Whatsapp Web, Fitur dan Kelebihan yang Ditawarkan

Lifestyle & Leisure

Whatsapp web menawarkan sejumlah kelebihan seperti pengiriman dokumen dalam berbagai file dan obrolan grup yang memudahkan kita terhubung dengan banyak orang dalam satu waktu.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi percakapan atau chatting paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna yang aktif setiap harinya. WhatsApp tercatat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store dan App Store selama periode 2019.

Aplikasi yang dibangun oleh dua mantan karyawan Yahoo! Brian Acton dan Jan Koum ini pertama kalinya meluncurkan whatsapp pada November 2009 dan hanya dapat diunduh oleh pengguna Iphone. WhatsApp dikepalai oleh Chris Daniels mulai mengekspansi bisnisnya ketika diakuisisi oleh Facebook pada 2014.

Setelah itu pengguna whatsapp terus meningkat dan bukanya hanya pengguna Iphone yang bisa mengaksesnya namun juga smartphone berbasis Android. Jika dulu pelanggan whatsapp kudu membayar USD 1 tiap bulan untuk terus menikmati layanan ini. Kini setiap orang dapat menikmatinya secara gratis.

Tak puas dengan hanya menciptakan aplikasi chatting, whatsapp kemudian melebarkan sayap bisnisnya dengan melahirkan whatsapp web, yakni aplikasi whatsapp yang dapat dioperasikan di PC atau laptop. Kini whatsapa jadi andalan sebagian besar pekerja kantoran yang ingin tetap terkoneksi dengan kerabat dan teman tanpa harus meninggalkan PCnya.

Baca juga: Quarter Life Crisis, Definisi dan Hal yang Perlu Diketahui

Fitur Whatsapp Web

aplikasi whatsapp web

Sebenarnya fitur yang terdapat pada whatsapp web tidak jauh berbeda dengan whatsapp pada aplikasi mobile. Berikut adalah beberapa fitur pada layanan tersebut yang mungkin belum kamu tahu:

1. Fitur Pesan

Padal halaman websitenya pihak whatsapp menekankan bahwa aplikasi pesan mereka mengandalkan reliabel dan kesederhanaan. Kamu cukup mengandalkan koneksi internet pada ponsel untuk dapat mengirimkan pesan tanpa biaya sms. Kirim pesan ke teman dan keluarga gratis kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet yang tersambung ke smartphone.

2. Chat Grup

Menjadi salah satu fitur paling menarik. Kamu bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang penting , seperti keluarga atau rekan kerja. Dengan chat grup, kita  dapat membagikan pesan, foto, dan video hingga 256 orang sekaligus. kita juga dapat memberi nama grup, membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi.

3, Membagikan Foto dan Video

Keunggulan lain dari fitur yang ditawarkan whatsapp adalah dapat membagikan foto dan video meski koneksi sedang lambat. Tidak ada pembatasan jumlah foto yang dapat dikirim. Kamu bisa mengirim sebanyak apapun video dan foto selama memori hape penerima masih mencukupi.

4. Mengirim dan Menerima Dokumen

Bagi pekerja kantoran yang sering berkirim dokumen fitur ini tentu sangat membantu. Hanya dengan satu kali klik kamu dapat mengirim dokumen dalam format PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow dll. Tak perlu repot membuka email yang meminta password dll. Kamu dapat mengirimkan dokumen dengan batas ukuran maksimum mencapai 100 MB.

Baca juga: Paypal Indonesia, Pembayaran Virtual Banyak Manfaat

Kelebihan Menggunakan Whatsapp Web

Ada beberapa kelebihan yang hanya dapat kamu rasakan ketika menggunakan aplikasi whatsapp berikut diantaranya:

#1. Jaminan Keamanan

Untuk menjamin kerahasiaan setiap percakapan penggunanya, whatsapp

membangun enkripsi end-to-end. Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan kamu akan secara otomatis diamankan, jadi hanya orang yang berkomunikasi dengan kamu saja yang dapat membaca pesan bahkan WhatsApp sekalipun.

