Ridwan Kamil, Politisi Cerdas yang Dicintai Masyarakatnya!

Lifestyle & Leisure

Sosok Ridwan Kamil atau yang biasa dikenal Kang Emil sungguh menarik untuk diulik. Apa saja hal spesial dan terobosan darinya?

Ridwan Kamil merupakan sosok inspiratif bagi kalangan muda. Sebelum terjun sebagai politisi, Kang Emil panggilan akrabnya telah menunjukkan kegemilangan kariernya. Menariknya, dirinya menyukai hal-hal yang sifatnya merakyat.

Sebagai seorang politisi, dirinya bisa dikatakan sebagai politisi yang cerdas dan kreatif. Kebijakan-kebijakan yang dibuatnya bisa mendorong pada perkembangan daerah yang dipimpinnya. Terutama dalam urusan tatanan kota.

Kehidupan sehari-harinya juga lebih sederhana. Dirinya termasuk seseorang yang periang. Tentu saja ramah dengan siapa saja meskipun telah menjadi gubernur Jawa Barat.

Gaya hidup seperti ini tentu saja disukai oleh banyak orang. Bisa dikatakan sosoknya telah dikenal sebagai sosok politisi yang baik serta memiliki jiwa yang kreatif dan pandangan yang lebih luas untuk memajukan daerahnya.

Profil Singkat Tentang Ridwan Kamil

Nama lengkapnya adalah Mohammad Ridwan Kamil. Lahir pada 4 Oktober 1971. Merupakan anak kedua dari pasangan Misbah Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih.

Ridwan Kamil kecil telah memiliki ketertarikan dengan dunia visual. Kegemarannya adalah membaca komik. Dirinya juga suka mengamati jenis-jenis bangunan yang ada di luar negeri.

Ketertarikan ini nyatanya menjadi jalan pembuka untuk perjalanan kariernya ketika dewasa. Kang Emil belajar di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Arsitektur. Ridwan Kamil menyelesaikan pendidikannya kurang lebih lima tahun.

Dari masa kecil sampai dewasa, Kang Emil nyatanya merupakan orang yang sangat aktif. Keaktifannya inilah yang membukakan pola pikirnya untuk memecahkan setiap masalah. Dan ini menjadi pengalaman berharga bagi dirinya.

Perjalanan Karier Kang Emil Sampai Menjadi Seorang Politisi

Ridwan Kamil tidak hanya dikenal sebagai seorang politisi saja. Tetapi beliau juga dikenal sebagai arsitektur, bahkan juga dosen. Kesuksesan kariernya terbilang dicapai sangat cepat, karena beliau memulainya sejak masih kecil.

Ridwan dikenal sebagai pekerja keras dan mau belajar apa pun. Dirinya pun tidak malu dengan apa yang dilakukannya. Ini dibuktikan dengan perjalanan hidupnya selama ini.

Keberaniannya dimulai sejak masih kecil. Tepatnya ketika duduk di bangku pendidikan dasar. Beliau tidak segan untuk berjualan es mambo. Meskipun begitu, kegiatannya nyatanya tidak memengaruhi pendidikannya.

Dikatakan kalau Kang Emil merupakan sosok cerdas dan kreatif. Itu adalah pandangan dari masyarakat. Dan tampaknya ini sangat masuk akal.

Di berbagai pendidikan yang diikutinya, Ridwa sangatlah aktif. Setelah menyelesaikan program S1 di ITB, Ridwan sempat bekerja di Amerika Serikat. Ia menjalani pekerjaannya kurang lebih selama empat bulanan.

Setelah itu, Ridwan Kamil melanjutkan pendidikannya kembali di Amerika Serikat. Ia belajar di Universitas California, Barkeley untuk jurusan Urban Design. Pendidikannya di universitas tersebut ia dapat dengan memperoleh beasiswa.

Sambil belajar, ia menyempatkan diri untuk bekerja paruh waktu. Tercatat, dirinya bekerja di Department Perencanaan Kota Barkeley. Selesai kuliah, ia pun menyempatkan diri bekerja di salah satu firma di Amerika Serikat.

