Surat Izin Sakit, Contoh dan Cara Membuatnya

Lifestyle & Leisure

Surat izin sakit dibuat dengan format beragam, bergantung pada institusi atau perusahaan yang dituju. Umumnya berisi nama pembuat surat dan tujuannya serta pernyataan yang mengatakan bahwa pemohon sedang sakit.

Sakit adalah musibah yang tak bisa kita duga atau rencanakan sebelumnya. Terlebih jika sakitnya itu mengharuskan kita menerima pengobatan intensif di rumah sakit. Pastinya akan mengganggu segala aktifitas yang tengah dikerjakan, terlebih bagi mereka yang bekerja. Sakit bisa menjadi petakan karena ancaman pemotongan gaji atau bahkan pemecatan bisa datang kapan saja. Disinilah pentingnya keberadaan surat izin sakit.

Memang, surat keterangan sakit dari dokter bisa juga dijadikan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar harus beristirahat. Namun beberapa kantor atau institusi ada yang mensyaratkan surat izin sakit jika ada pserta atau karyawannya yang tidak masuk kantor atau berhalangan hadir pada beberapa acara besar.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana menyusun surat izin untuk orang sakit yang baik dan benar. Disini akan kami bahas bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga: Waspada Surat Dokter Palsu, Ini Ciri-Cirinya

Cara Membuat Surat Izin Sakit

Banyak yang menyepelekan tentang pembuatan surat izin sedang sakit yang benar, karena merasa surat izin dokter sudah cukup mewakili mereka. Padahal surat izin yang dibuat pribadi juga menandakan bagaimana etika Anda dalam bekerja atau keseriusan Anda mengikuti sebuah kegiatan. Setidaknya beginilah alur sederhana menyusun surat izin yang memberitahukan bahwa Anda sakit:

cara membuat surat dokter

  • Tempat dan tanggal pada pembuatan surat
  • Tuliskan nama dan gelar kepada siapa surat tersebut ditujukan
  • Salam pembuka, umumnya yang biasa digunakan adalah “Dengan hormat”
  • Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif
  • Isi surat, jelaskan alasan pasti mengapa dibuatnya surat tersebut
  • Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada si penerima surat
  • Tanda tangan dari pihak yang meminta izin

Contoh Surat Izin untuk Anak Sekolah yang Sakit

Bandung, 20 Juli 2018

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B

SMAN 500 Bandung

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama     :  Riska Ayu

Siswa     : Kelas XI-B SMAN 500 Bandung

Alamat  : Jl. Pasopati No. 602 Bandung

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B agar memberikan izin sampai anak saya sembuh.

Demikian yang dapat saya kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

 

Orang tua/wali murid

 

Randy

Baca Juga: 3 Strategi Menyikapi Mahalnya Biaya Rumah Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Kalau untuk surat izin ini, sebenarnya tiap perusahaan punya kebijakan berbeda. Ada yang mewajibkan adanya surat izin ketika karyawannya sakit, namun ada pula yang tidak. Begitupun dengan formatnya akan berbeda tiap perusahaan. Anda bisa menanyakannya kepada para senior tentang format yang biasa digunakan, tapi umumnya bentuknya seperti ini:

Jakarta, 16 Juli 2018

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

  1. PTTTT

Jalan Cidurian No 89, Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap   : Olga Syahputra

Alamat                    : Jl. Kemusuk, Gang Pisang, Jakarta Barat

 

Jabatan                   : Staff Bagian SDM

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 16 Juli 2018 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit). Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Apabila besok kondisi badan masih belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau hasil pemeriksaan dokter dan saya sampaikan ketika masuk kembali ke kantor.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Olga Syahputra

jenis surat izin sakit

Contoh Surat Keterangan Sakit untuk PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS artinya Anda terikat penuh pada pemerintah. Tidak seperti perusahaan swasta yang lebih fleksibel dalam soal perizinan. PNS dalam instansi apapun diikat dengan aturan tegas, salah satunya bagaimana mereka harus membuat surat izin ketika tidak bisa masuk kantor karena sakit.

Pastinya memang lebih rumit proses penulisannya, untuk mempermudahnya lihatlah contoh formatnya ini:

Bandung, 13 Juni 2018

Hal                          : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 Lembar

 

Yang terhormat,

Kepala Dinas Kebudayaan Jawa Barat

Di Tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama Lengkap                  :  Ahmad Albar

N I P                                    :   19710308 199103 2 005

Pangkat                              :  Pembina  III  / a

Jabatan                               : Staff Bidang Kearsipan Dinas Kebudayaan Jawa Barat

Alamat                                : Kompleks Mekar Sari, RT 13, RW 6, Panyileukan Bandung

 

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 13 Juni 2018 hingga Rabu, 15 Juni 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 3 (tiga) hari. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Ahmad Albar

perbedaan surat dokter dan surat izin sakit

Perbedaan dengan Surat Sakit Dokter

Sering orang tidak bisa membedakan fungsi antara surat izin dan surat sakit dokter. Surat izin biasanya digunakan ketika kita merasa harus beristirahat, tanp meski berobat ke rumah sakit atau klinik. Masa berlaku surat ini juga tidak lama biasanya setengah hari atau satu hari kerja. Jadi kekuatan surat ini juga tidak begitu penuh.

Beda dengan surat izin dokter yang dibuat oleh rumah sakit, puskesmas, klinik atau bidan yang punya payung hukum berupa logo cap yang tertera pada tanda tangan dokter yang mengeluarkan surat sakit. Biasanya masa berlaku izin surat ini antara 2 hingga 3 hari dan terdapat diagnosa yang menyertakan pernyataan penyakit Anda.

Baca Juga: Apa BPJS Kesehatan Tanggung Semua Biaya Rumah Sakit?

Beberapa perusahaan bahkan ada yang memberikan waktu istirahat tambahan, khusus bagi karyawan dengan surat sakit dokter. Karena itu jika Anda benar-benar tidak merasa enak badan sebaiknya segerakan periks ke dokter agar bisa mendapatkan surat keterangan sakit yang legal, sehingga dapat beristirahat dengan maksimal.

Namun jangan sesekali melakukan upaya pemalsuan surat sakit dari dokter ya, karena ada ancaman pidana yang cukup lama dan denda sangat besar bagi mereka yang terbukti melakukan pemalsuan.

Comments are closed.