Ini Dia Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke OVO

Lifestyle & Leisure

OVO merupakan salah satu bentuk dompet elektronik, yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli, tanpa menggunakan uang fisik.

Jika boleh dikatakan, salah satu yang abadi di dunia ini adalah perubahan. Ya, salah satu hal yang mendorong sebuah perubahan adalah teknologi terbaru. Lihat saja, seberapa besar dampak kemajuan teknologi bagi hidup seseorang?

Kemajuan teknologi akhir-akhir ini turut mengubah berbagai cara hidup seseorang. Semua terkesan dipermudah dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah dengan adanya dompet elektronik.

OVO: Mengenal Dompet Elektronik dan Keuntungan Menggunakannya

Dompet elektronik? Bukan semacam dompet yang perlu energi listrik untuk menggunakannya ya. Namun, ini merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi, yang memungkinkan Anda menyimpan uang. Bukan uang dalam bentuk fisik, namun dompet digital. Tenang, Anda tetap dapat mempergunakan uang Anda untuk membeli dan membayar setiap keperluan sehari-hari di berbagai tempat yang telah menjalin kerja sama dengan aplikasi dompet elektronik tersebut.

Nah, salah satu dompet elektronik yang saat ini sedang mencuri perhatian banyak penggunanya adalah OVO, sebuah aplikasi pintar yang dapat Anda unggah melalui Playstore, bagi pengguna Android, dan App Store bagi pengguna iOs.

Jadi, dompet elektronik akan memungkinkan Anda melakukan transaksi pembayaran tanpa uang fisik maupun kartu. Aplikasi dapat diunggah dalam telepon genggam, maka Anda hanya perlu menyelesaikan proses pembayaran dalam satu kali klik. Dan setiap transaksi yang terjadi, akan tersimpan dalam data transaksi. Sehingga, Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala, ke mana saja saldo Anda mengalir.

Menggunakan dompet elektronik tergolong minim risiko, jika dibandingkan dengan membawa uang cash dalam jumlah banyak. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan memasukkan data pribadi. Setelah itu, Anda dapat mengisi saldonya. Ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik yang Perlu Diketahui

Kemudahan Bertransaksi dengan OVO

Sudah mengunduh aplikasi OVO pada telepon genggam pribadi Anda? Selanjutnya Anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan cara memasukkan nomor telepon yang masih aktif dan data diri pribadi. Jika sudah dinyatakan sesuai, maka Anda akan mendapatkan konfirmasi. Dan dompet elektronik Anda sudah dapat digunakan.

Ada dua jenis cara bayar dengan menggunakan aplikasi ini. yaitu dengan OVO Cash dan OVO Points. Di mana, OVO Cash adalah sejumlah dana atau saldo yang Anda miliki dan dapat digunakan secara bebas untuk melakukan transaksi di beberapa gerai yang telah menjalin kerja sama dengan OVO. Dari setiap transaksi yang Anda lakukan, Anda akan mendapatkan poin loyalty. Selain itu, poin juga dapat diperoleh melalui cash back dari pembelian sebuah produk tertentu.

Poin-poin yang terkumpul dapat pula dipergunakan untuk berbelanja, sesuai dengan harga barang dan jumlah poinnya. Namun, ada kalanya merchants mengadakan promo khusus, di mana Anda dapat membeli barang dengan menggunakan points, yang nilai barangnya lebih tinggi dari jumlah poin yang harus dibayarkan.

Salah satu keuntungan menggunakan OVO adalah banyaknya merchants yang sudah menjalin kerja sama. Sehingga, Anda dapat dengan bebas berbelanja dan melakukan pembayaran tanpa harus khawatir atau kesulitan mencari tempat yang melayani pembayaran dengan aplikasi pintar ini. Sebut saja Hypermart, Matahari Department Store, Agoda, Siloam Hospital, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran rekening listrik, air, atau bahkan jaringan internet dan TV kabel, lho.

Begitu mudahnya transaksi pembayaran tersebut, tak lantas membuat Anda mengabaikan sistem keamanannya ya. Anda tetap wajib menjaga data privasi Anda, dengan tidak memberikannya pada orang lain. Dan apabila ada sesuatu yang buruk terjadi, seperti telepon genggam yang hilang, Anda dapat langsung segera menghubungi call center dari OVO untuk dapat mengantisipasi kemungkinan terburuknya.

Baca juga: E-Money Mandiri: Ini Keuntungan dan Cara Menggunakannya!

Bagaimana Cara Kerja OVO?

Sebelum menggunakannya, pastikan Anda memiliki cukup dana yang tersimpan dalam OVO Cash. Untuk mengisi saldo, dapat dilakukan melalui ATM, menggunakan kartu debit maupun kredit, internet banking, dan di beberapa merchants seperti Alfamart. Jumlah dananya juga fleksibel, batas maksimal bisa mencapai nilai Rp10 juta.

Setelah itu, Anda dapat segera melakukan pembelanjaan. Setidaknya ada dua cara bayar menggunakan aplikasi ini. yang paling umum dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan nomor telepon. Nah, untuk transaksi semacam ini, kasir biasanya akan menanyakan nomor telepon Anda sesuai dengan data yang Anda masukkan saat registrasi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan konfirmasi. Lalu, Anda tinggal mengikuti alurnya saja.

Dan yang kedua, adalah dengan menggunakan barcode. Anda akan menemui cara bayar semacam ini di beberapa gerai kaki lima yang telah bekerja sama dengan OVO, layanan parkir, dan beberapa merchants lainnya. Untuk melakukan transaksi, Anda hanya perlu melakukan scanning barcode. Dengan begitu, Anda dapat langsung melakukan pembayaran, tanpa harus mengantre terlalu lama.

Baca juga: Payroll: Pentingkah Layanan Ini Bagi Perusahaan?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Selain untuk transaksi pribadi, ternyata OVO juga dapat dilakukan untuk melakukan transfer, lho. Nah, bagi Anda yang sedang berada jauh dari ATM, dapat berbagi saldo dengan rekan maupun kerabat dengan cara yang sangat mudah.

Ingin memperoleh promo atau meningkatkan jumlah poin? Gampang! Anda hanya perlu lebih sering mengecek menu deals. Pada menu ini akan ada informasi tentang berbagai merchants yang sedang memberikan promo, dan promo apa saja yang dapat Anda peroleh.

Nah, setelah mengetahui seluk beluk tentang OVO? Apakah Anda tak tertarik untuk beralih menggunakannya? Di balik berbagai kemudahan yang ditawarkan, ada satu sisi paling penting, yaitu tentang keamanan dalam melakukan transaksi yang perlu Anda pertimbangkan. Bahkan, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan investasi dengan OVO melalui fitur finance.

Comments are closed.