Trik Jitu Berolahraga Saat Bulan Puasa 

Lifestyle & Leisure

Berolahraga saat bulan puasa memang cukup berat dilakukan. Namun, puasa bukan menjadi salah satu penghalang bagi Anda untuk tidak berolahraga.

Kerap kali bulan puasa menjadi halangan untuk beberapa orang dalam melakukan olahraga. Aktivitas olahraga yang biasanya dijalankan menjadi terhenti pada saat bulan puasa datang. Terkadang hal ini dilakukan karena kita memang sedang dalam kondisi berpuasa dan tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki tenaga. Trik jitu berolahraga saat bulan puasa banyak dicari oleh banyak orang karena mereka harus tetap hidup sehat walaupun sedang berpuasa. Jika Anda dapat melakukannya dengan tepat maka Anda akan mendapatkan keduanya. Berpuasa dengan ibadah yang banyak dan juga tubuh sehat dengan tetap menjalankan olahraga. Mungkin yang harus diingat adalah mengetahui sampai seberapa batas tubuh kita untuk melakukannya. Jangan mengorbankan puasa yang sedang dijalankan. Berikut beberapa trik jitu berolahraga saat bulan puasa yang dapat Anda lakukan.

Tetap sehat selama berpuasa, lengkapi perlindungan dengan berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik di Futuready!

berolahraga saat berpuasa

Olahraga Sebelum Buka Puasa

Tentunya Anda masih bisa berolahraga saat bulan puasa. Ada beberapa cara untuk menyiasati itu semua itu, misalnya bentuk olahraganya yang diubah atau jam olahraganya yang dikurangi. Tidak masalah jika jam Anda dikurangi yang terpenting badan Anda masih bergerak. Contoh, selama bulan puasa Anda membatasi waktu untuk berolahraga menjadi tiga puluh menit setiap hari menjelang buka puasa. Mengapa menjelang buka puasa? Supaya stamina Anda yang terkuras dari berolahraga bisa cepat dipulihkan ketika waktu berbuka puasa. Namun, jika cara itu menurut Anda kurang efektif, tentunya Anda bisa melakukan olahraga setelah buka puasa, yaitu satu atau dua jam setelah berbuka. Supaya semua makanan yang Anda konsumsi sudah dicerna sehingga tidak bisa mengganggu aktivitas olahraga Anda.

Olahraga Ringan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain durasi Anda juga bisa mengganti olahraga yang sebelumnya Anda lakukan menjadi lebih ringan, seperti bersepeda santai, jogging, atau berolahraga dengan treadmill. Meskipun olahraga tersebut cukup ringan, tetapi badan Anda masih tetap bergerak dan mengeluarkan keringat.

Olahraga di Tempat yang Sejuk

Sebaiknya pada saat berolahraga Anda melakukan olahraga pada tempat yang sejuk. Jika melakukannya di tempat yang terbuka, maka sebaiknya dilakukan di bawah pohon atau tempat sejuk lainnya. Sehingga akan membuat Anda tidak merasakan haus dan juga capek yang berlebihan.

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan sehingga bisa membuat tubuh Anda tetap dalam kondisi yang prima dan juga menjaga kesehatan. Meski berpuasa cobalah untuk tidak menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan berbagai kegiatan bermanfaat. Cobalah untuk menjaga asupan makanan pada saat sahur sehingga tubuh tetap terjaga kondisinya. Cobalah untuk meminum susu atau minum multivitamin yang dapat membuat tubuh tetap prima meskipun sedang berpuasa. Asupan makanan yang tepat dan juga bergizi menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah lelah pada saat berpuasa. Trik jitu berolahraga saat bulan puasa di atas dapat Anda lakukan untuk tetap membuat tubuh sehat terhindar dari penyakit.

Baca Juga: Dehidrasi Saat Puasa, Bagaimana Mengatasinya?

Leave a Reply