Waspada! 5 Bahan Makanan Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Lifestyle & Leisure

Jangan sembarang mengonsumsi makanan, karena bisa jadi bukannya menyehatkan melainkan merusak kesehatan kulit Anda!

Mendapatkan kulit yang sehat dan indah dibutuhkan perjuangan ekstra. Ada banyak perawatan yang harus Anda lakukan. Bukan hanya perawatan dari luar saja, tetapi dari dalam pun perlu Anda lakukan. Salah satu cara perawatan dari dalam untuk mendapatkan kulit yang sehat, yaitu memperhatikan apa yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, kelima bahan makanan ini mungkin menjadi penyebab kulit Anda terlihat kusam dan kering.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%

kesehatan kulit

Gula

Jerawat adalah teman gula. Kulit memerah dan inflamasi akan terus-menerus menjadi masalah jika Anda tidak mengurangi kadar gula dalam asupan Anda. Perhatikan dengan saksama label makanan kemasan, dan Anda akan terkejut melihat banyaknya gula di dalamnya. Jika di wajah Anda sudah mulai timbul jerawat, segeralah mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Tidak ada salahnya Anda untuk cermat dan memperhatikan komposisi kandungan apa saja yang ada di makanan tersebut sebelum mengonsumsinya.

Makanan dengan Pengawet

Makanan kemasan, makanan cepat saji, atau makanan apa pun yang memiliki bahan pengawet, seperti roti putih, french fries, chips, minuman bersoda, hingga permen, akan membuat kadar gula darah Anda meningkat tajam. Ini akan membuat hormon Anda menstimulasi produksi minyak yang berlebihan, pori-pori yang tersumbat dan membuat kulit menua. Tentunya hal itu yang tidak diinginkan sekali oleh Anda bukan? Bukan hanya untuk kesehatan kulit saja, jenis makanan tersebut juga tidak baik untuk organ tubuh lainnya, lho.

Kafein

Minuman berkafein akan membuat Anda dehidrasi, yang mana akan memengaruhi elastisitas kulit dan kolagen. Artinya, kulit akan lebih rentan terhadap masalah-masalah seperti kerutan atau tidak kencang. Namun, sudah banyak orang yang tidak bisa dilepaskan dari kafein. Boleh saja Anda tetap mengonsumsi ini, tetapi harus memiliki takaran dan aturan minumnya. Jika Anda tidak bisa mengabaikan kafein, imbangi dengan delapan gelas air putih per hari untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Udang, Kepiting, dan Lobster

Ketiga jenis makanan ini memang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Tidak heran jika banyak sekali orang yang mencintai makanan seafood ini. Namun, tanpa Anda sadari, ketiga makanan tersebut memiliki kadar iodin yang tinggi, yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Duh, kenyataannya tidak semua makanan enak bisa membuat tubuh dan organ lainnya sehat juga ya. Jika Anda tetap menginginkan aneka seafood, opsi lainnya adalah ikan, yang di dalamnya terkandung asam lemak omega yang justru bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

Leave a Reply