Sering Nonton Film di Bioskop? Tahu Etika Ini?

Lifestyle & Leisure

Jangan hanya sekadar menonton saja, tetapi Anda juga harus mengikuti etika nonton film di bioskop berikut ini.

Nonton film di bioskop merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk mengisi waktu luang atau sekadar melepas penat dari rutinitas setiap hari. Pasalnya, manfaat dari kegiatan ini adalah hati dan pikiran menjadi sangat senang karena selama dua atau tiga jam Anda disajikan tontonan yang sangat menghibur.

Setiap minggunya, pengelola bioskop akan memberikan judul-judul film terbaru baik itu film dari negeri sendiri ataupun mancanegara yang bisa Anda tonton. Tentu pemilihan film sepenuhnya ada di tangan masyarakat semua.

Nonton film di bioskop berbeda dengan menonton di rumah karena Anda harus berbagi film bersama orang lain di dalam studio. Dikarenakan melibatkan banyak orang, tentu ada etika menonton film yang harus Anda ketahui. Nah, jika selama ini Anda masih belum mengetahui etika apa saja yang harus dipenuhi ketika sedang nonton di bioskop, berikut ini ulasannya.

Memilih Nonton Film di Bioskop Sesuai Umur

berbagai etika nonton film di bioskop

Tidak semua film bisa ditonton oleh semua umur. Ada beberapa film juga yang dikategorikan berdasarkan umur dan yang laik untuk menontonnya hanya orang-orang yang sudah mencukupi batasa umur tersebut. Seperti film romantis yang hanya bisa ditonton 13 tahun ke atas. Bukan hanya itu, film orang dewasa yang hanya boleh ditonton jika usianya sudah menginjak 17 tahun dan beberapa film lainnya.

Baca juga: Deretan Mobil-mobil Ikonik dari Film Populer

Etika yang pertama ini tentu harus sangat Anda perhatikan dalam menentukan film yang ingin ditonton. Apalagi jika Anda nonton di bioskop lalu membawa anak kecil karena film memiliki beberapa jenis rating usia penonton. Jika film memiliki rating G (general audiences) itu artinya film aman disaksikan oleh berbagai usia. Sedangkan rate PG-13 menandakan film sebaiknya ditonton anak usia 13 tahun ke atas dengan pengawasan orang tua. Lalu ada rating R (restricted) yang artinya anak di bawah usia 17 tahun harus mendapat pengawasan orangtua atau orang dewasa selama menyaksikan film ini.

Dilarang Merekam Cuplikan Film Saat Nonton Film

Merekam cuplikan film di bioskop sama saja Anda melakukan pembajakan yang berarti mengambil hasil ciptaan orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin orang tersebut. Tindakan ini lebih tepatnya melanggar dua Undang-undang (UU) yang berlaku di Indonesia, yaitu UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Tak main-main, yang melanggar UU ini bisa terancam hukuman 10 tahun penjara dan atau denda Rp4 miliar, lho. Apa pun alasannya, merekam film di bioskop baik itu hanya untuk cuplikan di Instagram story ataupun lainnya, sudah termasuk pelanggaran hukum yang harus mendapatkan ancaman hukuman. Jadi, untuk etika yang satu ini jangan main-main ya!

Baca juga: 5 Film Berdasarkan Kisah Nyata yang Menginspirasi

Matikan Nada Dering dan Lampu Layar Handphone

Ketika Anda sudah memasuki studio bioskop, sebaiknya simpan handphone Anda di dalam tas dan jangan lupa untuk menonaktifkan nada dering agar selama film bermain, Anda ataupun seluruh orang yang ada di studio tidak terganggu. Meskipun terlihat sangat sepele, tetapi etika ini wajib sekali dilakukan agar Anda tidak mendapatkan perlaku yang kurang mengenakkan.

Tidak Membawa Anak Kecil atau Bayi

Etika berikutnya adalah tidak membawa anak kecil atau bayi. Meskipun kebijakan setiap bioskop berbeda-beda dalam menentukan batas usia anak yang diperbolehkan untuk masuk ke bioskop, tetapi sebagai orangtua Anda perlu memperhatikan berbagai hal jika memang terpaksa harus membawa bayi ke dalam bioskop. Selain memastikan bayi dalam kondisi nyaman, lengkapi juga dengan baju yang hangat serta earmuff untuk melindungi pendengarannya. Hal ini dilakukan agar anak Anda tidak mengganggu penonton lain yang sedang menyaksikan film tersebut.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Meksipun etika menonton masih banyak lagi, tetapi keempat poin di atas merupakan etika yang masih banyak dilanggar oleh masyarakat. Nah, agar Anda tidak merasa dirugikan dan juga tidak merugikan orang lain, yuk patuhi etika-etika menonton di bioskop.

Comments are closed.