#2. Ringan dan Murah

Aplikasi whatsapp web ini cukup ringan dibuka di PC kamu sehingga tidak pernah ada bug. Kecepatan pengiriman pesannya bahkan seringkali lebih cepat dibanding versi mobile. Penggunaannya juga tidak memakan banyak kuota seperti aplikasi chatting lainnya.

#3. Tidak Perlu Unduh

Kelebihan lain dari whatsapp web ini adalah kamu tak harus mengunduhnya lebih dulu jika ingin menggunakannya. WA Web dapat langsung kamu gunakan dengan mengaksesnya pada software browser di laptop, misal pada Google Chrome atau Mozilla Firefox.

#4 Dapat digunakan untuk Mengirim Berbagai Dokumen

Kemudahan dalam penggunaannya juga didukung dengan layanan atau fitur yang paling lengkap. Selain sebagai aplikasi percakapan kita dapat memanfaatkannya untuk mengirim dokumen pekerjaan dengan berbagai ukuran.

Kekurangan

kelebihan whatsapp
Meski menawarkan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi lain, namun whatsapp web bukan tanpa kelemahan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang masih saja mendera aplikasi ini

  • Ponsel utama yang terpasang WhatsApp harus selalu terhubung ke jaringan internet.
  • Tidak dapat menggunakan beberapa fitur, seperti panggilan suara dan video, mengunggah status WhatsApp, dan mengirim lokasi.
  • Tidak dapat digunakan lebih dari satu browser sekaligus.
  • Tidak dapat mengubah pengaturan download media, jadi semua foto dan video yang dikirim otomatis akan terunduh. Ini sering membuat memori pada ponsel lekas penuh.

Cara Menggunakan Whatsapp di PC

Sesuai namanya whatsapp web memang diperuntukkan dibuka melalui browser. Tak perlu risau penggunaannya sangat mudah. Begini langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buka situs whatsapp web yakni web.whatsapp.com pada laptopmu

Langkah 2

Di monitor akan ditampilkan QR Code di sebelah kanan PC, dan dibagian kiri ada beberapa penjelasan tentang tata cara penggunaan layanan tersebut. Baca baik-baik penjelasan tersebut. Ada pilihan “tetap masuk” yang disediakan jika kamu ingin login secara otomatis ketika membuka browser di lain waktu. Aktifkan mode ini supaya kamu tidak repot lagi membuka situs whatsapp web

Langkah 3

Siapkan Aplikasi whatsapp di ponsel kamu. ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.

Langkah 4

Ketika mencoba menyambungkan PC dengan ponsel, secara otomatis whatsapp akan meminta penggunanya melakukan scan barcode yang akan muncul dilayar monitor. Jika scan berhasil kamu akan dialihkan kembali ke tampilan whatsapp web dengan tampilan monitor yang menunjukkan deretan percakapan terakhir yang kamu lakukan

Langkah 4

Inilah langkah yang sering diabaikan, yakni logout dari monitor. Meski kamu adalah pemilik utama PC yang sedang digunakan, namun upayakan untuk tetap logout ketika tak lagi menggunakannya. Caranya Pun mudah tinggal klik ikon tiga titik > WhatsApp Web > Keluar dari semua perangkat.

Baca juga: Produk Finansial yang Wajib Anda Miliki di Masa Depan

Itulah beberapa langkah atau cara menggunakan whatsapp di pc, ingat ya layanan ini ini dapat digunakan pada Android maupun MacOs. Langkah-langkah penggunaannya di MacOs juga sama dengan penggunaan pada Android.

Selalu bijak gunakan aplikasi ini pada browsermu dan jangan lupa untuk selalu logout, agar kerahasiaan terjamin. Jangan gunakan untuk tindakan kejahatan seperti membajak ponsel seseorang, karena ini dapat dikenai hukuman.

Comments are closed.