Jurus Jitu Tawar Menawar Belanja di Pasar Tradisional atau Pusat Perbelanjaan

Lifestyle & Leisure

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar proses tawar menawar di pasar ataupun toko berjalan dengan lancar. Apa saja cara itu?

Tawar menawar di pasar ataupun pusat perbelanjaan merupakan kegiatan yang wajar sekali diakukan dan sudah menjadi bagian hidup ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, hampir semua ibu rumah tangga merasa kurang pas jika tidak melakukan negosiasi soal harga dengan penjual.

Kegiatan ini biasanya sering dilakukan di pasar tradisional ataupun pusat perbelanjaan yang tidak mencantumkan harga pada produk tersebut. Misalnya, belanja sayuran di pasar atau perabotan rumah tangga dan baju di pusat perbelanjaan.

Namun, tidak semua tempat bisa Anda lakukan kegiatan ini ya. Contohnya, mal ataupun tempat yang sudah memiliki cabang toko tersendiri. Jadi, jika ingin melakukan tawar menawar harus tahu juga tempatnya ya. Nah, agar proses tawar menawar berjalan dengan lancar berikut ini jurus jitu yang harus dilakukan.

Trik Tawar Menawar

Lakukan Survei

Sebelum berniat untuk membeli produk, sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu sebagai pembanding harga dari toko yang satu dengan toko yang lain.  Anda bisa mencari perbandingan dengan mengunjungi empat sampai lima toko dan memilih toko dengan tawaran harga yang sesuai dengan keinginan Anda.

Bicara dengan Sopan

Meski Anda berbicara dengan pedagang di pasar, tidak ada salahnya mengedepankan kesopanan. Bahkan, kalau bisa gunakan bahasa yang lembut dan halus ketika pertama kali Anda bertanya harga produk. Hal ini ampuh lho untuk meluluhkan hati pedagang.

Bersikap baik dan sopan santun bisa menjadi poin tambahan untuk Anda melakukan proses tawar menawar dengan mudah. Sebab, jika bersikap kasar atau memaksa hanya membuat Anda dinilai tidak sopan dan membuat jengkel si pedagang.

Jangan Tawarkan Harga Lebih Dulu

Ada baiknya Anda tanya baik-baik kepada pedagang berapa harga barang tersebut dan jangan langsung menawar. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari kesalahan harga. Takutnya, harga yang Anda tawar malah di bawah pasaran atau lebih mahal dari harga yang diberikan.

Tapi ada baiknya juga sebelum Anda pergi membeli barang tersebut, pastikan sudah mengetahui harga pasaran di toko yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mencari harga rata-rata dan siapa tahu bisa mendapatkan yang paling murah.

Gunakan Uang Tunai

Kalau Anda akan membeli barang di pasar tradisional atau toko biasa,sebaiknya menggunakan uang tunai ketimbang kartu debit atau kredit. Transaksi dengan uang tunai lebih murah dibandingkan dengan kartu. Selain itu, tidak semua toko memiliki mesin EDC untuk kartu kredit ataupun debit. Jika ada, mungkin Anda akan dikenai charge yang lumayan besar.

Gunakan Bahasa Lokal

Menggunakan bahasa lokal juga menjadi trik jitu yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menawar. Sejauh ini, strategi tersebut cenderung berhasil. Jika Anda kebetulan sedang berada di suatu daerah dan berbelanja ke pasar setempat, coba gunakan bahasa asli mereka. Sebab, Anda akan dikenal sebagai masyarakat setempat dan bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan turis.

Jangan Emosi

Sikap baik yang harus dilakukan selanjutnya adalah menahan emosi. Apalagi jika harga yang Anda tawarkan tidak diterima. Biasanya jika Anda mengeluarkan nada tinggi, pedagang akan sulit dirayu dan mereka tidak akan memberikan harga yang murah. Tetap bersikap baik dan terus membujuk hingga harga yang Anda inginkan dikabulkan. Namun, jika tidak bisa, sebaiknya Anda tinggalkan toko tersebut dan cari toko lain tetap dengan kondisi yang baik ya.

Coba Menawar Setengah Harga

Proses tawar menawar bisa dilakukan dengan langsung menawar setengah harga. Tenang, ini bukan bermaksud sadis ya. Hal ini merupakan trik yang bisa membuat penjual memberikan harga lebih rendah. Dengan menawar setengah harga, tentunya penjual akan menolak atau tidak memperbolehkan. Lalu dimulailah tawar menawar hingga ditemukan harga yang disepakati untuk kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli.

Berpura-Pura Pergi

Trik selanjutnya adalah cara klasik yang terbilang ampuh sampai saat ini. Trik berpura-pura pergi atau berlaga tidak butuh membuat penjual tidak merasa di atas angin. Ketika trik ini dilakukan, biasanya penjual akan mencegah Anda untuk berpaling ke penjual lain dengan mencari kesepakatan harga yang baru supaya tetap membeli ke penjual tersebut.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Memborong Produk

Penjual biasanya akan memberikan harga yang miring ketika Anda membeli barang yang diperlukan dalam jumlah cukup banyak. Contohnya, seperti hukum ekonomi, penjual ingin mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya dan pembeli ingin memperoleh barang dengan harga yang seminim mungkin. Tidak ada salahnya, coba untuk tawar barang dengan membeli dalam jumlah lebih banyak. Trik ini biasanya berhasil, karena dagangan mereka akan cepat habis. Apalagi bila barang ya ia jual merupakan sayuran dan sejenisnya yang cepat akan layu dan tidak akan segar lagi bila dibiarkan lama.

Sembilan cara di atas sudah termasuk banyak dan bisa Anda coba dengan mudah untuk proses tawar menawar. Tidak perlu melakukan semuanya. Biasanya satu atau dua cara diikuti, Anda sudah bisa mendapatkan harga yang cukup murah. Namun, ingat ya, berkelakuan baik terhadap pedagang juga menjadi kunci keberhasilan proses tersebut.

Perhitungkan juga mengenai keuangan Anda. Jangan sampai keasyikan agenda belanja Anda malah tak sadar, kalau barang yang dibeli sudah menumpuk. Satu hal penting lainnya adalah sebaiknya buat daftar belanja. Agar Anda tidak “lapar mata” dan malah membeli semua barang tanpa pertimbangan matang.

Comments are closed.