Tak lama bekerja di firma tersebut, dirinya memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Tepatnya di tahun 2002 silam. Lantas iae memutuskan untuk berkarier sebagai arsitektur.

Pada 2004, Ridwan dan rekan-rekannya membangun firma sendiri yang dinamai dengan Urbane. Firma ini bergerak pada bidang konsultan perencanaan, desain serta arsitektur. Dari Firma ini, ia telah memberikan kontribusi penting di nusantara.

Banyak bangunan-bangunan megah yang merupakan bagian dari ide kreatifnya. Beberapa hasil karyanya memperoleh penghargaan nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Museum Tsunami Aceh-Rumoh Aceh.

Pada 2013, Ridwan Kamil dicalonkan sebagai wali kota. Pada kesempatan pertama ini, ia langsung mengalahkan lawan-lawan dengan kemenangan telak. Praktis setelah itu, kariernya di dunia politisi terus menanjak.

Pada 2018, Kang Emil dicalonkan sebagai Gubenur Jawa Barat. Beliau dipasangkan dengan Uu Ruhzanul Ulum. Dirinya pun sukses melenggang sebagai gubernur selama lima tahun mendatang. Hal ini tak lepas dari prestasi semasa menjabat sebagai wali kota.

Ketika menjadi wali kota Bandung, Kang Emil bisa dikatakan berhasil dalam merealisasikan kebijakannya. Fokus utamanya adalah menyetarakan standarisasi pelayanan publik. Dan buahnya, Bandung menjadi kota yang lebih maju.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Koleksi Kendaraan yang Dimiliki Ridwan Kamil

Sebagai seorang pengusaha, arsitek, dosen, serta politisi, tentunya Ridwan Kamil terbilang memiliki kekayaan yang cukup besar. Nilainya mencapai miliaran rupiah. Kekayaan ini didapatkan dari hasil bekerjanya selama menjadi arsitek.

Tercatat dirinya memiliki tanah yang nilainya mencapai Rp6 miliar. Tanah ini dimilikinya sebelum menjabat sebagai seorang politisi. Dan nilai ini pernah dilaporkan menjelang keikutsertaannya sebagai calon wali kota Bandung pada 2013 yang lalu.

Meskipun terbilang kaya, Ridwan Kamil nyatanya tidak ingin menunjukkan hal yang berlebihan. Ini bisa dilihat dari koleksi kendaraan yang dimilikinya. Kang Emil tercatat hanya memiliki kurang lebih tiga mobil serta motor.

Tahun 2018 silam, Kang Emil tercatat memiliki kendaraan yang jika ditotal nilainya sekitar Rp844 juta. Menariknya, beliau lebih suka jalan-jalan menggunakan kendaraan roda dua saja.

Setidaknya ada tiga mobil pribadi yang dimilikinya. Mobil yang dimaksud adalah Marcedez Benz keluaran 2011, Nissan Grand Livina keluaran 2013, serta Nissan Serena.

Sementara itu, ia memiliki kendaraan roda dua Yamaha Mio J keluaran 2012 yang harganya sekitar Rp10 jutaan. Kendaraan roda dua ini biasanya dimanfaatkan oleh Gubernur Jawa Barat.

Terlepas dari kepemilikan kendaraan tersebut, Ridwan Kamil merupakan sosok cerdas dan tekun. Beliau menjalankan tugasnya dengan baik sebagai gubernur. Kebijakan-kebijakan yang disetujui merupakan bagian dari pembangunan daerah agar siap menghadapi kemajuan zaman.

Saat ini, Kang Emil masih bekerja sebagai seorang gubernur di Jawa Barat. Sepak terjangnya di dunia politik masih cukup panjang. Dan keberadaan dari Ridwan Kamil yang berorientasi untuk memajukan daerah menjadikan banyak masyarakat mengelu-elukan namanya.

Comments are closed.