Raffi Ahmad: Perjalanan dari Nol hingga Sesukses Sekarang

Lifestyle & Leisure

Ketika mendengar nama Raffi Ahmad, yang terlintas di kepala kita pasti seorang entertainer sukses. Tapi, tak banyak yang tahu awal kariernya.

Siapa yang tak kenal dengan Raffi Ahmad? Sosok satu ini bisa dibilang multi talenta. Ia aktif sebagai entertainer di berbagai kategori, mulai dari pembawa acara, aktor, hingga penyanyi. Namanya tercantum di berbagai judul film televisi, film layar lebar, dan berbagai judul lagu yang cukup hits di tanah air.

Bahkan, namanya semakin melesat saat ia memutuskan untuk menikah dengan rekan sesama entertainer, Nagita Slavina. Hingga dikaruniai satu orang anak lelaki yang dikenal dengan nama Rafathar. Saat ini, ia tak hanya aktif sebagai entertainer, tapi juga menjalankan berbagai bisnis mulai dari entertainment agency hingga kuliner.

Mungkin saat ini, ia masuk dalam daftar artis tersukses dan terkaya di Indonesia. Tapi, rasanya tak banyak orang yang mengetahui bagaimana semua keberhasilan tersebut berhasil ia rengkuh. Seperti kebanyakan artis lainnya, Raffi Ahmad pun memulai kariernya di dunia hiburan dari nol. Tak perlu berlama-lama, mari kita simak bersama perjalanan kariernya dari awal hingga berhasil meraih kesuksesan seperti sekarang ini!

Baca juga: Crazy Rich Indonesia: Total Kekayaannya Fantastik

Perjalanan Karier Raffi Ahmad

Anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Munawar Ahmad (alm) dan Amy Qanita ini mengawali kariernya sebagai aktor. Hingga saat ini, Raffi telah terlibat di sejumlah sinetron, FTV, dan film layar lebar. Selain menjadi aktor, Raffi mengembangkan kariernya menjadi bintang iklan, presenter, dan penyanyi.

Berawal dari menjadi pemeran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang, Raffi baru melejit dalam Senandung Masa Puber di saat sebagai pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari. Setelah itu, Raffi terus-menerus muncul di sinetron-sinetron dan FTV remaja bahkan film layar lebar, salah satunya film berjudul Love Is Cinta. Akting apik Raffi di film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah ini mendapatkan pujian dari kritikus film.

Bukan Bintang Biasa Hingga Dahsyat

Pada akhir 2006, musisi Melly Goeslaw mengadakan casting untuk grup vokal Bukan Bintang Biasa, yang lebih dikenal dengan sebutan BBB. Projek ini dikhususkan untuk pemain sinetron remaja Indonesia. Dari sekian banyak pesinetron yang audisi, akhirnya terpilihlah Raffi bersama dengan Laudya Chintya Bella, Chelsea Olivia Wijaya, Dimas Beck, dan Ayushita. Single pertama mereka, Let’s Dance Together, diterima baik di pasaran. BBB kemudian membintangi film berjudul Bukan Bintang Biasa The Movie yang disutradarai oleh Lasja Fauzia. BBB kembali dengan single baru berjudul Bukan Bintang Biasa yang sangat digemari remaja. Duet Raffi dengan Ayushita dalam lagu Jangan Bilang Tidak dijadikan single selanjutnya.

Baca juga: Ini Dia 5 Profil Pengusaha Muda Indonesia

Pada tahun 2008, karier akting Raffi semakin bersinar. Aktor serba bisa ini tampil di film besutan Rudi Soejarwo dalam Liar dan Asoy Geboy. Dan yang makin melambungkan namanya saat ini adalah program musik Dahsyat yang dibawakannya bersama dua artis multi-talenta Luna Maya dan Olga Syahputra. Di penghujung tahun, Raffi bersama BBB meluncurkan single baru berjudul Putus Nyambung dan ternyata mendapatkan respons bagus di pasaran. Ini sekaligus menepis anggapan bahwa BBB hanya grup vokal sesaat.

