3 Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Mobil

Jika Anda dihadapkan dengan jalanan yang menanjak, tidak perlu khawatir. Sebab, ada tiga cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang bisa Anda pelajari agar mengemudi mobil di tanjakan bisa berjalan dengan lancar.

Setiap orang memang harus mengikuti pelatihan lebih dalam mengemudi mobil. Sebab, ada beberapa teknis khusus yang harus dimengerti agar mengemudi mobil sesuai dengan prosedurnya. Salah satunya adalah cara mengemudi mobil manual di tanjakan. Seperti yang kita ketahui, mengemudi mobil di tanjakan terbilang cukup sulit, apalagi jika mobil yang digunakan memiliki transmisi manual. Memang dibutuhkan teknik khusus yang harus dilatih agar Anda bisa mengemudi mobil di tanjakan dengan benar.

Ada tiga cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang bisa Anda pelajari. Apalagi untuk Anda yang baru belajar atau masih merasa kesulitan ketika mengemudi mobil di tanjakan, tentu artikel ini sangat membantu agar Anda bisa mengemudi mobil dengan benar dan sesuai prosedur.

Hindari Kepanikan

Saat jalanan di depan Anda tampak mulai menanjak dan cukup sulit, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan panik. Sebab, kepanikan hanya bisa membuat Anda stres dan kemungkinan besar akan melakukan hal salah yang berakibat fatal. Oleh karena itu, Anda harus bersikap tenang dan fokus dengan ilmu yang sudah Anda miliki dalam mengemudi mobil.

Turunkan Transmisi ke Posisi Satu atau Dua

Perbedaan antara mobil matic dan manual berada pada transmisinya. Cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang benar, yaitu sebelum mulai menajak pastikan gigi sudah turun di posisi satu atau dua. Hal ini agar Anda bisa melalui tanjakan dengan sempurna tanpa ada kendala apa pun. Perlu diingat ya, jangan pernah menggunakan gigi tiga atau empat ketika menanjak. Sebab, jika Anda menggunakan gigi tersebut sudah dipastikan mobil tidak akan bisa menanjak bahkan kemungkinan besar mobil akan mundur dan menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Gunakan Rem Tangan Jika Ingin Berhenti di Tengah Tanjakan

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang berikutnya adalah penggunaan rem tangan. Biasanya, rem tangan ini sering digunakan jika tiba-tiba mobil harus berhenti di tengah tanjakan, misalnya karena macet. Hal ini disebabkan rem tangan memiliki fungsi yang cukup penting karena bisa mencegah mobil mundur. Jika dalam keadaan macet di tengah tanjakan dan Anda belum memiliki kemahiran dalam menyeimbangkan antara gas dan kopling, Anda bisa menggunakan rem tangan untuk membuat mobil berhenti. Namun, perlu diingat ya, jangan lupa posisikan di gigi satu ketika Anda mulai maju kembali.

 

Comments are closed.