Situs Belanja Online Memudahkan Anda Berbelanja

Lifestyle & Leisure

Situs belanja online memang memberikan banyak keuntungan, baik itu dari segi penjual ataupun konsumen. Tidak heran jika para pemilik bisnis banyak yang beralih dengan membuka situs belanja online.

Di Indonesia, sudah banyak situs belanja online bermunculan yang bisa menjadi tempat Anda untuk berbelanja. Hampir semua kebutuhan masyarakat bisa Anda dapatkan secara online. Misalnya pakaian, barang elektronik, tiket pesawat, penginapan, hingga pulsa listrik. Sudah bukan hal baru jika saat ini masyarakat Indonesia banyak memilih untuk bertransaksi atau membeli sesuatu secara online dibandingkan dengan transanksi langsung. Alasannya pun beragam, mulai dari belanja melalui situs belanja online lebih cepat, mudah, dan juga hemat.

Tidak dipungkiri memang tekhnologi terus berinovasi membuat masyarakat terpengaruh untuk terus mengikuti perkembangannya. Melihat situasi tersebut, mulailah bermunculan situs belanja online yang tentunya memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus ke luar rumah. Hanya bermodal smartphone atau laptop dan juga internet, Anda sudah bisa membeli barang tersebut. Selain itu, apa saja ya keuntungan dari berbelanja di situs belanja online?

Harga Lebih Murah dan Diskon Lebih Besar

Hampir semua situs belanja online menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko fisik. Alasannya, barang-barang yang Anda sering beli di toko tersebut dikenakan pajak bagunan. Sedangkan barang-barang yang dijual di internet tidak dikenakan pajak apa pun. Oleh karena itu, para pemilik bisnis sudah banyak yang beralih dengan membuka situs belanja online, meskipun harus mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.

Praktis Hemat Waktu

Anda yang sering berbelanja online pasti merasakan kenyamanannya yang berbeda karena tidak perlu memikirkan untuk pergi ke toko hanya untuk membeli barang. Terlebih lagi jika jarak toko tersebut yang jauh dari tempat tinggal yang banyak menyita waktu. Kenyamanan ini sangat dirasakan bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan sambil mengerjakan pekerjaan, Anda buka situs belanja online yang dipercayai dan temukan barang yang dibutuhkan dengan mudah.

Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Banyak Variasi Barang

Sebagian besar toko hanya memiliki produk terbatas. Biasanya Anda harus pergi ke beberapa toko untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan. Tentu ini sangat merepotkan. Belum lagi, transaksi yang harus dilakukan berkali-kali. Namun, jika Anda membelinya melalui online, kemungkinan barang-barang yang Anda cari bisa didapatkan dalam satu situs belanja online. Jadinya, Anda hanya melakukan satu kali transaksi saja dan ini sangat membantu untuk Anda yang ingin transaksinya diubah menjadi cicilan.

Privasi Terjaga

Belanja online memberikan privasi karena tidak ada orang lain yang tahu Anda berbelanja. Contohnya, membeli barang yang sensitif seperti pakaian dalam. Selain itu, pengiriman yang Anda terima dari belanja di situs belanja online, biasanya dibungkus rapi sehingga saat penerima barang pun Anda tak perlu menutupinya.

Trik Mencegah Penipuan di Situs Belanja Online

Di balik kemudahan dan keuntungan yang diberikan, pasti ada oknum tertentu yang ingin mengambil keuntungan sendiri dengan melakukan penipuan. Nah, untuk Anda tidak termasuk korban penipuan di situs belanja online, berikut ini yang harus diwaspadai. (Baca juga: Cek Saldo BPJS Lebih Mudah dan Praktis Sekarang)

Jangan Tergiur dengan Harga Barang Murah

Memberikan harga yang jauh lebih murah dari pasaran merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh penipu untuk memancing korban. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi, sebaiknya Anda melakukan beberapa survei terkait barang yang ingin dibeli dengan membandingkan harga dari berapa toko online. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan reputasi dari toko online tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih toko online yang memang sudah terpercaya sehingga transaksi yang Anda lakukan benar-benar tidak berisiko.

Testimoni Bukan Acuan

Hingga saat ini testimoni masih menjadi salah satu acuan seseorang untuk membeli barang. Padahal cara itu sudah tidak berlaku lagi saat ini. Para penipu sudah semakin pintar dengan memanipulasi banyak testimoni untuk mengelabui para korbannya. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam membaca testimoni asli dan palsu.

Selalu Minta Foto Barang Asli

Sudah saatnya Anda harus menjadi konsumen yang cerdas saat berbelanja online. Jangan pernah membeli barang tanpa Anda meminta foto aslinya terlebih dahulu. Sebab, banyak yang tertipu karena foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan barang yang dikirim. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu meminta foto barang yang akan Anda beli lebih dari satu kali.

Minta Nomor Resi Pengiriman

Ada beberapa situs belanja online yang tidak menyediakan jasa pengiriman pihak ketiga atau COD (Cash on Delivery) dengan berbagai alasan. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah asalkan Anda dikirimkan nomor resi pengiriman sebagai alat untuk melacak barang Anda sudah sampai mana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

Trik Mengecek Kredibilitas Situs Belanja Online

Saat ini, kredibilitasi bukan hanya untuk para lembaga jasa keuangan saja. Tetapi situs belanja online pun harus memiliki kredibilitas untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan kepercayaan kepada para konsumen. Lalu, bagaimana cara mengecek kredibilitas situs belanja online?

  1. Cari tahu asal usul perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut sudah memiliki izin resmi dari pemerintah atau belum.
  2. Menyertakan lokasi kantor yang lengkap dan jelas pada situs website-nya.

Bagaimana Cara Menjadi Konsumen yang Baik di Situs Belanja Online

  1. Simpan semua bukti-bukti pembayaran untuk berjaga-jaga bila sesuatu terjadi nantinya.
  2. Jangan pernah pelit untuk tidak memberikan ulasan dan pastikan ulasan yang Anda berikan sesuai dengan barang yang diterima. Sebab, review ini juga menjadi panduan konsumen lain dalam membeli barang.
  3. Ingat dan simpan toko online tersebut jika Anda merasa puas dengan pelayanannya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mencari barang lainnya.

Tidak dipungkiri memang situs belanja online memberikan banyak keuntungan untuk para konsumen. Jangan heran jika hampir semua masyarakat di Indonesia lebih nyaman berbelanja di situs online.

Comments are closed.