4 Cara Aman Membeli Mobil Pertama Anda

Mobil

Membeli mobil pertama merupakan hal yang susah-susah gampang. Jika Anda teliti, maka mobil pertama Anda akan membuat hidup jadi lebih mudah. Namun, jika sebaliknya, siap-siap untuk rogoh kocek lebih dalam karena masalah pada mobil yang tak Anda ketahui sebelumnya.

Semakin hari, mobilitas setiap orang semakin tinggi. Banyak orang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk berbagai alasan, salah satunya pekerjaan. Memang, moda transportasi umum saat ini semakin banyak, mulai dari bis, kereta, hingga transportasi online. Namun, di Indonesia, transportasi umum bukanlah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang. Harus diakui, cukup besar biaya yang dikeluarkan jika menggunakan transportasi umum untuk pergi dari suatu tempat ke tempat lain. Tak heran jika membeli mobil menjadi opsi teratas bagi hampir setiap orang. Rasanya, banyak keuntungan jika kita memiliki sebuah mobil. Tak hanya untuk kebutuhan pekerjaan, memiliki mobil pribadi akan lebih memudahkan kita untuk pergi ke berbagai tempat bersama keluarga. Khususnya bagi keluarga baru, membeli mobil pertama merupakan sebuah pencapaian. Sebab, harga mobil yang cukup tinggi, baik yang baru ataupun bekas, membuat tak semua orang dapat membelinya. Namun, membeli mobil pertama tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih dan membeli salah satu dari sekian banyak jenis mobil yang ditawarkan dan dijual di pasaran. Perlu pengetahuan yang mendalam dan ketelitian untuk membeli sebuah mobil. Sebab, jika tidak, bukannya mendapat mobil yang sesuai kebutuhan, Anda justru menyesal dengan mobil yang telah Anda beli.

Nah, jika Anda sedang dalam proses membeli mobil pertama, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memutuskan. Berikut terdapat tip dalam membeli mobil pertama agar Anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Simak ya!

Baca juga: Kapan Mobil Harus Spooring dan Balancing? 

Jangan Tergiur Harga Beli Murah Mobil Pertama

Hal pertama yang harus Anda pegang teguh saat ingin membeli mobil pertama adalah tidak tergiur dengan harga murah. Harga yang murah seringkali menjebak. Sebab, biasanya mobil yang dijual murah bisa jadi dapat merugikan Anda. Bisa saja mobil tersebut merupakan mobil reject atau pernah mengalami masalah pada mesinnya jika mobil tersebut adalah mobil bekas. Jika Anda membeli mobil dengan harga murah tanpa pengecekan rinci terlebih dulu, mungkin saja akan ada banyak masalah yang Anda dapatkan di kemudian hari. Misalnya, mobil tersebut sering bolak-balik masuk bengkel karena mesinnya yang bermasalah. Jadi, jangan pernah membeli mobil hanya karena harganya yang murah.

Baca juga: Ini Strategi Mengikuti Lelang Mobil Agar Tidak Tertipu

Kenali Jenis Pembayaran Saat Beli Mobil Pertama

Selain teliti terhadap mobil yang akan dibeli, faktor yang harus Anda perhatikan dalam membeli mobil pertama Anda adalah jenis pembayarannya. Tak sedikit orang yang terjebak dengan sistem pembayaran yang ditawarkan oleh diler mobil. Biasanya diler tersebut akan menawarkan Anda untuk membeli dengan sistem kredit. Sebenarnya, tak masalah jika Anda membeli mobil yang Anda butuhkan dengan sistem kredit. Tapi, cari tahu secara mendalam tentang sistem kredit yang digunakan oleh diler tersebut, berapa bunganya, apakah dapat dilunasi lebih cepat dari tenggat waktu yang ditentukan, dan sebagainya. Jangan sampai Anda terjebak dalam utang hanya karena tak teliti dengan jenis pembayaran yang ditawarkan diler saat membeli mobil tersebut.

Lakukan Test Drive Saat Beli Mobil Pertama

Saat Anda ingin membeli mobil pertama, tentu Anda menginginkan mobil yang baik, baik dari segi penampilan dan juga mesin. Maka dari itu, Anda perlu lakukan test drive terlebih dulu pada mobil yang akan Anda beli. Namun, hal ini tidak hanya dapat Anda terapkan pada mobil bekas. Sejatinya, mobil baru pun perlu Anda coba. Sebab, mungkin saja mobil yang Anda ingin beli memiliki masalah yang tak terdeteksi saat dikirim dari pabrik menuju diler. Tak ada salahnya untuk mencoba terlebih dulu meski mobil yang Anda ingin beli merupakan mobil baru. Tentu, diler yang baik seharusnya akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mencobanya.

Asuransikan Mobil Pertama Anda

Jika sudah memutuskan untuk membeli mobil yang Anda inginkan dan melakukan pembayaran, mobil sudah bisa Anda bawa pulang. Namun ingat, banyak sekali hal tak terduga yang dapat terjadi pada mobil Anda. Langkah yang tepat untuk melindungi mobil Anda dari berbagai hal yang tak diinginkan adalah dengan membeli asuransi untuk mobil tersebut. Ada banyak sekali jenis asuransi mobil saat ini. Tapi, belilah sesuai kebutuhan Anda agar tidak menjadi beban tambahan setelah membeli mobil. Nah, untuk menemukan asuransi mobil yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda, kunjungi saja website Futuready untuk mendapatkan asuransi mobil pilihan. Tak hanya menjabarkannya, kami juga memberikan solusi untuk memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp
Dengan menerapkan poin-poin di atas, mobil pertama yang Anda beli akan menjadi mobil yang berguna tak hanya untuk sekarang, namun juga di tahun-tahun mendatang. Sudah tahu mobil apa yang akan jadi mobil pertama Anda?

Comments are closed.