Tips Menukar Uang yang Aman, Nyaman, dan Mudah

Lifestyle & Leisure

Meskipun hal sederhana, tetapi menukar uang butuh ketelitian. Biar Anda tidak rugi sendiri nantinya. Ada beberapa trik jitu yang bisa Anda ikuti saat menukarkan uang dengan cara yang aman dan mudah.

Waktu liburan memang menjadi waktu yang paling dinanti-nantikan oleh setiap orang. Apalagi saat momentum lebaran nanti. Bukan hanya umat Islam saja yang memanfaatkan libur lebaran, tetapi masyarakat lain pun turut ikut memeriahkan waktu libur tersebut. Ada yang memilih untuk berlibur di dalam negeri, namun tak jarang pula orang-orang memilih untuk berlibur di luar negeri. Saat Anda akan berlibur ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah menukar uang. Berikut ini adalah tip menukar uang dengan pintar sebelum berlibur ke luar negeri.

Pilih Kurs Rupiah Terbaik

Kurs atau nilai tukar menjadi salah satu poin penting saat akan menukar uang. Pastikan kurs rupiah yang diambil tidak terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut hindarilah menukar saat di hotel atau di bandara. Kebanyakan orang yang tidak memiliki banyak waktu, memilih untuk menukar di dua tempat tersebut. Padahal, kedua tempat ini menetapkan nilai tukar yang cenderung tinggi. Jika Anda dalam posisi mendesak, cara menyiasatinya dengan menukarkan uang di dua tempat tersebut dengan nominal seperlunya saja agar tidak terlalu dirugikan. Namun, jika Anda memiliki waktu untuk bisa menukar di tempat lain yang tentunya memiliki kurs rupiah lebih baik, tidak ada salahnya untuk menukar uang di tempat tersebut.

Kartu Kredit

Agar mempermudah Anda untuk menukar uang, cara lainnya bisa menggunakan kartu kredit. Selain mempermudah transaksi, kartu kredit juga memiliki kelebihan, yaitu bisa menukarkan uang rupiah ke mata uang negara yang Anda tuju. Biasanya, bank yang menerbitkan kartu kredit akan memberikan manfaat yang lebih. Sehingga Anda bisa menukarkan uang dengan kurs yang tepat. Jadi Anda pun tidak merasa dirugikan.

Tukarkan di Bank Lokal

Tip menukar uang yang lainnya, yaitu dengan menukarkan uang tersebut di bank-bank lokal. Biasanya bank-bank lokal sudah menetapkan nilai ganti rupiah yang cenderung stabil dibanding tempat penukaran uang lainnya. Selain itu, apabila nilai ganti rupiah ditetapkan oleh negara, bank lokal biasanya akan menetapkan kurs yang lebih kecil. Karena inilah, menukar uang di bank jauh lebih baik dan terpercaya.

Sebelum berlibur ke luar negeri, segala hal memang harus dipersiapkan mulai dari kelengkapan dokumen seperti visa, paspor, barang-barang bawaan dan tukar uang. Dengan memperhatikan tips menukar uang di atas, tentunya hal itu akaan menjadi lebih mudah dan aman. Anda tidak perlu dipusingkan atau merasa dirugikan dalam hal menukar uang saat akan bepergian keluar negeri.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Leave a Reply