Surat Keterangan Domisili, Surat Sakti Pengganti KTP

Lifestyle & Leisure

Berpindah domisili berarti harus mengganti identitas atau KTP. Sayangnya, proses pembuatan KTP tak secepat yang kita bayangkan. Oleh karena itu, kita membutuhkan Surat Keterangan Domisili sebagai pengganti sementara KTP baru yang belum selesai dibuat.

Setiap orang yang tinggal di daerah mana pun di setiap negara sudah semestinya memiliki surat dan kartu yang merujuk pada identitas diri orang tersebut. Penduduk di Indonesia menggunakan Kartu Tanda Penduduk atau KTP sebagai kartu identitas yang valid dan sah secara hukum.

Umumnya, mereka yang telah memiliki KTP adalah yang sudah berusia 18 tahun dan menetap di suatu daerah dalam waktu yang cukup lama. Namun, karena satu dan lain hal, tak jarang seseorang keluar dari daerah tempat tinggalnya ke daerah yang baru. Jika hal ini terjadi, maka KTP yang dimiliki oleh orang tersebut tidaklah berlaku lagi. Sebab, KTP dibuat untuk menandakan bahwa seseorang merupakan bagian daerah tersebut.

Nah, jika seseorang sudah pindah dari daerah asal ke daerah yang baru, orang tersebut diwajibkan untuk membuat KTP baru sesuai domisili yang baru. Namun, bukan rahasia lagi jika proses pembuatan KTP tidaklah semudah membuka rekening suatu bank. Butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya KTP dicetak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Lalu, bagaimana cara seseorang yang baru pindah ke suatu daerah dan membutuhkan kartu identitas jika KTP di domisili yang baru belum selesai dibuat? Jawabannya adalah Surat Keterangan Domisili.

membuat surat keterangan domisili

Surat Keterangan Domisili atau yang biasa disingkat SKD adalah surat yang dibuat oleh pejabat di suatu wilayah atau domisili yang berisi data diri lengkap seseorang. Surat ini dibuat sebagai kartu identitas sementara sampai KTP orang tersebut telah selesai dibuat dan diberikan.

Bentuk SKD bukanlah kartu seperti KTP, melainkan kertas yang bertuliskan keterangan diri yang sudah dicap oleh pejabat di daearah tersebut. Setiap orang yang belum memiliki KTP diwajibkan untuk mengurus dan memiliki SKD karena banyak keperluan yang membutuhkan SKD sebagai pengganti KTP. Apa saja?

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan NIK KTP Elektronik Tanpa Surat Pengantar

Berikut 5 Manfaat Surat Keterangan Domisili

Pendaftaran Anak ke Sekolah

Bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak, pada saatnya pasti anak Anda akan menempuh pendidikan di sekolah. Nah, untuk mendaftarkan si kecil untuk masuk sekolah, Anda diwajibkan melampirkan identitas diri. Bagaimana Anda bisa memberikan syarat tersebut jika Anda belum memliki KTP di domisili yang baru? Itulah mengapa dokumen ini harus Anda buat dan miliki.

manfaat surat domisili

Bayangkan jika proses anak Anda untuk daftar masuk ke sekolah terhambat hanya karena tak memiliki SKD? Pasti akan sangat rugi, kan?

Pengurusan Beasiswa

Salah satu syarat dalam mengajukan beasiswa pendidikan adalah menyertakan identitas diri. Namun, bagi Anda yang belum memiliki KTP karena baru saja pindah ke domisili yang baru, surat domisili bisa menjadi pengganti yang sepadan. Sangat disayangkan bila Anda harus melewatkan beasiswa yang ada di depan mata hanya karena tak memiliki surat tersebut sebagai pengganti KTP untuk sementara waktu.

Baca juga: Cara Cek NPWP, Fungsi, dan Cara Daftar

Pengurusan Akta Lahir

Bagi keluarga baru, berpindah tempat tinggal ke daerah baru merupakan hal yang lumrah. Alasannya tak lain untuk memulai hidup baru bersama keluarga baru. Nah, jika saat pindah tempat tinggal ke daerah lain ternyata diberi karunia berupa buah hati, tentu Anda sebagai orangtua harus mengurus akta lahir sang anak.

Tapi, proses pengurusan akta anak tak bisa berjalan tanpa adanya keterangan identitas orangtua. Hal ini akan Anda rasakan jika Anda pindah domisili dan belum memiliki KTP. Keperluan seperti inilah yang membuat Anda harus memiliki SKD.

Pengurusan Lamaran Pekerjaan

Perusahaan pasti menginginkan karyawan dengan identitas yang lengkap dan benar. Jika Anda sebagai calon pelamar yang baru saja pindah domisili, tentu Anda belum memiliki KTP sebagai salah satu persyaratan yang seringkali diajukan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Namun, nyatanya banyak perusahaan yang menerima SKD sebagai pengganti sementara untuk KTP yang sedang dibuat oleh instansi kependudukan. Oleh karena itu, Anda perlu mengurus surat tersebut jika ingin melamar pekerjaan di daerah atau domisili baru. Bila tidak, harapan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut tentu hanya jadi harapan kosong.

Baca juga: Manfaat Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

Pengurusan Dokumen Legal Lainnya

Kita semua tahu bahwa setiap proses pengurusan dokumen legal membutuhkan KTP sebagai kartu identitas resmi. Tanpa KTP, proses pengurusan dokumen tersebut tak dapat berjalan. Jadi, andaikan Anda ada di posisi baru pindah domisili dan membeli rumah di daerah baru tersebut, lalu Anda diharuskan mengurus surat tanah Anda. Tentu hal ini tak dapat dilakukan karena Anda belum memiliki KTP di domisili tersebut.

Lagi-lagi, Anda harus gunakan surat domisili sebagai pengganti KTP yang belum selesai dibuat tersebut. Sebab, data yang tercantum di surat tersebut merupakan data yang sah dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh berbagai instansi dalam mengurus segala dokumen legal.

Sudah lihat betapa pentingnya surat ini, kan? Bagi Anda yang bepindah domisili, sambil menunggu KTP yang baru selesai, sebaiknya buat surat domisili terlebih dulu. Sebab, surat ini prosesnya sangatlah mudah dan tak memakan banyak waktu, cukup satu hari.

Baca juga: Memahami Asuransi Jiwa Unit Link Secara Mendalam

Prosedur dan Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

  1. Datangi rumah ketua Rukun Tetangga untuk meminta surat pengantar dan kemudian bawa ke kantor Rukun Warga untuk ditandatangani.
  2. Setelah ditandatangani oleh ketua Rukun Warga, datanglah ke kantor kelurahan dengan membawa surat pengantar beserta persyaratan pembuatan SKD (KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, pas foto, materai Rp6.000,00).
  3. Pihak kelurahan akan memeriksa kembali kelengkapan dokumen. Setelah dokumen lengkap dan benar, permintaan pembuatan surat domisili akan segera diproses.
  4. SKD yang telah berhasil dikeluarkan akan distempel oleh kantor kelurahan lalu difotokopi. Surat asli akan menjadi miliki Anda dan fotokopi akan digunakan sebagai arsip kelurahan.

Agar semua urusan Anda lebih mudah di daerah atau domisili baru, alangkah baiknya Anda mengurus Surat Keterangan Domisili. Sebab, banyak hal yang mengharuskan Anda melampirkan surat tersebut sebagai pengganti sementara KTP yang baru dan belum selesai dibuat.

Comments are closed.