3 Fungsi Utama Peredam Panas Pada Kap Mesin Mobil

Mobil

Meski terlihat sepele, tetapi peredam panas untuk kap mesin mobil memiliki fungsi yang penting sebagai fitur kenyamanan Anda dalam berkendara

Pernahkan Anda mendengar peredam panas untuk kap mesin mobil? Mungkin untuk sebagaian orang sudah mengenal benda yang satu ini. Namun, untuk Anda yang belum mengenal, benda ini berfungsi untuk meredamkan panas pada kap mesin mobil. Anda bisa menemukan benda ini di atap kap ketika Anda membuka kap mesin mobil.

Secara fisik, peredam panas kap mesin mobil ini terbuat dari aluminium foil ataupun glass wool dan biasanya dipasang di atap kap mesin mobil dengan menyerupai bentuk kap tersebut. Ketika Anda membeli mobil baru, tidak semua mendapatkan peredam panas ini. Biasanya ada penambahan aksesoris yang harus Anda lakukan. Untuk lebih jelas lagi fungsi peredam panas kap mesin, berikut ini ulasannya.

Sebagai Media untuk Menjaga Suhu Mesin

Panas pada mesin alangkah baiknya harus diredamkan karena panas pada mesin itu sangat diperlukan ketika kondisi mesin belum mencapai suhu kerja. Fungsi peredam untuk menjaga suhu mesin agar tidak hilang. Selain itu, peredam ini juga mengatur panas yang ditimbul di ruang mesin jika tidak tersalurkan keluar melalui kap mesin mobil, sehingga suhu mesin tetap terjaga dan bahan bakar lebih irit.

Meredam Bunyi Mesin di Ruang Mesin

Selain untuk meredamkan bunyi, alat ini juga memberikan suara mesin Anda tetap terdengar cukup halus. Sebab, peredam yang diletakan di kap mesin mobil akan melapisi permukaan mesin sehingga bunyi pada mesin tidak merambat dan beresonansi di kap yang terbuat daru plat besi.

Menjaga Kondisi Kap Mesin Mobil dari Radiasi Panas Mesin

Bekas yang dihasilkan dari panas mesin menjadi masalah untuk sebagian orang. Sebab, cat mesin akan menjadi belang dan tentu tidak indah dilihat. Belang pada cat mesin biasanya ditimbulkan dari radiasi panas mesin yang tidak menentu. Faktor lain yang membuat cat mesin belang juga ditimbulkan dari uap aki. Oleh karena itu, banyak juga yang memberikan peredam di atas aki.

Penyabab Mesin Mobil Panas

Panasnya mesin mobil memang disebabkan beberapa faktor, berikut ini ulasan selengkapnya.

Radiator dan Selang

Kondisi radiator yang bocor tentu bisa menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Oleh karena itu, jika Anda sudah mulai merasakan keanehan yang membuat mesin mobil panas, Anda bisa melihat kondisi radiator dan selangnya apakah dalam keadaan yang baik atau sudah rusak.

Kualitas Oli yang digunakan

Kualitas oli yang digunakan juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas. Pastinya kualitas oli yang rendad akan mudah sekali menyebabkan mesin mobil overheating dan bisa berpengaruh mobil menjadi manti mendadak. Namun, hal ini berbeda jika kualitas oli Anda yang baik dan bagus, pasti kondisi tersebut tidak akan terjadi.

Kipas Trouble

Faktor lainnya yang menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas karena kondisi kipas radiator yang tidak berjalan dengan normal. Tentu kinerja kipas yang mekasimal akan membuat sensor switching tidak bisa membaca keadaan. Contohnya, seharusnya switching menerima sensor dengan baik untuk menggerakan atau menyalakan kipas pendingin, tetapi karena sensornya rusak tentu saja kipas tidak bisa berputar dan membuat mesin mobil menjadi cepat  panas.

Sebelum pilih asuransi mobil terbaik ke tempat wisata di Singapura, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.