Siapkan Hal Ini dalam Persiapan Ibadah Haji Anda

Lifestyle & Leisure

Persiapan ibadah haji perlu Anda perhatikan jauh-jauh hari sebelumnya, baik fisik maupun finansial. Berikut adalah hal-hal yang wajib Anda persiapkan.

Dalam setiap agama, tentu ada satu hal atau kegiatan yang menyempurnakan nilai dari agama tersebut. Hal ini pun berlaku pada agama Islam. Bagi Anda yang beragama Islam, tentu Anda tahu bahwa Islam memiliki lima rukun Islam yang perlu (masing-masing rukun memilki hukumnya tersendiri untuk wajib dan sunnah) dipenuhi oleh setiap umatnya.

Rukun yang pertama jelas mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai syarat mutlak bagi seseorang untuk memeluk agama Islam. Kedua adalah mendirikan salat. Ketiga tak lain adalah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Selanjutnya membayar zakat. Hal ini perlu dilakukan karena setiap penghasilan yang kita dapatkan, terdapat hak fakir dan miskin yang perlu disantuni. Terakhir adalah menunaikan ibadah haji.

Dari semua poin di atas, tentu yang tidak wajib untuk dilakukan oleh semua umat Islam di seluruh dia adalah menunaikan ibadah haji. Hal ini tak lain karena banyaknya faktor yang mendukung sebagian umat Islam untuk tidak naik haji.

Syarat mutlak bagi seseorang untuk naik haji adalah memiliki fisik, mental, dan finansial yang terbilang baik. Baik secara finansial bukan berarti ibadah haji hanya dapat dilakukan oleh orang-orang kaya saja. Poin utamanya adalah persiapan ibadah haji tidaklah semudah kegiatan lain yang diperintahkan dalam agama Islam.

Baca juga: Naik Haji: Usia Terbaik Mempersiapkan Tabungan!

Lalu, persiapan ibadah haji yang perlu dilakukan apa saja? Mari kita simak bersama di bawah ini!

Persiapan Ibadah Haji Bila Mampu

Haji yang merupakan rukun Islam kelima yang harusnya dilaksanakan jika mampu. Hal ini memberikan pemahaman bahwa sesungguhnya ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam ketika mereka mampu untuk pergi ke tanah suci.

Mampu yang dimaksud di sini adalah mampu baik secara fisik maupun finansial. Maksudnya, memiliki kondisi fisik yang sehat dan bugar, sehingga dapat melakukan rangkaian kegiatan dalam ibadah haji, serta dapat membayar biaya naik haji yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

tip persiapan ibadah haji

Sebagai salah satu pilar penting rukun Islam, Ibadah haji memang perlu dilakukan dengan penuh kesungguhan. Di samping hanya berlangsung setahun sekali, kesempatan ini belum tentu bisa datang dua kali. Dengan kuota jamaah yang terbatas membuat setiap jamaah harus benar-benar siap menjalaninya secara sempurna.

Maka dari itu, persiapan untuk naik haji sepatutnya diperhatikan sejak awal. Bukan hanya sekadar biaya naik haji dan persiapan fisik atau manasik haji. Tetapi, berbagai kebutuhan dan persiapan ibadah haji lainnya selama di sana juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Terkadang hal-hal yang dianggap sepele justru bisa datang sebagai kendala saat ibadah haji berlangsung.

Persiapan Secara Fisik dan Mental

Agar kegiatan berlangsung lancar selama di lokasi ibadah, ada beberapa pengarahan mengenai hal yang perlu dilakukan para jamaah. Setidaknya ada enam hal yang harus dipersiapkan.

1. Periksa Kesehatan dengan Rinci Ke Dokter yang Biasa Dikunjungi

Persiapan ini dapat mendeteksi kemungkinan penyakit yang mungkin diderita oleh calon jamaah haji dan waktu untuk mengatasinya sebelum keberangkatan mereka ke tanah suci.

2. Membawa Persediaan Obat yang Cukup

tip persiapan ibadah haji

Jamaah haji yang mempunyai penyakit kronis dan memerlukan obat secara teratur agar membawa persediaan obat yang cukup. Berinteraksi dengan jamaah dari berbagai negara berpotensi terkena virus, karena selama di sana berada di ruang terbuka. Untuk itu, penting bagi Anda yang hendak pergi ke tanah suci untuk membawa kelengkapan dan obat pribadi mereka.

3. Minta Surat Keterangan Dokter untuk Diberikan Pada Dokter di Kloter Masing-Masing

Calon jamaah haji yang memiliki masalah kesehatan dan harus dalam perawatan dokter disarankan agar membawa surat keterangan dokter. Jadi, calon jamaah bisa dirawat dan diperhatikan terus oleh dokter kloter.

Baca juga: Bingung Cara Menabung untuk Haji? Ikuti Trik Ini!

4. Persiapkan Diri dengan Rutin Berjalan Kaki

Selama di tanah suci, jamaah haji akan banyak berjalan kaki untuk beribadah. Tambahan pula, apabila Anda berangkat bersama orang yang lebih tua, ketahuilah persiapan mengenai penyewaan kursi roda untuk keadaan darurat nanti.

5. Pelajari Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan yang Ada di Arab Saudi

Ketahui petugas kesehatan kloter, pelayanan kesehatan di sektor, serta Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) atau lokasi rumah sakit di sana. Kemudahan ini akan membantu Anda apabila terjadi keadaan darurat di sekitar.

6. Pelajari Situasi Kesehatan atau Wabah Penyakit yang Mungkin Muncul

Dengan begitu, calon jamaah dapat lakukan antisipasi dan persiapan yang mumpuni sebelum menunaikan ibadah haji tahun ini.

Baca juga: Vaksin Meningitis: Apakah Diperlukan Semua Orang?

Persiapan Secara Finansial

Seorang yang akan berangkat menunaikan umrah atau haji terkadang kurang memperhatikan hal-hal yang sebenarnya termasuk penting untuk dipersiapkan. Sehingga sering kali kelabakan ketika sudah berada di tanah suci.

Mempersiapkan biaya, baik selama dalam perjalanan haji, maupun untuk nafkah keluarga yang ditinggalkan juga penting untuk diperhatikan, selain dari persiapan kondisi fisik. Lakukan pengaturan keuangan dan perencanaan yang matang untuk ongkos dan biaya selama naik haji.

tip persiapan ibadah haji

Apabila Anda salah satu nasabah dari tabungan haji, pasti Anda tidak akan pernah merasakan resah ataupun khawatir, karena kesiapan finansial Anda pasti sudah terjamin seiring dengan tabungan haji yang telah Anda siapkan dari jauh-jauh hari.

Tidak hanya itu, beberapa tabungan haji juga biasanya memberikan jaminan perlindungan menyeluruh untuk Anda selama berada di tanah suci.

Jelas terlihat bahwa persiapan dalam melakukan ibadah haji perlu diperhatikan dan dilakukan dengan baik. Tujuannya tak lain adalah agar proses ibadah haji berjalan lancar.

Comments are closed.