7 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

Lifestyle & LeisureTravel

Punya desain unik dan kapasitas penonton diatas rata-rata inilah deretan stadion sepak bola terbesar di dunia yang bisa memanjakan mata.

Bukan hanya kapasitasnya yang luas, desain yang ciamik juga menjadi salah satu tolak ukur beberapa stadion di bawah ini masuk ke dalam daftar terbaik di dunia. Penasaran mana saja yang masuk dalam jajaran stadion sepak bola terbesar di dunia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia Versi Worldatlas

ragam stasion sepak bola

7. Stadion Sepak Bola Estadio Azteca, Meksiko

Urutan paling bontot ditempati oleh Estadio Azteca dengan kapasitas penonton sekitar 87,523. Lapangan yang menjadi markas Tim Nasional Meksiko ini kerap digunakan untuk  ajang bergengsi. Di sini pernah berlangsung babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986.

Membutuhkan waktu yang lama untuk Meksiko membangun gelanggang sebesar ini. Lapangan yang diarsiteki oleh Pedro Ramírez Vázquez dan Rafael Mijares Alcérreca ini awalnya hanya punya daya tampung sekitar 107.494 penonton, itu pada 1961. Pemerintah Meksiko terus mengembangkan stadion ini hingga masuk jadi salah satu yang terbesar di Dunia.

Baca juga: Nonton Bola Sambil Traveling, Cek Cara Hematnya!

6. Wembley Stadium, Inggris

Wembey itu spesial bagi para pecinta si kulit bundar karena rumput hijau yang dimilikinya kerap jadi saksi perhelatan akbar para klub papan atas Inggris. Menjadi base camp Tim Nasional Inggris membuat rumput Wembley jarang sekali dijamah para atlet. Memiliki kapasitas 90.000 jiwa stadion ini juga biasanya dipakai untuk momen tertentu saja seperti semi final dan final FA Cup.

Wembley Stadium Sepak bola

Source: shutterstock.com

Sebelum dipugar pada 2007, kondisi Wembley cukup rusak dengan banyak retakan. Maklum saja sejak berdiri pada 1923 membuatnya jadi salah satu stadion tertua. Dulunya pun tidak pernah digunakan untuk sepak bola melainkan hanya tempat eksibis kerajaan Inggris, Kini Wembley sudah menjadi rumah bagi the Three Lions untuk lebih dari 80 tahun.

5. Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat

Bagi rakyat Amerika sepak bola memang bukan olah tubuh favorit jika dibandingkan base ball yang selalu jadi tontoan utama. Namun, hal ini bukan berarti negara Paman Sam tidak memiliki lapangan sepak bola yang mumpuni. Ya, dengan kapasitas 9.888.000 menempatkan Rose Bowl dalam deretan lima Stadion sepak bola terbesar di dunia.

Selain menjadi tempat untuk perhelatan antar klub liga Amerika, di stadion ini juga sering digelar berbagai konser bertaraf dunia. Bukan itu saja, tempat yang juga menjadi landmark bersejarah di California tersebut sering menjadi ajang pagelaran lomba atletik khususnya untuk Amerika Open.

Mulai dibuka pada 1922, Rose Bowl tidak lantas mendapatkan tempat di hati pecinta sepak bola dunia. Hal ini dikarenakan Eropa yang selalu jadi acuan utama stadion ini pun akhirnya lebih banyak digunakan untuk pertandingan-pertandingan berskala lokal dan nasional. Baru pada 1984 namanya ditenal karena kerap ditunjuk menjadi tuan rumah Final Piala Dunia FIFA 1994, Final Piala Dunia FIFA 1999, dan Pertandingan Medali Emas Olimpiade 1984, serta banyak pertandingan CONCACAF dan pertandingan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat lah tempat ini mulai tersohor.

Baca juga: 5 Kota Tempat Wisata di Eropa Bagi Penggemar Sepak Bola

4. FNB Stadium, Afrika Selatan

Stadion yang berada di pusat Afrika Selatan (Afsel) ini punya kapasitas lebih dari 94.000 penonton. Semenjak menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010, FNB Stadium semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Selain dikenal, stadion ini juga memiliki sebutan khusus yaitu The Soccer City.

