Sering Mengalami Stres Kerja? Atasi dengan Cepat!

Lifestyle & Leisure

Meningkatkan fokus dalam bekerja memang harus dilakukan jika kondisi Anda sudah mulai stres dan progres pekerjaan semakin menurun. Oleh karena itu, berikut ini cara cepat atasi stres kerja.

Pekerjaan merupakan hal yang penting untuk semua orang. Bisa dikatakan bahwa pekerjaan adalah ujung tombak dari suatu kehidupan. Pekerjaan dapat menghasilkan uang dan uang tersebut digunakan untuk membiayai kehidupan. Namun, realitasnya bekerja tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memiliki pengetahuan, penguasaan, dan juga kemahiran dalam satu bidang. Meskipun Anda bekerja sesuai dengan passion Anda, tapi pasti akan ada waktu Anda mengalami stres akibat pekerjaan.

Jika performa pekerjaan Anda semakin lama semakin menurun karena hilangnya fokus, maka Anda harus berusaha mencari cara yang benar untuk meningkatkan fokus Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus dalam bekerja.

Penyebab Stres Kerja

Stres datang bukan secara dadakan pasti ada faktor yang mempengaruhinya. Kira-kira apa saja penyebab dari stres dalam pekerjaan ya?

Pekerjaan Menumpuk

Mayoritas pekerja atau karyawan stres dalam bekerja karena beban kerjanya yang berat. Beban kerja yang melebihi kapasitas karyawan tentunya mengakibatkan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Alhasil, setiap harinya karyawan sudah membayangkan tumpukan pekerjaan yang menunggu di kantor sehingga tidak ada lagi semangat untuk bekerja bahkan berangkat ke kantor.

mengatasi stres kerja

Untuk menyiasati agar pekerjaan tidak menumpuk, para karyawan sebenarnya memiliki hak untuk menolaknya secara harus. Namun, dengan catatan jika pekerjaan dalam keadaan overload.

Tidak Bisa Mengutarakan Pendapat

Memang betul ada sebuah hierarki dalam organisasi atau perusahaan di mana atasan memiliki wewenang atas anak buahnya, termasuk dalam penetapan pekerjaan dan delegasi kepada karyawan. Namun satu hal yang penting diperhatikan adalah bahwa bawahan atau karyawan bukanlah mesin atau robot, mereka juga manusia yang berhak diberi kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka.

Apakah masih ada tugas yang belum selesai dikerjakan, atau apakah menurut mereka tugas tersebut mampu dikerjakan. Mereka berhak menolak pekerjaan jika memang hal itu mustahil diselesaikan sesuai permintaan Anda.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis dan Gejala Gangguan Kecemasan

Instruksi yang Tidak Jelas

Salah satu penyebab stres kerja lainnya adalah saat Anda merasa bingung terhadap tugas yang diperintahkan. Saat terjadi hal seperti itu, otak terus berpikir akan apa yang harus dilakukan sehingga Anda mengakami stres kerja.

Di sini Anda sebagai karyawan tidak yakin dengan apa yang diharapkannya, maka cenderung mereka akan menjadi stres. Artinya, selagi proses delegasi pekerjaan, dibutuhkan komunikasi dua arah kembali.

Sebagai atasan, ada baiknya untuk menyeimbangkan dan konsisten dengan keinginan yang sudah ditetapkan dari awal. Sedangkan sebagai karyawan, berikan pertanyaan hingga Anda dan atasan sepakat akan apa yang didelegasikan. Jangan biarkan tugas tidak jelas dan hasilnya menjadi tidak sesuai dengan harapan atasan.

Ruang Lingkup yang Tidak Sehat

Salah satu seorang karyawan merasakan kenyamanan di kantor tersebut disebabkan lingkungan kantor yang nyaman dan sehat. Namun, jika antara karyawan saja merasa tidak ada kecocokan sehingga menghadirkan suasana yang tidak sehat, tentu ini menjadi mimpi buruk karyawan setiap harinya. Bukan hanya pekerjaan yang membuatnya stres, melainkan roang di sekililingnya yang menyebabkan ketidaknyamanan tersebut.

Baca juga: Penyakit Epilepsi: Ini Gejala dan Penyebabnya!

Cara Mengatasi

Buat Skala Prioritas

Tidak semua hal merupakan prioritas. Jadi Anda harus membuat daftar aktivitas yang akan Anda lakukan. Bagi semua aktivitas itu menjadi beberapa tingkat prioritas dan lakukan semua kegiatan berdasarkan prioritas terpenting.

Motivasi Diri

Memotivasi diri Anda untuk lebih fokus dalam bekerja merupakan satu hal yang positif. Pasalnya, hasil dari motivasi bisa membangun titik fokus yang jelas dalam perjalanan karier Anda. Jangan sampai Anda kehilangan motivasi diri, karena pekerjaan pun akan hambar dan susah untuk mengalami kemajuan.

Mendengar Musik Instrumental Bikin Kerja Jadi Tenang

mengatasi stres kerja

Memainkan musik instrumental juga merupakan salah satu hal yang bisa membuat Anda menjadi fokus. Banyak riset yang menjelaskan bahwa musik instrumental ini akan membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Cara ini bisa Anda lakukan ketika sedang bekerja supaya jiwa dan diri Anda lebih fresh.

Selingi dengan Kegiatan Menarik

Tidak ada salahnya dalam bekerja Anda selingi dengan kegiatan yang disukai. Lakukan hobi Anda, seperti menyanyi ataupun nonton bioskop. Jangan biarkan stres mengumpul pada otak, karena akan membuat badan Anda sakit dan lebih mudah drop.

Jangan Pernah Ragu

Hilangkan ragu-ragu dalam bekerja. Jika Anda bekerja, maka Anda harus yakin dengan setiap langkah yang Anda lakukan. Jadi, jangan sampai Anda melakukan semua pekerjaan dengan ragu-ragu. Hal itu hanya akan menghambat dan membuyarkan konsentrasi Anda.

Baca juga: Pengobatan Alternatif yang Paling Banyak Diminati di Dunia

Lakukan Meditasi untuk Hilangkan Kepenatan

mengatasi stres kerja

Jika Anda melakukan meditasi, maka pikiran pun bisa tenang. Dengan meditasi, Anda bisa belajar untuk lebih fokus. Ketenangan merupakan salah satu hal utama yang bisa meningkatkan performa dan efektivitas Anda dalam bekerja di kantor. Titik fokus bisa mudah didapatkan dengan melakukan meditasi.

Senam Mata

Kemudian melakukan senam mata. Sering kali rasa tidak fokus ini muncul akibat kelelahan memandang layar komputer. Jadi, dengan melakukan senam mata, diharapkan mata Anda bisa lebih relaks dan lebih mudah untuk kembali fokus dalam bekerja. Tak perlu lama dalam melakukan senam ini, yang penting Anda sudah merasa relaks saja itu sudah cukup.

Tingkatkan Kepekaan Anda

Milikilah rasa bersalah yang tinggi jika Anda sulit untuk fokus dalam bekerja. Ketika Anda tak fokus, maka Anda berarti telah membuang waktu dalam bekerja dan itu jelas tidak menyelesaikan masalah.

Demikianlah tip yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kembali fokus dalam bekerja. Jangan sampai pekerjaan Anda jadi keteteran karena kehilangan fokus dan kurang semangat. Selamat mencoba!

Comments are closed.