Perayaan 17 Agustus Coba Ide Lomba yang Unik dan Seru

Lifestyle & Leisure

Mungkin Anda bosan dengan jenis perlombaan untuk perayaan 17 Agustus yang itu-itu saja. Tapi, jangan khawatir berikut ini ada beberapa ide perlombaan baru yang lebih seru dan juga unik.

Sebagai bentuk perayaan 17 Agustus, hampir di setiap wilayah Indonesia bahkan perkantoran mengadakan sejumlah lomba. Nah, mengingat 17 Agustus sebentar lagi, berikut ini ide-ide perlombaan yang unik dan belum banyak diketahui orang.

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia dan biasanya selain mengikuti upacara bendera, pada tanggal tersebut juga masyarakat Indonesia merayakannya dengan mengadakan sejumlah perlombaan. Mulai dari panjat pinang, lomba makan kerupuk, balap karung, dan sejumlah lomba lainnya.

Keseruan lomba tersebut dapat disaksikan di berbagai kawasan maupun instansi, tak terkecuali di lingkungan kantor. Dari sejumlah lomba yang ada di Indonesia, pastinya Anda akan merasa bosan dan ingin adanya inovasi dan ide kreatif baru dalam aktivitas lombanya.

Baca juga: Sejarah Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Ide-ide Lomba Perayaan 17 Agustus

Untuk itu, berikut ini beberapa lomba perayaan 17 Agustus yang unik, seru, dan anti mainstream. Dan tentunya patut Anda coba!

Lomba Lari Menggunakan Sepatu Heels

Saat lomba lari dengan sepatu biasa tentu sudah terlalu membosankan. Namun, Anda bisa memodifikasi lomba lari tersebut dengan menggunakan sepatu bertumit tinggi (high heels). Lomba lari menggunakan sepatu heels seperti ini bisa Anda adakan untuk perlombaan 17an, di mana para pesertanya adalah wanita-wanita bersepatu hak tinggi atau untuk lebih serunya lagi, para pria juga bisa menjadi pesertanya.

Lomba lari ini bukan berarti Anda harus mengadakannya di lapangan terbuka dengan jarak jauh seperti halnya lomba lari sesungguhnya. Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong yang ada di wilayah Anda atau memanfaatkan ruangan kantor Anda, adakan lomba lari dari ruang meeting menuju pantry kantor. Namun, harus hati-hati juga ya. Jangan minta peserta untuk menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi.

Lomba Merias dengan Mata Tertutup

Lomba anti-mainstream selanjutnya adalah lomba merias wajah teman dengan mata tertutup. Kalau biasanya yang suka berdandan atau merias wajah adalah wanita, untuk lomba yang satu ini pesertanya adalah kaum pria yang dirias oleh para istinya. Pakai ide ini untuk mengadakan perlombaan. Karena ini lomba merias, sudah tentu dalam satu tim terdiri dari 2 peserta, di mana salah satu dari pesertanya akan berperan sebagai model yang dirias dan yang satunya sebagai perias.

Keunikan dari lomba merias ini mata peserta akan ditutup dengan menggunakan kain hitam, sehingga peserta tidak bisa melihat wajah dari model yang dirias tersebut. Kekompakan dari peserta dari masing-masing tim akan dilihat melalui lomba ini.

Lomba Tahan Tawa

Berikutnya ada lomba tahan tawa. Walaupun lomba ini terbilang cukup awam, karena peserta dilarang untuk tertawa selama perlombaan berlangsung, Anda bisa lakukan beberapa modifikasi agar lomba tahan tawa ini terlihat segar dan tidak membosankan.

Agar menambah keseruan, peserta akan diputarkan satu judul film komedi yang harus mereka saksikan dari awal hingga akhir. Siapa pun yang sanggup menahan tertawa hingga akhir film adalah pemenangnya.

Lomba Makan Pedas

Masyarakat Indonesia memiliki selera pedas yang tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Jika Anda ingin mengadakan lomba 17an, lomba ini bisa menjadi salah satu idenya. Lomba makan pedas ini bisa berupa makan mie, gorengan, atau makanan apa pun dengan menggunakan cabai atau sambal yang super pedas.

Cara bermainnya atau lombanya, peserta diberikan makanan dengan tingkat kepedasan yang luar biasa. Peserta tersebut harus menghabiskannya secara bersih, misalkan makan mie kuah peserta juga harus menghabiskan kuahnya hingga habis tak tersisa. Peserta tidak boleh minum sebelum makanan tersebut habis, peserta dianggap menang ketika ia lebih dahulu menghabiskan makanannya hingga tak tersisa.

Baca juga: 9 Gaya Kepemimpinan Terbaik dalam Organisasi

Lomba Memindahkan Kacang Hijau Menggunakan Sumpit

Terinspirasi dari salah satu film Kung Fu yang lihai menggunakan sumpit, ide lomba 17an anti-mainstream selanjutnya adalah lomba memindahkan kacang hijau menggunakan sumpit.

Lomba seperti ini bisa dijadikan lomba 17an yang dipilih dan dapat diikuti oleh seluruh kalangan. Cara bermainnya, peserta disediakan dua mangkuk. Mangkuk pertama berisi kacang hijau dengan takaran yang sudah ditentukan, sedangkan mangkuk kedua adalah kosong.

Fungsi dari mangkuk kosong sebagai wadah untuk memindahkan kacang hijau yang berada di mangkuk satunya dengan rapi. Jangan lupa berikan batasan waktu, agar perlombaan tidak berlangsung lama (misalnya 60 detik per sesi).

Lomba Tebak Kata

Lomba perayaan 17 Agustus selanjutnya yang lucu dan unik adalah lomba tebak kata. Lomba ini akan diikuti oleh beberapa tim dengan masing-masing tim terdiri dari tiga sampai empat orang.

Cara permainannya cukup mudah, peserta dibagi menjadi beberapa tim yang masing-masing tim terdiri dari tiga sampai empat orang salah satu dari tim bertindak sebagai peraga dari kata yang akan ditebak tersebut.

Tujuan dari lomba ini selain seru-seruan barsama warga di lingkungan rumah Anda ataupun teman-teman kantor. Di samping itu, juga bisa meningkatkan kekompakan dari masing-masing karyawan dengan kerja tim yang lebih seru.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Lomba Menata Puzzle

Lomba menata puzzle ini hampir sama dengan lomba tebak kata, dilakukan per tim yang masing-masing tim berisikan dua sampai tiga orang saja. Cara bermainnya cukup mudah, masing-masing tim hanya diminta untuk menata puzzle untuk menghasilkan gambar yang sempurna.

Untuk mendapatkan puzzle sebagai alat perlombaan Anda bisa menggunakan puzzle yang ada dan dijual di pasaran. Sebaiknya pada lomba ini diberikan waktu untuk membatasi perlombaan dan berfungsi sebagai alat ukur pemenang.

Mungkin Anda bosan dengan lomba-lomba perayaan 17 Agustus yang itu-itu saja, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung atau lomba kelereng. Kini saatnya Anda memperbaharui berbagai jenis lomba tersebut dengan ketujuh ide lomba 17an di atas.

Comments are closed.