11 Daftar Universitas Tertua di Dunia

Lifestyle & Leisure

Keberadaan universitas tertua di dunia menjadi bukti nyata peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan. Siapa sangka universitas paling tua di dunia sudah berumur lebih dari seribu tahun.

Anda pasti mendambakan bisa bersekolah atau bahkan kelak bisa menyekolahkan keturunan Anda di sebuah universitas bergengsi dan berkualitas. Kualitas pendidikan pada sebuah institusi pendidikan memang tidak bisa hanya diukur dari seberapa lama institusi tersebut berdiri. Namun, kualitas pendidikan bisa saja lebih berkembang bagi universitas yang sudah lebih lama berdiri dikarenakan latar belakang pengalaman yang sudah ditempa lebih lama.

Di dunia, banyak universitas berhasil mencetak generasi-generasi yang berkualitas dikarenakan sistem pendidikannya yang sudah maju dan berkembang, tak terkecuali pada universitas tertua di dunia berikut ini.

Daftar Universitas Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi Hingga Saat Ini

Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas Al-Qarawiyyin atau disebut juga universitas Al-Karaouine terletak di Fes, Maroko. Universitas ini merupakan universitas tertua yang masih beroperasi sampai sekarang. Universitas ini didirikan pada tahun 859, yang berarti sudah berumur 1160 tahun.

Pada awalnya, bangunan universitas ini adalah sebuah masjid yang kemudian secara perlahan-lahan berkembang menjadi tempat menimba ilmu. Ilmu pengetahuan alam menjadi ilmu utama yang dikembangkan di sini. Tempat ini juga menjadi salah satu pusat spiritual muslim dunia.

Universitas Al-Azhar

Al-Azhar universitas tertua di Indonesia

Universitas Al-Azhar berada di ibukota Mesir, Kairo, d imana universitas ini didirikan antara tahun 970-972. Selain sebagai universitas tertua kedua setelah Al-Qarawiyyin, universitas ini juga merupakan salah satu pusat pendidikan utama sastra Arab, Islam Sunni, dan berbagai pembelajaran Al-Quran.

Baca Juga: Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia

Selain itu, di universitas ini juga diajarkan ilmu pengetahuan modern dan juga terdapat sebuah perpustakaan yang dianggap sebagai harta karun Islam. Karena hal itulah, banyak ulama-ulama besar yang belajar ditempat ini, termasuk juga ulama-ulama Indonesia.

Universitas Bologna

Universitas Bologna terletak di kota Bologna, Italia, merupakan universitas pertama yang didirikan di Eropa, dimana diketahui didirikan pada tahun 1088.

Pada masa Perang DuniaII, banyak pemimpin negara Eropa yang menempatkan mahasiswa-mahasiswa mereka di universitas ini. Tujuannya adalah untuk menjalin dan memperkuat institusi-institusi dengan negara yang lebih maju. Sampai sekarang, Universitas yang sudah memiliki 23 fakultas ini masih dianggap sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Eropa.

Universitas Paris

Menurut sejarahnya, universitas yang juga dikenal dengan nama Universitas Sorbonne ini memulai proses belajar-mengajar sejak tahun 1096 dan baru didirikan resmi antara tahun 1160 hingga 1250 di ibukota Perancis. Universitas ini pernah diskors antara tahun 1793 hingga 1896 karena mengikuti Revolusi Perancis.

Sampai sekarang, universitas ini menjadi salah satu universitas paling terkenal dan prestisius di dunia, di mana sudah banyak para Ilmuwan, pemenang Nobel, hingga politikus yang menempuh pendidikan di universitas ini.

Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota, yang telah dibagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970, yang semuanya mempertahankan reputasi tinggi dari universitas asli. Dari seluruh Lembaga tersebut, peringkat tertinggi adalah  Universitas Sorbonne (merger baru Paris-Sorbonne Universitas dan Pierre dan Marie Curie University, peringkat bersama 75 di dunia) dan  Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne (bersama 299).

Universitas Oxford

Oxford univesitas tertua di Dunia

Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini juga tidak jelas kapan didirikannya, tapi secara formal disebutkan bahwa universitas Oxford didirikan pada tahun 1096.

