Tak Hanya Buang Uang, Inilah Hobi yang Menghasilkan Uang!

Lifestyle & Leisure

Menghasilkan uang dengan bekerja sudah biasa. Bagaimana dengan menjalankan hobi? Faktanya, banyak hobi yang dapat menghasilkan uang saat ini.

Bagi sebagian orang, waktu senggang adalah kesempatan untuk melakukan hobi yang disukai. Tidak bisa dipungkiri, saat sedang bekerja, pasti hobi akan terbengkalai. Tapi, umumnya hobi membutuhkan uang yang tidak sedikit. Maka dari itu orang-orang rela merogoh kocek pada sesuatu yang menjadi hobinya.

Tapi, nyatanya tak semua hobi menghabiskan uang. Bahkan, di era modern seperti ini, hobi dapat menghasilkan uang yang mungkin lebih besar dari penghasilan pekerjaan tetap. Ya, hobi yang menghasilkan uang sangatlah banyak saat ini dan mungkin salah satunya adalah hobi yang sedang Anda geluti.

Bagaimana cara membuat hobi yang menghasilkan uang? Hal terpenting adalah dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan tentunya orang lain. Penasaran hobi apa saja yang bisa menghasilkan uang?

Simak Hobi Menghasilkan Uang:

Menulis

Sudah bukan rahasia jika menulis adalah salah satu jenis hobi yang menghasilkan uang. Menariknya, menulis juga merupakan salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak berlebihan, saat menempuh pendidikan, Anda pasti pernah diminta untuk menuliskan pengalaman atau artikel, bukan?

Tinggal mengolah kata dan belajar memahami diksi, hobi Anda bisa dijadikan pekerjaan dan menghasilkan uang. Tidak perlu menjadi penulis besar yang menerbitkan buku, banyak blogger yang bisa menghasilkan uang dan sekaligus mencari relasi.

Bahkan, sekarang ini, banyak sekali lowongan pekerjaan lepas bagi siapa yang dapat menulis artikel atau sejenisnya. Bayarannya pun tidak bisa dibilang kecil.

Bermain Game

Dulu, kita mungkin dimarahi oleh orangtua kalau terlalu banyak bermain game. Namun, sekarang rasanya orangtua perlu berpikir dua kali sebelum memarahi anak. Sebab, bermain game merupakan hobi yang menghasilkan uang. Banyak sekali orang yang sukses hanya karena bermain game, baik di YouTube maupun sebagai atlet e-Sports yang bertanding di kelas nasional dan internasional.

Jika tidak menjadi keduanya, Anda dapat menghasilkan uang dari bermain game dengan cara menjual akun game yang Anda mainkan. Faktanya, banyak sekali orang yang ingin membeli akun game yang berlevel tinggi dengan harga yang cukup fantastis.

Hobi Fotografi

Tidak terikat waktu, hobi fotografi adalah salah satu hobi yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun sejak para vendor mengeluarkan smartphone yang dibekali kemampuan kamera mumpuni.

Jika kebetulan Anda jalan-jalan ke tempat yang memiliki view menarik dan kebetulan menghasilkan foto yang bagus, jangan sungkan untuk disertakan dalam lomba foto.

Dan lagi, jika Anda memiliki kemampuan fotografi mumpuni, membuka jasa foto pernikahan atau dokumentasi dengan bantuan kamera DSLR. Tentu sangat menyenangkan bukan jika Anda hobi memotret tapi dapat menghasilkan uang sekaligus?

Hobi Desain Grafis

Sebagai informasi, dewasa ini informasi yang disampaikan oleh suatu media bergantung pada grafis gambar yang menyertainya.

Jika gambarnya tidak menarik, kadang orang malas untuk klik dan membaca informasi yang disampaikan. Di sinilah peran orang yang pandai dan hobi desain grafis dibutuhkan sehingga bisa menjadi hobi yang bisa menghasilkan uang.

Jadi jika Anda hobi di bidang desain grafis, jangan sungkan untuk sebarkan desain buatan Anda di internet lewat sosial media atau forum diskusi.

