Persiapan Puasa untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Lifestyle & Leisure

Tidak terasa Bulan Ramadhan untuk tahun ini tinggal menghitung hari. Apakah Anda sudah melakukan persiapan puasa?

Bulan Ramadhan sebentar lagi. Tentu ini menjadi momen yang paling ditunggu umat islam. Sebagai umat islam memang seharusnya menyabut kedatangan bulan Ramadhan dengan bahagia. Sebab, banyak keistimewaan yang dirasakan oleh umat islam pada bulan suci ini.

Menyabut Bulan Suci Ramadhan, tentu banyak persiapan puasa yang harus Anda lakukan. Sebab, masih banyak yang suka melupakan bahkan tidak tahu apa yang harus dipersiapkan. Untuk Anda yang belum punya persiapan, berikut ini beberapa hal yang harus Anda diperhatikan.

Niat

Persiapan puasa yang pertama adalah niat. Jika emmiliki niat yang kuat dan tulus untuk menjalankan ibadah puasa, pasti puasanya akan lancar. Puasa memang tinggal menghitung hari lagi, alangkah baiknya jika Anda sudah mempersiapkan niat untuk menyabut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Fisik yang Sehat

Fisik yang kuat dan sehat adalah salah satu persiapan puasa yang harus Anda lakukan. Sebab, bisa atau tidaknya puasanya, secara tidak langsung didasarkan dengan fisik. Jika fisik tidak kuat, pasti Anda tidak mampu untuk melakukan puasa. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan cara berolah raga secara rutin dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Keuangan

Apakah Anda termasuk salah satu yang merasakan bahwa pengeluaran selama bulan puasa lebih besar dibandingkan biasanya? Jika iya, mungkin jenis-jenis makanan atau kebutuhan untuk bulan puasa lebih banyak dibandingkan biasanya.

Biasanya nafsu orang yang sedang puasa ketika melihat berbagai makanan lebih besar dibandingkan yang tidak puasa. Rasanya semua makanan yang ada didepan mata ingin dicip semua. Hal itulah yang menyebabkan pengeluaran Anda lebih besar. Jika menang Anda tipe orang yang seperti, alangkah baiknya untuk mulai mengatur pengeluaran atau menambahkan budget untuk bulan puasa lebih besar dari yang biasanya.

Makanan

Tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai menyiapkan atau membeli makanan-makanan yang diperlukan untuk sahur dan berbuka. Mulai dari sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, hingga jenis makanan lain yang menjadi menu favorit untuk berbuka dan sahur.

Suasana Rumah yang Bersih

Menyambut bulan puasa tidak ada salahnya Anda membersihkan rumah agar menjalakan ibadah puasa dengan suasana yang nyaman. Anda bisa mulai membersihkan rumah dari debu atau mengganti sarung bantal, sprei, dan sebagainya dengan yang baru.

 

 

Comments are closed.