Berlokasi di Nasrec dan berbatasan dengan wilayah Soweto di Johannesburg, Afrika Selatan menjadikan stadion ini sebagai rumah bagi salah satu tim di Liga Premier Afsel Kaizer Chiefs F.C. Tempat ini dikelola oleh Stadium Management South Africa (SMSA) dan menjadi rumah utama bagi Tim Nasional Afsel.

ragam stasion sepak bola

Source: shutterstock.com

Nama FNB sendiri diambil dari First National Bank yang menjadi penyokong utama, hingga FNB secar resmi dibuka pada 1989. Jika dibanding venue garapan negara Eropa dan Amerika, Afsel masih dibilang tertinggal. Namun, itu justru mendorong pemerintahnya berbeah diri hingga berhasil terpilih menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2010.

3. Stadion Sepak Bola Camp Nou, Spanyol

Memiliki kapasitas 99.354, Camp Nou adalah stadion bola terbesar ketiga di dunia. Terletak di Barcelona, stadion ini menjadi rumah bagi klub FC Barcelona. Camp Nou selesai dibangun pada tahun 1957 dan ketika itu pula telah menjadi stadion terbesar di Eropa. Banyak perhelatan sepak bola nasional dan internasional populer yang telah diadakan di stadion seperti Piala Eropa 1989 dan 1999, Copa del Rey, serta Piala Super UEFA.

Selain kemegahannya, terselip cerita unik dibalik penamaan Camp Nou ini. Sebenarnya pada 1957 silam, kala venue ini akan melakukan peresmian, para petinggi FC Barcelona saling berdebat soal nama yang pas. Ada yang menginginkan Estadi Joan Gamper (merujuk pada legenda sekaligus pendiri Barcelona), tetapi sebagian pejabat klub menolak usulan tersebut karena dianggap kurang familira ditelinga.

Nama Estadi del FC Barcelona akhirnya dijadikan pilihan. Namun, nyatanya nama ini juga kurang disukai oleh beberapa penggemar Barca (sebutan Barcelona). Mereka lebih suka menyebut Camp Nou yang dalam bahasa Catalan artinya kandang baru. Nama itupun bertahan hingga saat ini.

Baca juga: Berbagai Jenis Visa Spanyol dan Cara Membuatnya

2. Melbourne Cricket Ground (MCG), Australia

Meski masuk dalam deretan tiga teratas stadion  terbesar di dunia nyatanya tempat ini lebih banyak digunakan untuk gelaran olahraga kriket. Ini karena sepak bola memang bukan favorit bagi warga di Negeri Kanguru. Berkapasitas 100.000 lebih pentonton Cricket Ground dibangun dilahan seluas 171 m x 146 m. Terletak di Yarra Park, Melbourne, Victoria. Ini adalah stadion terbesar di seluruh belahan bumi selatan dan memiliki menara pencahayaan tertinggi di setiap tempat olahraga.

Melbourne stadium

Sejak dibangun pada 1853, MCG kerap jadi tempat utama untuk berbagai kompetisi diluar sepak bola. Pada 1956 misalnya MCG ini berfungsi sebagai stadion utama dari Olimpiade Musim Panas, juga jadi tempat berlangsugnya Commonwealth Games 2006 dan dua Piala Dunia Cricket: 1992 dan 2015.

1. Rungrado May Day (RMD) Stadium, Korea Utara

Cukup mencengangkan jika melihat Korea Utara menduduki tangga utama sebagai negara yang memiliki stadion bola terbesar di dunia, mengingat negara ini jarang sekali terlibat dalam kompetisi olahraga Internasinal. Terletak di pusat Ibu kota, Pyongyang RMD memiliki kapasitas penonton mencapai 114.000.

Pembangunannya sendiri selesai pada 1989 dan digunakan terutama untuk pertandingan sepak bola serta acara atletik. Stadion ini memiliki atap bergigi dengan lengkungan yang tampak seperti bunga magnolia. Lapangan utama memiliki luas 22.500 m persegi dan total luas lantai stadion adalah 207.000 meter persegi.

Tempat yang juga punya sebuat May Day Stadium ini tidak hanya pernah digunakan sebagai area bertanding para pemain sepak bola. Terbukti RMD ini juga pernah jadi tuan rumah World Festival of Youth and Students. Saat ini May Day Stadium lebih banyak digunakan untuk Festival Arirang.

Comments are closed.