Trik Mengajak Anak untuk Berpuasa Bersama di Bulan Ramadhan

FamilyLifestyle & Leisure

Meskipun Anak Anda masih kecil, tetapi tidak ada salahnya mengajak anak untuk berpuasa. Agar mereka mengenal dan mulai terbiasa dengan puasa.

Wajib hukumnya bagi umat muslim untuk menjalankan ibadahnpuasa di bulan Ramadhan. Khususnya untuk yang sudah baligh dan berakal sehat. Lalu bagaimana hukum menjalankan ibadah puasa untuk anak-anak?

Anak-anak yang belum memasuki masa baligh memang tidak diwajibkan untuk berpuasa, tetapi sebagai orang tua, Anda wajib untuk mengenalkan puasa kepada anak secara perlahan-lahan sejak dini. Hal ini agar anak terbiasa dengan puasa dan ketika waktunya sudah tiba mereka tidak akan kaget dengan kegiatan yang setiap tahun wajib dilakukan ini

mengajak anak untuk berpuasa Bersama secara tidak langsung memberikan energi positif untuk kehidupan keluarga Anda. Secara tidak langsung, Anda dan anak-anak semakin mendekatkan diri karena ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bersama, seperti sahur dan berbuka. Meskipun sedikit sulit, tetapi ada trik yang bisa dilakukan jika Anda ingin mengajak anak untuk berpuasa.

Tularkan Semangat Puasa Kepada Anak

Biasanya, semangat untuk berpuasa sudah terasa beberapa hari menjelang bulan Ramadhan. Momen itu bisa Anda lakukan untuk menjelaskan kepada anak-anak tentang bulan Ramadhan dan wajibnya berpuasa. Bukan hanya sekedar menjelaskan saja, tetapi Anda juga harus menularkan semangat berpuasa kepada anak-anak. Ini merupakan salah satu cara mengejak anak untuk berpuasa yang bisa Anda lakukan.

Tunjukkan Jika Puasa Itu Mudah

Mungkin untuk orang dewasa yang sudah terbiasa berpuasa, mengganggap bahwa menjalankan puasa itu bukan hal yang sulit, tetapi berbeda dengan anak-anak yang mungkin maish belum terbiasa untuk menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Namun, Anda harus tetap memberikan pejelaskan bahwa puasa itu mudah dilakukan asalkan semuanya didasari dengan niat yang tulus. Selain itu, Anda juga harus tetap tenang dan tidak menunjukkan rasa lapar maupun haus kepada anak, sehingga anak merasa termotivasi untuk mencoba.

Ajarkan Berpuasa Secara Perlahan

Anda tidak bisa menyuruh anak-anak untuk berpuasa seharian penuh. Belajar berpuasa untuk anak-anak bisa dilakukan dengan perlahan, contohnya puasa setengah hari, jika mendengar adzan dzuhur, anak-aanak diperbolehkan makan dan minum, kemudian dilanjutkan lagi berpuasa sampai waktu waktu berbuka tiba.

Berikan Hadiah

Trik mengajak anak untuk berpuasa yang terakhir adalah memberikan hadiah. Jangan sungkan untuk memberikan hadiah kepada anak jika bisa menyelasaikan puasa di bulan Ramadhan ini. Meskipun niat puasanya tertuju pada hadiah yang dicapai, tetapi setidaknya Anda harus mengapresiasikan usaha dan perjuangannya untuk belajar berpuasa.

Comments are closed.