akan dilangsungkan. Anda bisa menempatkannya di daftar utama. Kemudian setelahnya, rencanakan mau pergi ke mana sehabis nonton bola.

Di sini, silahkan cari informasi terlebih dahulu di internet. Temukan tempat-tempat paling menarik yang ada di sekitar stadion. Setelah itu, buatlah daftarnya secara urut.

Pesan Penginapan

Selain menemukan informasi tempat menarik sekitar stadion, Anda wajib menemukan sebuah penginapan di sekitar. Anda pastinya butuh waktu berhari-hari ketika berada di luar negeri. Makanya, penginapan juga diperlukan.

Carilah penginapan yang sekiranya menawarkan fasilitas cukup memuaskan. Kemudian, cek harganya. Pastikan, harga yang dipatok tidak melebihi biaya yang Anda anggarkan.

Temukan Restoran/Tempat Makan

Bagian ketiga adalah menemukan sejumlah tempat makan di sekitar stadion ataupun sekitar kawasan wisata. Ada banyak sekali restoran di tempat tersebut. Hanya saja, Anda belum tahu berapa biayanya sekali makan.

Sebelum pergi ke sana, carilah informasi mengenai berapa besar biaya makan di kota yang akan didatangi. Buatlah rata-rata pengeluaran biaya untuk makan dalam sehari. Dengan cara ini, Anda bisa mengeluarkan biaya dengan tepat.

Baca juga: Persiapan Liburan Musim Dingin di Eropa

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Alat Transportasi Umum

Tip yang selanjutnya adalah memilih alat transportasi umum. Di sini, banyak alat transportasi yang siap mengantarkan Anda ke stadion ataupun lokasi wisata. Pastikan untuk memilih mode transportasi yang ringan biaya.

Sebelumnya, cek dulu jenis transportasi yang ada di kawasan tersebut. Pilah-pilah mana yang dianggap terbaik. Kemudian periksa harga standarnya bila mengunjungi satu tempat.

Anda bisa menemukan informasinya secara detail di internet. Cukup ketikkan kata kunci mengenai alat transportasi di kawasan yang dituju. Di situ, Anda akan langsung mendapatkan saran halaman yang berisikan informasi penting tersebut.

Kalau sudah menemukan informasi di atas, silahkan hitung biaya secara keseluruhan. Jangan lupa untuk menghitung biaya penerbangan untuk pulang pergi. Dengan mengkalkulasikannya dari awal, Anda akan tahu berapa besar biaya yang akan dikeluarkan.

Kalau tidak mau repot, Anda bisa menggunakan agen perjalanan wisata. Agen telah menyediakan paket yang diinginkan. Seluruh kebutuhan Anda sudah disediakan. Hanya saja biayanya lebih mahal.

Tetapi bila ingin lebih menghemat, Anda perlu sedikit waktu untuk mencari informasi di internet. Dengan informasi yang didapatkan, Anda bisa pergi nonton bola sambil jalan-jalan tanpa khawatir kehabisan biaya.

Comments are closed.