Pelajaran Penting di Balik Macet Jakarta

Lifestyle & Leisure

Setiap hari terjebak macet Jakarta? Ya ampun macetnya panjang banget, mau sampai jam berapa ini ke tempat tujuan bisa-bisa stres di jalan nih.

Anda yang sudah lama tinggal di kota-kota besar seperti di Jakarta, pasti sudah tak heran mengapa di setiap jalan di setiap waktu jalanan Jakarta selalu padat. Macet Jakarta memang sudah jadi makanan sehari-hari bagi para masyarakat Jakarta, tak kenal waktu tak kenal tempat. Anda yang memutuskan bekerja dan mencari nafkah di Jakarta, pastinya selalu berhadapan dengan macet Jakarta setiap hari. Mungkin kalo sudah terjebak di kemacetan kalimat-kalimat menggerutu pasti sudah keluar, karena rasa khawatir takut terlambat, bosan, sampai kelelahan yang menguras fisik dan pikiran.

Tapi ternyata di balik menjengkelkannya macet Jakarta itu, banyak hal yang bisa mengajarkan kita  tentang hal-hal penting. Simak, yuk berikut pelajaran penting di balik macet Jakarta

Tidak Bisa Ditebak

Hidup dan macet itu beda tipis. Sama-sama tidak bisa diprediksi dengan tepat, di saat Anda sedang mau jalan keluar dan menyangka kalau lewat jalan sini bakalan lancar, eh ternyata macet. Tapi sebaliknya di saat tidak ada pilihan untuk melalui jalanan yang sudah pasti macet, ternyata malah kosong dan lancar

Belajar dari macet dalam menghargai hidup. Dalam hidup selalu saja terjadi hal-hal di luar perencanaan kita, itu mengajarkan Anda untuk selalu bersabar bisa memilih dengan tenang dan fokus dengan pilihan dari tujuan hidup.

Baca Juga: 5 Transportasi Online yang Kasih Anda Jaminan Asuransi!

Tenang

Untuk apa buang-buang energi marah-marah saat di kemacetan. Hal tersebut malah akan membuat Anda semakin capek. Sudah lelah karena macet dan keluar energi lagi dari emosi yang Anda rasakan. Relaks, dan Anda bisa langsung buka maps untuk cari jalan-jalan alternatif untuk keluar dari kemacetan.

Dari bagian ini, Anda bisa mengambil pelajaran untuk diri sendiri dalam hal pengendalian diri. Jadi bila ada suatu masalah yang dihadapi daripada dipakai marah-marah dulu, lebih baik Anda tenangkan diri agar bisa secepat mungkin mencari solusi dengan pikiran tenang bukan di saat emosi.

Manfaatkan Bersosialisasi

Macet parah dengan situasi kendaraan tidak bisa bergerak memang bikin hati kesal. Padahal di pikiran Anda sudah ke mana-mana ingin cepat sampai tujuan, ingin meluruskan kaki sambil menikmati kudapan, dan menyaksikan film favorit di rumah. Tapi realitasnya Anda malah terjebak di tengah kemacetan.

Hal ini bisa Anda manfaatkan ketika berada di kendaraan umum, ini kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan orang yang ada di sekitar Anda. Bangun obrolan ringan seputar berita ringan terkini, atau Anda bisa menelepon orang-orang yang selama ini mulai renggang komunikasinya dengan Anda. Daripada terjebak tanpa tahu mau melakukan apa, lebih baik memperbaiki hubungan sosial Anda, kan?

Menghargai Waktu

Dengan macetnya Jakarta yang terjadi hampir setiap hari, kita pasti tahu jam-jam macet di jalan-jalan protokol. Ini membuat Anda akan bisa menghargai waktu, terlambat 10 menit saja dari waktu berangkat atau pulang berarti Anda sudah menyusahkan diri sendiri.

Sadar atau tidak disadari macet Jakarta bisa membuat masyarakat di kota ini menjadi lebih menghargai waktu. Membuat Anda untuk selalu bergerak dengan menghargai waktu tanpa bersantai-santai lagi.

Jadi Tahu Jalan Alternatif

Kalo sudah lama berdomisili di Jakarta pasti Anda yang lebih banyak tahu jalur-jalur alternatif yang sekiranya banyak dilalui kendaraan atau tidak. Walaupun misalnya agak jauh dan agak memutar tapi yang penting lancar. Tujuannya mengambil jalan alternatif ini untuk menghindari Anda dari kemacetan di jalan utama.

Lebih Bersyukur

Di Jakarta banyak sekali lapisan sosial yang biasa ditemui di jalan, mulai dari kalangan sosial yang berada di lapisan bawah seperti pengamen, pengemis, atau kaum tuna wisma. Jadi di saat macet adalah momen di mana Anda bisa melihat sekitar dan mensyukuri dengan hidup yang didapat sekarang.

Baca Juga: 5 Tip Menjaga Stamina Saat Berkendara Jarak Jauh

Macet memang mengesalkan dan menjengkelkan, tapi bagaimana lagi kalau sudah menjadi langganan kota Jakarta sehari-hari. Semoga beberapa hal di atas tadi bisa dipetik pelajarannya bagi Anda. Agar bisa menikmati macet dengan lebih tenang dan santai lagi.

Leave a Reply