Universitas ini berkembang pesat setelah Raja Inggris saat itu yaitu Raja Henry II melarang mahasiswa-mahasiswa Inggris belajar di Universitas Paris pada tahun 1167. Hingga sekarang, universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

Baca Juga: 7 Aplikasi Belajar Online yang Cocok untuk Pelajar dan Pengajar

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge disebut-sebut sebagai universitas yang sama derajatnya dengan Universitas Oxford, di mana universitas ini juga termasuk universitas tertua yang masih beroperasi. Universitas ini didirikan oleh beberapa sarjana yang meninggalkan Oxford setelah terjadi sengketa yang terjadi pada tahun 1209.

Oxford dan Cambridge dipandang sebagai universitas paling bergengsi di Inggris, di mana keduanya sudah memiliki sejarah kompetisi yang cukup lama satu sama lainnya. Sampai saat ini, Universitas Cambridge termasuk salah satu unversitas terbaik dunia.

Universitas Salamanca

Salamanca univesitas tertua di Dunia

Universitas ini terletak di negara Spanyol, tepatnya di Salamanca dan didirikan pada tahun 1218. Pada tahun 1225, universitas ini baru mendapatkan gelar “universitas” dari Paus Alexander IV.

Universitas ini didirikan oleh raja Alfonso IX Leonese yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi masyarakat Leonese untuk menimba ilmu. Karena memiliki jurusan hukum gereja dan hukum sipil, banyak mahasiswa yang tertarik masuk ke universitas ini, termasuk mahasiswa dari Paris dan Bologna.

Hingga sekarang, Universitas Salamanca tetap menjadi favorit mahasiswa Spanyol yang ingin fokus belajar tentang Humaniora dan studi bahasa.

Universitas Padua

Universitas Padua didirikan pada 1222 dan merupakan salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi. Università di Padova menjadi bagian penting penelitian awal revolusioner dalam astronomi, hukum, kedokteran, dan filsafat.

Universitas ini menjadi tempat lahirnya drama terkenal William Shakespeare yaitu The Taming of the Shrew. Pada 1545, Università di Padova mendirikan Kebun Raya Padova dan sekarang menjadi salah satu taman akademik tertua di dunia.

Universitas Naples Federico II

Didirikan pada tahun 1224 oleh Frederick II, Universitas Naples Federico II terletak di Napoli, kota terbesar ketiga di Italia dan salah satu kota tertua di dunia.

University of Naples Federico II mengajar berbagai program untuk sekitar 100.000 mahasiswa. Salah satu alumni bersejarah yang paling terkenal yang lahir dari universitas ini adalah filsuf dan teolog Thomas Aquinas.

Universitas Siena

Terletak di kota kecil Siena di wilayah Tuscany, University of Siena adalah salah satu universitas tertua dengan kedudukan global yang kuat. Dengan jumlah pendaftaran lebih dari 20.000, University of Siena berisi mahasiswa yang berjumlah hampir setengah dari seluruh penduduk kota. Pusat kota itu sendiri dinyatakan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikunjungi setiap tahun oleh lebih dari 163.000 turis yang datang untuk wisata kuliner, seni, museum, dan warisan abad pertengahan.

Baca Juga: Mendukung Generasi Penerus Lewat Beasiswa LPDP

Universitas Coimbra

Coimbra universitas tertua di dunia

Meskipun awalnya didirikan di ibukota Portugis pada tahun 1290, Universitas Coimbra direlokasi beberapa kali oleh beberapa raja terdahulu, sehingga akhirnya menetap di Coimbra, pusat kota terbesar ketiga di negara itu dan rumah bagi banyak sejarah era Romawi.

Dengan komunitas mahasiswa lebih dari 24.000, Universitas Coimbra telah melalui banyak reformasi radikal dan selama beberapa dekade di abad ke-18 itu adalah satu-satunya universitas yang beroperasi di Portugal.

Pada 2013, University of Coimbra ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai pengakuan atas bangunan bersejarah, halaman terbuka, tradisi budaya, dan pemandangan kota yang menakjubkan.

Dari universitas tertua di dunia di atas, mana universitas yang paling ingin Anda kunjungi?

Comments are closed.