Proses dan Cara Membuat SKCK Tahun 2019

Lifestyle & Leisure

Bagi Anda yang ingin mengurus SKCK untuk keperluan administratif, sekarang mengurus dan membuat SKCK tahun 2019 lebih mudah dan praktis!

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan surat yang harus diurus, dan diterbitkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia. Pihak Kepolisian memiliki wewenang ini, dengan memiiki catatan atas diri seseorang. Umumnya, orang ingin mengurus untuk mendapatkan catatan kelakuan baiknya. Maka, ia harus mengurus SKCK tersebut di Kepolisian.

Secara umum seseorang memerlukan SKCK untuk kelengkapan syarat administrasi. Saat melamar kerja, mengikuti Calon Penerimaan Negeri Sipil, kebutuhan pendidikan di dalam dan luar negeri, hingga saat mencalonkan diri menjadi pejabat negara.

Untuk masa berlakunya SKCK yaitu selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan, jika memang diperlukan maka bisa diperpanjang. Dahulu kendala orang saat mengurus SKCK adalah prosesnya yang ribet. Namun, dari beberapa tahun terakhir ini mengurus dan membuat SKCK lebih mudah dan praktis prosesnya.

 Cara Membuat SKCK

Per tanggal 1 Oktober 2018 lalu, untuk sementara mengurus SKCK hanya bisa dilakukan secara manual di Polsek atau Polres setempat. Kemudian saat proses pengurusan dan pembuatannya, kurang lebih 30 menit SKCK sudah jadi dan lengkap. Sementara itu untuk mengurus dan membuat SKCK online, bisa diakses di website resmi polri https://skck.polri.go.id/ yang biasa digunakan untuk pembuatan/perpanjangan SKCK

Prosedur dan Syarat Pembuatan SKCK Baru di Polsek atau Polres

Sudah menjadi prosedur umumnya untuk mengurus administrasi, dalam proses pembuatan SKCK membutuhkan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan. Seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Surat Pengantar

Cara membuat SKCK yang pertama yaitu membuat surat pengantar. Demi mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta dibuatkan surat dari ketua RT yang ditujukan kepada ketua RW. Nah, nanti sehabis dari RW Anda akan mendapatkan surat pengantar ke kelurahan atau desa demi kepentingan tersebut.

Baca juga: Kenali SSE Pajak Agar Bayar Lebih Praktis

Setelah surat pengantar tersebut sampai ke kelurahan, Anda akan diberikan formulir untuk diisi dan dilengkapi. Tapi, perlu diingat juga tidak semua wilayah di Indonesia mengharuskan proses seperti ini. Polsek atau Polres biasanya meniadakan syarat membawa surat pengantar kelurahan, hal ini untuk mempermudah kenyamanan masyarakat agar tidak terlalu memakan waktu.

Syarat Pengurusan SKCK

Bagi Warga Negara Indonesia ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi

– Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
– Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
– Fotokopi Akta Kelahiran atau Ijazah Terakhir.
– Pas foto 4×6 dengan latar merah sebanyak 6 lembar.

Proses Pengurusan SKCK

Setelah semua kelengkapan persyaratan cara membuat SKCK terpenuhi. Anda bisa mengurus SKCK di Polsek atau Polres, namun ada yang harus diperhatikan.


Untuk keperluan melamar pekerjaan dan kelengkapan administrasi CPNS, kepengurusan visa, atau keperluan yang bersifat antar negara bisa langsung ke Polres setempat. Polres buka di hari kerja dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-15.00 atau Sabtu pukul 08.00-11.00. Anda bisa langsung menuju loket di bagian SKCK untuk kemudian mendaftarkan atau memasukkan berkas yang telah disiapkan. Kemudian, Anda akan diminta mengisi formulir untuk dilengkapi.

Bagi Anda yang baru ingin membuat SKCK baru dan belum punya sidik jari, bisa buat dulu di Polres. Mengurus SKCK di Polres biasanya proses untuk pengambilan sidik jarinya lebih cepat, pihak Polsek akan membuatkan surat pengantar untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres.

Setelah proses sidik jari telah selesai dan beres, Anda akan mengumpulkan berkas-berkas yang telah dipersiapkan untuk membayar uang penerbitan SKCK di loket.

Cara Membuat SKCK Online

Sekarang, salah satu cara membuat SKCK bisa dengan online lebih mudah dan praktis. Walaupun nantinya, untuk verifikasi juga memerlukan dokumen-dokumen dalam bentuk fotokopi saat pengambilan SKCK di Polres setempat.

Berikut ini dokumen-dokumen yang diperlukan:

– KTP asli (Scan)
– Kartu Keluarga (KK) asli (Scan)
– Akta Kelahiran (Scan)
– Foto diri 4×6 dengan latar merah siapkan 6 lembar (Scan)
– Paspor bagi warga Negara Indonesia yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan, sekolah, atau untuk keperluan penerbitan Visa (Scan)

Untuk ketentuan pengambilan SKCK melalui online, jika pendaftaran online dilakukan sebelum pukul 08.00, maka SKCK dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14.00 di hari yang sama sambil menunjukan kode registrasi serta dokumen-dokumen yang diperlukan.

Untuk batas waktu pengambilan SKCK selambat-lambatnya tiga hari sejak dilakukan pendaftaran online. Hindari melebihi waktu yang telah ditentukan, maka pemohon harus melakukan pendaftaran ulang lagi.

Tahap Membuat SKCK Online

1. Kunjungi situs skck.polri.go.id kemudian pilih menu formulir online SKCK, kemudian Klik Next Step.

2. Anda akan ada di halaman pengisian dara pribadi (Nama, NIK, wilayah Polres, hingga bagian paling akhir perintah upload foto).

3. Berikutnya, isi nama ayah dan ibu kandung, alamat domisili, pekerjaan, dan nama saudara kandung.

4. Selanjutnya data tentang pendidikan (nama sekolah, kota, serta tahun lulus sekolah)

5. Pada tahapan ini, ada pertanyaan mengenai pernahkah Anda terlibat tindak pidana atau tidak. Isi dengan lengkap lebih dahulu, baru kemudian klik next.

6. Isi dengan jujur mengenai alasan Anda ingin membuat SKCK, nanti akan ada pilihannya pendidikan, pekerjaan, dan yang lainnya. Isi terlebih dahulu baru kemudian klik next.

7. Tiba pada tahap terakhir, setelah semua tahap pada halaman pengajuan SKCK sudah selesai selanjutnya klik kirim data untuk proses pembuatan SKCK oleh sistem.

8. Anda akan mendapatkan kode atau nomor registrasi, yang nantinya untuk dibawa ke loket Polsek atau Polres untuk ditukarkan dengan SKCK aslinya. Catat dengan baik nomor ini.

Dokumen untuk syarat pengambilan rumus sidik jari.

– Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
– Foto depan ukuran 4×6 dengan latar merah 2 lembar
– Foto tampak samping kiri ukuran 4×6 dengan latar merah 1 lembar
– Foto tampak samping kanan ukuran 4×6 dengan latar merah 1 lembar
– Melengkapi form sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik)

Lalu, ketika sudah selesai semua proses pengambilan rumus sidik jari untuk SKCK. Anda bisa lakukan pembayaran SKCK di loket sebesar Rp30.000,00.

Comments are closed.