Hobi Musik

Hobi yang satu ini banyak digandrungi oleh anak muda dan juga merupakan hobi yang bisa menghasilkan uang. Jika Anda hobi musik dan mahir memainkan alat musik, jangan ragu-ragu untuk mengisi waktu luang Anda dengan melatihnya.

Menguasai alat musik bisa menuntun Anda untuk menggawangi sebuah band, anggota orkestra, atau bahkan guru les musik. Dan jangan salah, kebanyakan guru les musik bayarannya lebih mahal daripada guru les pelajaran biasa.

Terlebih di YouTube saat ini banyak sekali orang yang sukses menghasilkan uang hanya karena mahir bermain musik, cukup cover lagu musisi lain dengan cara yang berbeda.

Hobi Membuat Video

Sejak ada internet, hobi yang satu ini menjadi hobi yang paling banyak digandrungi oleh pengguna internet. Lewat YouTube, Anda bisa membagikan beragam video buatan Anda. Jika video Anda menarik, tentu Anda akan memiliki banyak subscribers. Nah, YouTube menyediakan mode monetize untuk video yang diunggah. Siapa tahu saja video yang Anda buat menghasilkan uang yang berlimpah laiknya YouTubers lainnya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Hobi Main Sosmed

Meski terdengar aneh, tapi memainkan sosial media atau sosmed ini memang sudah menjadi hobi yang menghasilkan uang sekarang ini. Seiring era mobile first, banyak perusahaan menggunakan internet untuk menjalankan bisnisnya. Nah, saat inilah peran Anda yang hobi bermain sosmed sangat berguna.

Anda bisa dibayar hanya untuk melakukan promosi lewat sosmed milik Anda (buzzer) atau dibayar untuk menjalankan sosmed milik suatu perusahaan.

Hobi Melukis

Bicara hobi yang menghasilkan uang, rasanya tak mungkin jika hobi melukis tidak dimasukkan ke dalamnya. Tidak harus jadi pelukis yang memiliki galeri untuk memamerkan karya Anda, Anda bisa menghasilkan uang dengan hanya melukis di kala senggang.

Saat ini banyak orang memberikan kado ke pasangannya berupa foto lukisan, kan? Anda yang hobi melukis sangatlah mungkin untuk membuatkan lukisan tersebut dan menghasilkan uang.

Bayarannya pun tidak murah, harganya berkisar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Semakin banyak orang yang memesan lukisan pada Anda, semakin banyak pula uang yang Anda hasilkan.

Hobi Masak

Memasak adalah keahlian yang dimiliki cukup banyak orang. Tidak terpaku hanya untuk para wanita, saat ini bahkan ahli masak di berbagai restoran dikepalai oleh kaum pria. Jika kemampuan memasak Anda mumpuni, Anda bisa coba-coba membuka usaha katering atau bereksperimen menghadirkan makanan baru yang unik.

Tak perlu membuka restoran, Anda cukup menawarkan masakan Anda melalui akun sosmed dengan sistem preorder. Saat ini, banyak sekali orang yang akhirnya berhasil menghasilkan uang dengan menjual masakannya melalui akun sosmed, mulai dari makanan ringan hingga berat.

Hobi Makan

Jika selama ini Anda terbiasa mengeluarkan uang untuk membeli makanan, Anda mungkin tidak percaya jika bisa dibayar hanya dengan makan. Namun, hal ini nyata adanya.

Jika Anda hobi makan dan juga kebetulan punya blog atau akun YouTube atau sosmed, kesempatan Anda menghasilkan uang sangat besar. Karena akhir-akhir ini, Anda pasti familiar dengan istilah FoodBlogger, bukan?

Hanya dengan bermodal me-review makanan atau tempat makan, Anda bisa mendapatkan banyak visitor yang kemudian nantinya bisa Anda jadikan untuk memasang adsense di blog atau akun YouTube Anda dan tentunya jadi buzzer makanan atau restoran di akun sosial media.

Di antara hobi di atas, mana yang kira-kira hobi yang sesuai dengan Anda? Jangan takut untuk mencoba, siapa tahu hobi Anda bisa menghasilkan uang seperti yang lain!

Comments are closed.