Pada tahun 2009, Raffi yang disebut-sebut sebagai salah satu artis terlaris saat ini berkat program Dahsyat makin memantapkan diri di bidang presenting. Selain Dahsyat, Raffi juga hadir dalam dua program baru Rafi Wkwkwk dan OMG yang kembali memasangkannya dengan almarhum Olga Syahputra. Namun Raffi juga tetap eksis di dunia akting. Bermain di beberapa judul FTV, sinetron Buku Harian Baim hingga sitkom OKB juga dijalaninya hingga saat ini. Selain itu, Raffi juga kembali dengan single terbaru Johan (Jodoh di Tangan Tuhan) saat berduet dengan Laudya Chintya Bella.

Kisah Asmara Raffi Ahmad

Selain kariernya yang cemerlang, Raffi tidak lepas dari berita asmaranya dengan rekan sesama artis. Mulai dari Laudya Chintya Bella, Bunga Zainal, Ratna Galih, Tyas Mirasih, dan Velove Vexia. Hingga Raffi menjadi subjek pembicaraan hangat di media perihal hubungannya dengan penyanyi nostalgia Yuni Shara yang berusia 14 tahun lebih tua darinya. Hubungan yang bertahan 4 tahun tersebut akhirnya kandas.Tidak adanya restu dari ibunda Raffi, Amy Qanita diisukan menjadi penyebab putusnya asmara Raffi dan Yuni.

Pada tanggal 26 Februari di acara Dahsyatnya Award 2010, Raffi tampil berdua dengan Yuni Shara di medley lagu Johan dan Kucari Jalan Terbaik. Berbagai tawaran untuk memasangkan keduanya dalam satu projek pun berdatangan. Mulai dari iklan, single duet 50 Tahun Lagi, dan film Rumah Tanpa Jendela. Raffi juga mulai menjajal peruntungan di dunia penyutradaraan dengan menggarap sebuah film pendek berjudul Barbie yang dibintangi oleh Yuni. Film berdurasi 10 menit ini akhirnya diganjar penghargaan Best Movie di malam penghargaan LA Lights Indie Movie 2011.

Di penghujung 2011, Raffi kembali dengan film terbaru berjudul Pocong Kesetanan yang bergenre horor/komedi. Eksistensi dan produktivitas Raffi dalam menghasilkan karya baik dari program TV, sinetron, FTV, film layar lebar, iklan, dan beberapa bisnis yang dikelola Raffi, salah satunya rumah produksi Barometer Lite , membuat salah satu tabloid ternama di Indonesia menempatkan nama Raffi pada posisi ke 4 dari 9 artis Indonesia terkaya 2011.

Baca juga: Mau Jadi Pengusaha Sukses Di Indonesia? Begini Caranya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Pada tanggal 28 Agustus 2014, Raffi membintangi film Olga & Billy Lost di Singapura bersama Olga Syahputra, Billy Syahputra, Tarra Budiman, Chand Kelvin, dan adik Raffi, Syahnaz Sadiqah. Dalam film ini, ia hanya berperan sebagai penampilan spesial.

Pada tanggal 4 Mei 2015, Raffi merilis album baru, Kamulah Takdirku, dan lead single di album baru, Kamulah Takdirku dan Terbaik Untukmu. Album ini banyak berkolaborasi dengan istrinya, Nagita Slavina dan albumnya hanya terjual di semua KFC di Indonesia.

Mungkin banyak orang yang iri dengan kesuksesan yang ia raih saat ini. Tapi, dari tulisan di atas, tentu kita melihat bahwa kesuksesan tak akan pernah bisa kita raih tanpa proses dan niat yang kuat. Setuju?

(Sumber Foto: Instagram @raffinagita1717)

Comments are closed.