Tip Sukses Siap Hadapi Tes CPNS, Ingin Tahu Rahasianya?

Lifestyle & Leisure

Berkesempatan mengukuti tes CPNS dan berhasil lolos merupakan impian banyak orang, tentu beberapa upaya harus dilakukan demi bersaing dengan ribuan peminat satu Indonesia.

Ranah pekerjaan yang menjanjikan dan banyak diminati para pencari kerja salah satunya yaitu menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pembukaan CPNS setiap tahunnya selalu menjadi kabar yang menggembirakan bagi orang-orang yang menunggu kesempatan mengarungi proses pemilihannya. Untuk dapat lolos CPNS, memang proses yang dilalui lumayan panjang, karenanya banyak orang yang mempersiapkan diri maupun berkas-berkas persyaratan jauh sebelum bulan tes CPNS dilaksanakan.

Berbeda dengan tes CPNS pada zaman dahulu, kini ujian dilaksanakan menggunakan sistem komputerisasi, yaitu dengan sistem CAT atau computer-assisted test. Sistem ini berguna untuk mengurangi kecurangan-kecurangan yang bisa saja terjadi saat ujian berlangsung. Menurut Bima Haria Kepala BKN, peserta tes harus serius bersiap menghadapi seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer-assisted test (CAT), sebab tes ini dikerjakan dengan computer yang canggih.

persiapan tes cpns

Tips Persiapan Ikuti Tes CPNS

Bagi Anda yang sangat menanti-nanti tes CPNS, sebelumnya ada baiknya Anda mempersiapkan diri supaya lebih siap menghadapinya, sebab tes seleksi Pegawai Negeri Sipil ini belum tentu diselenggarakan setiap setahun sekali. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pelajari untuk bisa melaksanakan tes ini dengan lancar.

Baca juga: Golongan PNS: Berapa ya Besaran Gaji dan Pensiunannya?

Pahami Sejarah Indonesia

Salah satu topik yang ditanyakan dalam tes adalah soal sejarah. Topik ini terangkum dalam sesi tes wawasan kebangsaan. Pertanyaan seputar sejarah perjuangan Indonesia hingga dasar-dasar negara pasti ada di dalamnya. Pertanyaan itu misalnya tentang kelahiran Pancasila dan juga pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945. PNS adalah seorang abdi Negara karenanya pnting untuk memiliki wawasan kebangsaan dalam pekerjaannya.

Ikut Bimbingan Belajar

Saat ini sudah banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan layanan belajar untuk mempersiapkan tes. Tak usah malu menjadi peserta bimbingan sebab dalam pelajaran kelak akan diberikan kiat-kiat untuk lulus tes, termasuk kisi-kisi soal ujian.

Ikut bimbingan juga memberi keuntungan selama pengelolanya sudah berpengalaman. Dari pengalaman itu, tentunya mereka sudah punya gambaran soal apa saja yang akan keluar. Namun, ada biaya yang harus Anda keluarkan jika ikut bimbingan belajar CPNS. Bandingkan dulu biaya dan materi tiap-tiap lembaga, bila ada kenalan yang pernah ikut bimbingan, tanyakan pula rekomendasinya.

Belajar Materi Secara Mandiri

Sebetulnya, pertanyaan-pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan sudah dibahas dalam pelajaran sekolah. Karena itu, salah satu cara menghadapi tips lulus tes ini adalah membuka lagi buku sejarah di sekolah. Atau bisa juga pinjam adik yang masih bersekolah. Pilihan terakhir adalah beli atau pinjam buku sejarah dari toko atau perpustakaan.

Intinya, jangan sampai lupa membekali diri dengan pengetahuan soal sejarah. Hal ini mungkin akan berat buat lulusan fakultas sains atau teknik. Tapi mau tidak mau tes ini mesti dihadapi dan ditaklukkan. Nyatanya banyak peserta CPNS yang justru gagal pada tes sejarah ini.

Baca juga: Proses dan Cara Membuat SKCK Tahun 2020

Berlaku Jujur Saat Tes

Tes saat ini sudah dijalankan dengan sistem keamanan yang ketat. Siapa pun yang menggunakan jasa calo akan ketahuan. Selain itu, bentuk kecurangan yang kerap ditemukan adalah menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Kini, pemerintah menggunakan alat pengacak sinyal dalam setiap penyelenggaraan tes.

Jadi, meski lolos dari metal detector, peserta tes tetap akan kesulitan menggunakan ponselnya untuk berbuat curang di ruangan tes. Pekerjaan sebagai CPNS tak bisa dimungkiri masih menjadi idaman banyak warga Indonesia, terutama para lulusan baru alias fresh graduate.

Orang yang ingin jadi PNS biasanya mengejar kepastian karier. Sebab, ada pandangan kalau sudah jadi PNS, sudah terjamin karier ke depannya. Padahal PNS zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu. Sekarang banyak pemerintah daerah yang getol mengawasi kinerja pegawainya, apalagi kementerian dan lembaga tinggi negara.

Sistem reward and punishment pun diterapkan, seperti dalam pemerintah provinsi Jakarta pada era Ahok. Pegawai yang ketahuan kerja tak becus bakal kena sanksi dari teguran hingga potongan tunjangan, bahkan sampai diberhentikan.

tahapan tes cpns

Kenali Tahapan-tahapan Tes

Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Tiap instansi memiliki model ujian yang berbeda tergantung kebutuhan. Secara umum, ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara.

Model dan materi ujiannya bisa berbeda-beda menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilalui dengan kriteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamar. Saat ini, TKD sudah dilaksanakan menggunakan sistem CAT seperti yang dijelaskan di atas. CAT memiliki 3 tipe soal dengan bobot nilai yang berbeda.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017, ada tiga jenis kelompok materi soal TKD. Ketiga materi tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK berisi materi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia. Soal-soalnya, biasanya seputar Pancasila, Undang-Undang, empat pilar kebangsaan, hingga sejarah Bangsa Indonesia. Karenanya, Anda bisa perbanyak membaca UUD 1945 dan juga buku sejarah Indonesia. Biasanya, soalnya bersumber dari materi tersebut atau hal-hal relevan yang dikaitkan dengan undang-undang.

kiat kiat tes cpns

TIU berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari peserta. Biasanya, ujiannya seputar deret hitung, sinonim, akronim, logika matematika dan sejenisnya. Ujian pada materi ini akan cukup berat bagi sebagian orang mengingat tidak semua orang menyukai matematika.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan materi-materi yang menguji integritas diri, semangat kerja, kreativitas, kerjasama, profesionalitas dll. Pada ujian ini, jawaban terlihat sangat subjektif karena bisa dikatakan hampir seluruh jawaban benar. Karenanya, hati-hatilah dalam menjawab pada bagian ini.

Dengan mengenal ketiga jenis ujian di atas, tentu kita bisa mempersiapkan diri lebih matang. Tidak ada yang tahu pasti gambaran soal yang akan keluar dari ketiga jenis materi tersebut. Semua dipilih secara acak oleh sistem nantinya. Karenanya, perbanyaklah belajar dan membaca.

Baca juga: Pilihan Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Latihan Simulasi CAT

Sedapat mungkin, berlatih pula dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer. Ada orang yang sama sekali belum pernah menhadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu, latihan dengan menggunakan simulasi CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian.

Saat ini, sudah banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas simulasi CAT secara online. Beberapa produk buku materi tes ini juga menyediakan aplikasi untuk berlatih CAT. Selamat berlatih bagi Anda yang akan mengikuti seleksi PNS tahun ini! Goodluck.

Comments are closed.