Membersihkan Rumah Setelah Liburan? Ikuti Tips Ini!

Lifestyle & Leisure

Membersihkan rumah setelah liburan adalah hal yang menyebalkan apalagi jika disertai tumpukan barang bawaan mudik yang belum dikeluarkan dari koper. 

 

Libur telah usai dan besok sudah waktunya kembali bekerja. Untuk Anda yang baru saja kembali dari liburan panjang H-2 bahkan H-1 masuk kerja, pasti tak terbayang bagaimana keadaan rumah yang satu minggu tak disentuh. Penuh debu dan tentu saja ditambah dengan koper dan oleh-oleh yang belum sempat dibongkar. Pekerjaan rumah pun jadi dua kali lipat banyaknya.

Membersihkan Rumah Setelah Liburan Panjang

Anda tak perlu cepat pusing dan panik karena pekerjaan rumah membuat istirahat tertunda. Anda tentu tidak mau hari pertama kerja setelah liburan menjadi suram dengan wajah yang lelah, bukan? Ada beberapa tip supaya waktu bersih-bersih Anda tidak berkepanjangan dan membuat waktu istirahat Anda tertunda. Apa saja? Coba ikuti beberapa langkah di bawah ini!

Unpacking Benda Penting dari Koper

Membersihkan rumah setelah liburan panjang termasuk mengeluarkan baju kotor, perlengkapan mandi, perlengkapan kecantikan, dan pasti sudah pasti oleh-oleh dari dalam koper. Jangan langsung keluarkan semuanya. Keluarkan benda-benda penting terlebih dahulu seperti baju kotor agar bau tidak sedap dan kuman tak terkurung lama di dalam koper. Langsung masukkan saja ke keranjang baju kotor atau lebih mudah langsung bungkus untuk segera diantar ke jasa laundry. Perlengkapan mandi dan kecantikan tentu akan digunakan besok saat Anda bekerja, maka keluarkan dan langsung letakkan di kamar mandi. Lalu bagaimana dengan oleh-oleh? Bila kondisi fisik Anda tidak terlalu kelelahan, Anda bisa langsung membongkarnya sekarang. Namun, bila Anda kelelahan dan oleh-oleh yang dibeli bukan makanan, sebaiknya biarkan saja dulu menginap di koper dan bongkar esok harinya setelah pulang kerja.

Bersihkan Bagian Krusial di Rumah

Kamar tidur dan meja makan adalah dua tempat utama yang perlu dijaga kebersihannya dari debu. Ambil sapu dan alat pel Anda, dan segeralah bersihkan dua tempat penting ini. Anda tak mau tidur bersamaan dengan debu dan udara lembap, bukan? Anda juga tentu tak mau makan bersama dengan debu-debu di meja makan yang sudah menumpuk. Jika Anda ingin langkah yang lebih singkat, Anda bisa memanggil jasa bersih-bersih rumah melalui aplikasi yang saat ini sedang tren.

Singkirkan Makanan Sisa yang di Kulkas dan Meja Makan

Selesai unpacking dan membersihkan bagian krusial di rumah, Anda pasti masih melihat beberapa makanan bingkisan lebaran yang Anda konsumsi sebelum liburan tertinggal di kulkas maupun meja makan. Sebaiknya cek satu persatu kembali apakah makanan tersebut masih layak dikonsumsi. Selain membuat kulkas dan meja makan Anda bersih, hal ini juga untuk menghindari Anda mengkonsumsi makanan tersebut tanpa pikir panjang setelah lelah membersihkan rumah.

Tip di atas cukup praktis, bukan? Jika Anda masih memiliki sisa tenaga, Anda bisa saja langsung memasak untuk mengisi perut lapar. Namun jika tidak, Anda bisa segera memesan makanan. Nyalakan televisi Anda dan bersantailah sambil menikmati waktu makan atau segelas teh favorit. Esok hari pasti Anda akan tampil segar di kantor karena tak ada rasa lelah tertinggal akibat bersih-bersih.

Leave a Reply